Apple Kuasai Pasar Perangkat TWS 2021
14 March 2022 |
18:56 WIB
Perangkat audio true wireless stereo (TWS) merupakan salah satu gawai populer belakangan dan telah menjadi pilihan utama di samping perangkat pendengaran tradisional yang masih menggunakan kabel. Pangsa pasarnya pun terus meningkat.
Laporan terbaru dari Counterpoint TWS Hearables Market Tracker menyatakan bahwa pasar perangkat TWS global tumbuh hingga 24 persen dalam hal penjualan unit dan 25 persen dalam hal nilai penjualan pada tahun lalu.
Counterpoint menyatakan bahwa penjualan total unit produk tersebut meningkat menjadi sekitar 300 juta secara global, didorong oleh ragam produk anyar yang dihasilkan vendor. Selain itu, fitur premium seperti active noise cancellation juga telah hadir pada produk yang lebih terjangkau.
Berdasarkan data tersebut, pemimpin pasar TWS global adalah raksasa teknologi Apple yang menguasai sekitar 25,6 persen pasar global. Penjualannya meningkat sekitar 5 persen didorong oleh perilisan AirPods 3 dan kinerja kuat dari pendahulunya AirPods Pro dan AirPods 2.
Sementara itu, perusahaan Korea Selatan. Samsung, mencatatkan pertumbuhan terkuat dengan naik 33 persen dibandingkan dengan 2022. Ini didorong oleh model terbaru yang dirilisnya yakni Galaxy Buds Pro dan Galaxy Buds 2. Kendati demikian, Samsung berada pada posisi ketiga.
5 vendor dan pangsa pasar TWS global 2021 yang dikuasai antara lain:
Laporan terbaru dari Counterpoint TWS Hearables Market Tracker menyatakan bahwa pasar perangkat TWS global tumbuh hingga 24 persen dalam hal penjualan unit dan 25 persen dalam hal nilai penjualan pada tahun lalu.
Counterpoint menyatakan bahwa penjualan total unit produk tersebut meningkat menjadi sekitar 300 juta secara global, didorong oleh ragam produk anyar yang dihasilkan vendor. Selain itu, fitur premium seperti active noise cancellation juga telah hadir pada produk yang lebih terjangkau.
Berdasarkan data tersebut, pemimpin pasar TWS global adalah raksasa teknologi Apple yang menguasai sekitar 25,6 persen pasar global. Penjualannya meningkat sekitar 5 persen didorong oleh perilisan AirPods 3 dan kinerja kuat dari pendahulunya AirPods Pro dan AirPods 2.
Sementara itu, perusahaan Korea Selatan. Samsung, mencatatkan pertumbuhan terkuat dengan naik 33 persen dibandingkan dengan 2022. Ini didorong oleh model terbaru yang dirilisnya yakni Galaxy Buds Pro dan Galaxy Buds 2. Kendati demikian, Samsung berada pada posisi ketiga.
5 vendor dan pangsa pasar TWS global 2021 yang dikuasai antara lain:
- Apple : 25,6 persen
- Xiaomi : 9,0 persen
- Samsung : 7,2 persen
- JBL : 4,2 persen
- Skullcandy : 4,0 persen
Selain itu, laporan Counterpoint juga mencatat terjadi pertumbuhan produk TWS pada segmen entry level dengan harga US$50-US$100 yang cukup signifikan. Pada level harga ini, pemain utamanya adalah vendor ponsel Xiaomi dan produsen perangkat audio JBL.
Menariknya, pasar TWS flagship dengan harga lebih dari US$200 juga tumbuh dari 14 persen pada 2020 menjadi 16 persen pada 2021. Pemain utama pada kategori ini adalah Apple yang menguasai 75 persen produk audio premium, diikuti dengan Samsung.
Kendati begitu, produk true wireless stereo entry level dengan harga kurang dari US$50 masih menjadi pasar terbesar dengan 36 persen. Banyak vendor baik para pembuat ponsel maupun khusus produk audio yang menghadirkan TWS dengan harga murah, termasuk Xiaomi, boAT, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah pasar TWS global 2021 berdasarkan kelas harga dan pangsa pasarnya:
- Kurang dari US$50 : 36 persen
- US$50-US$100 : 17 persen
- US$100-US$150 : 14 persen
- US$150-US$200 : 17 persen
- Lebih dari US$200 : 16 persen
Editor : Nirmala Aninda
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.