TWS Earbuds Sony WF-1000XM5 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Menjajal TWS Earbuds Sony WF-1000XM5, Paduan Peredam Bising & Kualitas Audio yang Oke

08 August 2023   |   22:40 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan audio ternama Sony kembali merilis True Wireless Stereo (TWS) earbuds seri WF-1000XM5 ke pasar Indonesia. TWS penerus dari WF-1000XM4 ini membawa beberapa pembaharuan menarik, termasuk peningkatan peredam suara dan kualitas audionya.

Mengusung tagline For The Music, TWS ingin menciptakan pengalaman mendengarkan musik yang otentik dan melampaui emosi dari setiap penggemarnya. Kualitas ini diklaim bisa mendukung visi musisi agar mengantarkan pesan-pesan lagunya secara lebih baik. 

Baca juga: Menengok Gedung Baru Sony Music yang Punya Teknologi Dolby Atmos Terkini

TWS ini memiliki prosesor audio real-time dan mikrofon berkinerja tinggi memberi daya pada unit driver Dynamic Driver X yang dirancang khusus untuk reproduksi frekuensi yang luas, bass yang dalam, dan vokal yang jernih.

WF-1000XM5 sekarang memiliki tiga mikrofon pada setiap earbud, termasuk dual microphone mic yang meningkatkan kinerja peredaman frekuensi rendah. Ini adalah langkah terbesar Sony dalam meredam suara untuk menghasilkan suara yang lebih jernih.

Perusahaan asal Jepang itu juga menyematkan Integrated Processor V2 yang baru dikembangkannya ke TWS ini. Hal ini membuka potensi HD Noise Cancelling Processor QN2e tercipta.

Kombinasi unik ini akan menghasilkan kualitas peredam bising yang lebih oke.  Kemampuan untuk mereproduksi frekuensi yang lebih rendah juga telah ditingkatkan pada WF-1000XM5 berkat Dynamic Driver X yang baru.
 

TWS Earbuds Sony WF-1000XM5 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

TWS Earbuds Sony WF-1000XM5 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Dalam sesi touch and try yang diikuti Hypeabis.id di Go Work Fatmawati, TWS teranyar Sony ini memang punya peredam yang cukup baik. Untuk sekadar meredam suara di ruangan terbuka, jalan raya, atau di sebuah kafe, TWS ini masih mampu melakukannya dengan apik.

Saat Hypeabis.id mencobanya, ruangan yang tadinya cukup berisik menjadi lebih hening. Pengguna pun bisa lebih khusyuk dalam mendengarkan lagu atau melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan audio.

Namun, sejauh mana kecanggihan TWS ini? Apakah peredam suara ini mampu bekerja dengan baik jika kebisingannya jauh lebih besar dibanding jalan raya atau ruangan kafe? Ternyata, masih ada batasannya Genhype

“Kalau digunakan di lokasi konser, tentu TWS WF-1000XM4 masih belum sempurna dalam meredam suara yang ada. Noise di konser akan tetap berkurang, tetapi kebocoran sedikit akan tetap ada. TWS ini memang diperuntukan untuk orang yang sering bepergian di tempat biasa,” jelas Abdurahman Tirza selaku Video & Sound Product Marketing Sony Indonesia.

Mari kembali membahas hal menarik lain dari TWS ini. Untuk kegiatan entertainment, seperti mendengarkan musik, TWS ini memiliki vokal yang diklaim lebih halus dan bass lebih dalam.

Hal ini berkat Dynamic Driver X yang telah tertanam di dalamnya dan membuat reproduksi frekuensi audio menjadi lebih luas. WF-1000XM5 memungkinkan pengguna menikmati vokal yang lebih kaya dan detail.

"Dengan menggabungkan HD Noise Cancelling Processor QN2e dan Integrated Processor V2 yang baru dikembangkan oleh Sony, WF-1000XM5 menggabungkan pemrosesan audio dengan presisi 24-bit dan amplifikasi analog berkinerja tinggi. Hasilnya adalah minim distorsi dan kejernihan audio," imbuhnya.
 

TWS Earbuds Sony WF-1000XM5 (Sumber gambar: Sony Indonesia)

TWS Earbuds Sony WF-1000XM5 (Sumber gambar: Sony Indonesia)

TWS ini juga mampu menghasilkan High-Resolution Audio Wireless yang didapatkan dari LDAC, serta DSEE Extreme untuk meningkatkan kualitas musik digital. Selain itu, earbuds ini juga memiliki fitur 360 Reality Audio sehingga suara yang dihasilkan akan terasa lebih imersif.

TWS ini juga cukup bisa diandalkan untuk kegiatan yang lebih serius, seperti bertelepon atau mengikuti meeting online. Sebab, TWS ini memiliki pengurangan noise berbasis AI sehingga hanya suara pengguna yang akan muncul meski di sekelilingnya cukup berisik.

Soal kenyamanan, bentuknya diklaim telah mengikuti telinga manusia. Secara ukuran, TWS teranyar ini juga 25 persen lebih kecil dan 20 persen lebih ringan dari pendahulunya. TWS WF-1000XM5 dibanderol Rp4,39 juta. 

Baca juga: Huawei Kawinkan Smartwatch & TWS dalam Satu Gadget, Yuk Cek Fitur & Harga Watch Buds Anyar Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Angka Kesembuhan Tinggi, Kenali 2 Jenis Aritmia

BERIKUTNYA

Tip Aman Investasi Saham Ala Belvin Tannadi, Berani Coba?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: