TWS menjadi perangkat audio handhpone yang praktis digunakan. (Sumber gambar : JBL)

Biar Lebih Enak di Telinga, Kenali 4 Jenis True Wireless Stereo Ini

27 May 2022   |   20:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

True wireless stereo (TWS) menjadi jenis aksesoris yang digemari para pecinta gawai dalam beberapa waktu terakhir. Tidak perlu repot kabel terbelit, perangkat audio nirkabel yang berfungsi sebagai speaker dan microphone ini sangat praktis digunakan. 

Namun kerap kali, pemilihan yang tidak tepat membuat TWS tidak pas dengan ukuran telinga dan kurang nyaman digunakan. Biar lebih nyaman, kenali jenis TWS yang pas dengan bentuk telinga kamu berikut ini yuk. 
 

1. Dot -Closed

TWS  dengan cangkang bentuk dot dan ear tip berbahan silikon ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus pendek dan concha yang dalam. Tragus adalah bagian menonjol dari telinga bagian depan yang dekat dengan pipi, sementara concha adalah bagian dalam telinga. 

Baca juga: Pengalaman Menjajal Produk Audio Sony Terbaru, WH-1000XM5 & LinkBuds S 

Ketika digunakan, silikon ear tip-nya akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. 

Oleh karena tingkat bass dan peredamannya yang kuat, model ini cocok untuk kamu yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara yang tajam. TWS ini juga cocok untuk dibawa saat bepergian atau saat olahraga ringan. 

2. Stick -Closed

Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus bentuk V solid dan concha dangkal. Mirip dengan Dot, model ini juga memiliki ear tip berbahan silikon, namun memiliki cangkang dengan tambahan gagang pendek untuk mencegah TWS mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. 

Ketika dipakai, silikon ear tip akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Rangkaian ini cocok untuk aktivitas gaming, mendengarkan audiobook, hingga penggunaan sehari-hari. 
 

3. Stick-Open

Model ini sedikit berbeda dari 2 model sebelumnya, ear tip-nya yang tidak menyegel penuh lubang telinga membuat pemakainya masih dapat mendengar suara sekitar dengan lebih baik. 

Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus berbentuk V solid dan concha dangkal, cangkangnya memiliki gagang yang pendek untuk mencegah earbuds mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. TWS ini cocok untuk menemani virtual meeting dan kegiatan sehari-hari kamu.
 

4. Headphone On-Ear dan Over-Ear

Selain itu ada juga model headphone On-Ear dan Over-Ear. Jenis desain ini sangat cocok untuk pecinta musik yang suka mendengarkan dalam waktu yang lama tanpa kelelahan. Headphone model On-Ear dan Over-Ear tidak memerlukan penyesuaian bentuk telinga sehingga lebih mudah untuk memilih jenis headphone yang nyaman sesuai dengan kebutuhan aktivitas Anda.  

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Penampilan Andmesh Kamaleng Sihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2022

BERIKUTNYA

Diguyur Hujan, Hari Pertama BNI Java Jazz Festival 2022 Terganggu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: