Belanda secara resmi mengakui sepenuhnya tanpa syarat bahwa kemerdekaan Indonesia jatuh pada 17 Agustus 1945. Ilustrasi kemerdekaan sumber (Hypeabis.id/Kadek Gopala Sai Wiswadara Arista)

Belanda Baru Akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, 10 Negara Ini Sudah Melakukannya Lebih Dahulu

19 June 2023   |   17:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah Belanda akhirnya secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia setelah tujuh dekade lebih proklamasi digaungkan. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengumumkan hal tersebut dalam sesi perdebatan terkait kajian dekolonisasi di Parlemen Belanda pada pekan lalu.

Belanda selama ini menganggap kemerdekaan Indonesia jatuh pada 27 Desember 1949, yakni saat mereka menyerahkan kedaulatan Indonesia sebagai hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB). Dengan adanya pengakuan tersebut diharap dapat semakin meningkatkan kesetaraan hubungan antara Indonesia dan Belanda.

Baca juga: 77 Tahun Berlalu, Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia Jatuh Pada 17 Agustus 1945

Pengakuan dari negara lain memang menentukan keabsahan berdirinya sebuah negara. Adapun hal  itu didasarkan pada Hukum Internasional dalam Pasal 1 Konvensi Montevideo Convention on Rights and Duties of States tahun 1933, di mana salah satunya yang menyebut harus adanya pengakuan dari negara lain.

Namun sebelum Belanda mengakui hal tersebut, sejumlah negara di dunia sebenarnya telah mengakui kemerdekaan Indonesia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar negara-negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.


1. Mesir

Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto pada 22 Maret 1946. Setahun kemudian Perdana Menteri Mesir, Nokrashi Pasha juga menandatangani pengakuan secara de jure pada 10 Juni 1947 saat bertemu AR Baswedan dan Agus Salim.

Sejak pengakuan tersebut kedua negara ini pun terus menjalin hubungan diplomatik dan bilateral hingga saat ini. Adapun, kisah mengenai kesepakatan tersebut juga tertuang dalam buku berjudul Indonesia, Islam, and Democracy karya Azyumardi Azra.


2. Arab Saudi

Terikat dalam satu mayoritas agama yang sama, Arab Saudi juga  menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, yaitu  pada 18 November 1946. Hubungan diplomatik itu pun terus berlanjut hingga sekarang. Salah satunya lewat peluang kesempatan kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hingga kemudahan aturan haji dan umroh. 
 

3. Palestina

Palestina juga termasuk negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan RI, bahkan sudah mengucapkan selamat pada Indonesia pada September 1944 saat para pendiri negara masih memperjuangkan kemerdekaan. Mufti Agung Yerusalem, Syekh Muhammad Amin Al Husaini saat itu pun mengungkapkan rasa bahagianya terhadap kemerdekaan Indonesia melalui radio Berlin, Jerman.


4. Lebanon

Lebanon juga menjadi salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia secara de jure pada 29 Juli 1947. Pengakuan ini tak pelak membuat hubungan bilateral Indonesia dengan negeri Paris dari Timur itu berlangsung hingga sekarang. Salah satunya dengan pendirian kedutaan besar RI di Beirut ada 1996, dan berlanjut dengan pembangunan Indonesian Corner di Lebanese University pada 2021.


5. Irak

Setelah Perang Dunia II berakhir negara Irak mengakui Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat pada 16 Juli 1947. Kedua negara kemudian menjalin hubungan diplomatik sejak 1950. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 15 perjanjian yang berhasil diresmikan antara Irak dan Indonesia.


6. Afghanistan

Negara yang memiliki julukan Kuburan Para Penguasa ini juga termasuk negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, yakni pada 23 September 1947. Sewindu kemudian, tepatnya pada 24 April 1955, Afghanistan dan Indonesia kemudian menandatangani perjanjian Treaty of Friendship antardua negara yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.


7. Turki 

Bumi Perisai Terakhir Kaum Muslim atau Turki pun menjadi salah satu dari negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Hubungan diplomatik itu berlanjut dengan pendirian kedutaan besarnya di Jakarta pada 10 April 1957. Kendati mendapat respons negatif dari Belanda, Turki tetap bergeming dan melanjutkan hubungan bilateral dengan RI.


8.  Vatikan

Tidak hanya negara-negara di Timur Tengah yang mengakui kemerdekaan RI. Negara di Eropa, khususnya Vatikan pun mendukung penuh kedaulatan Indonesia. Pernyataan itu disampaikan pada 6 Juli 1947. Adapun pengakuan tersebut juga ditandai dengan dibentuknya Apostolic Delegate atau Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, salah satunya untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama.


9. Suriah 

Suriah termasuk salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure, yakni pada 2 Juli 1947. Tak hanya itu, negara anggota Liga Arab ini pun turut memperjuangkan persoalan agresi militer Belanda ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dari sinilah hubungan antara Suriah dengan Indonesia semakin akrab hingga sekarang.


10. India 

Negeri Bollywood India juga menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan atas kemerdekaan itu disampaikan secara resmi pada 2 September 1946, oleh Perdana Menteri India saat itu, yakni Jawaharlal Nehru. Bahkan, Nehru juga sempat menulis karangan berjudul Republik Indonesia Harus Diakui di New York Times. 
 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mental Juara, ONIC Garap Pembinaan Atlet di Luar Esports

BERIKUTNYA

Monetisasi Media Sosial Masih Menjanjikan dan Diminati Generasi Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: