Foto bersama pengisi acara dan pekerja pembangunan Candi Bentar di Polandia. (Sumber gambar: Facebook/Embassy of Poland, Jakarta)

Wow, Bakal Ada Taman Mini Indonesia di Polandia. Ini Anjungan Bali yang Sedang Dibangun

08 August 2023   |   19:11 WIB
Image
Puput Ady Sukarno Content Manager Hypeabis.id

Like
Dikarenakan cintanya yang luar biasa terhadap Indonesia, Konsul Kehormatan (Konhor) Republik Indonesia (RI) di Gdansk, Polandia, yaitu Miroslaw Wawrowski, memiliki niat untuk mendirikan Taman Mini Indonesia Indah di negara tersebut.

Taman Mini Indonesia di Polandia ini diharapkan semakin mempromosikan Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur. Pembangunan miniatur Indonesia itu bakal dihadirkan di Dolina Charlotty Resort and Spa, sebuah resort spa gaya Bali yang berdiri di Kota Slupsk, Polandia, yang juga dibangun Miroslaw Wawrowski sejak 12 tahun silam.

Kecintaan pengusaha asal Polandia itu kepada Indonesia memang tidak bisa dianggap main-main. Terbukti selain untuk kunjungan bisnis maupun investasi ke Indonesia, pria tersebut juga gemar plesiran ke sejumlah wilayah di Indonesia, minimal sekali dalam setahun.

Baca juga: Ingin Tahu Polandia? Baca Buku Ini

Ambisi besar Miroslaw untuk menghadirkan Taman Mini Indonesia di Polandia tersebut semakin nyata semenjak dilantik sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) pada 2022. Rencananya itu mulai diwujudkannya secara bertahap dengan mengawali pembangunan anjungan Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Miroslaw merealisasikan ambisisnya itu setelah melakukan kunjungan ke sejumlah pemerintah daerah di Indonesia yang mendapatkan sambutan sangat positif oleh masing-masing kepala daerah yang dikunjungi, termasuk Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain sambutan positif para kepala daerah, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat, hingga berbagai objek wisata yang ada juga turut menginspirasi dalam penyusunan desain dan masterplan pembangunan Taman Mini Indonesia di Polandia tersebut bersama KBRI Warsawa.

Ketiga pulau, yakni Bali ,NTB, dan NTT dipilih karena dianggap sangat kental melambangkan akulturasi budaya dan menunjukkan ke-bhinnekaan tunggal ika-nya Indonesia. Dan tepat 1 tahun sejak kunjungan pada Mei 2022, yakni pada pertengahan Juni 2023, pengerjaan pembangunan Taman Mini Indonesia Indah pun dimulai.

Proyek pertama yang diwujudkan adalah pembangunan Candi Bentar Bali yang akan dijadikan sebagai gerbang utama pada anjungan Bali. Pengerjaan fisiknya mendapatkan dukungan desain dari ISI Denpasar dan 8 pekerja yang didatangkan langsung dari Bali. 

Setelah melalui proses pengerjaan selama 1,5 bulan, Candi Bentar pun berdiri kokoh di negara yang kunjungan wisatawannya ke Indonesia itu sempat mencapai 40.000 kunjungan pada 2019.

Selanjutnya, pada 5 Agustus 2023, dilaksanakan seremoni peresmian Candi Bentar yang menandai dimulainya pembangunan Taman Mini Indonesia Indah di Polandia, yang dihadiri Dubes RI di Warsawa Polandia, HE. Anita Luhulima, Dubes Polandia di Jakarta Beata Stoczyska, Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan Wieslaw Byczkowski Deputy Marshall Provinsi Pomerania.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antara Taman Mini Indonesia Indah dengan Dolina Charlotty yang disaksikan lebih dari 100 tamu undangan dari kalangan pemerintah daerah, parlemen, media hingga perwakilan instansi lainnya.

Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang turut memimpin upacara Mendem Dasar, menyampaikan Taman Mini Indonesia akan menjadi karya monumental dan jembatan budaya yang semakin mengeratkan kekayaan modalitas sosial budaya kedua negara.

Upacara Melaspas juga turut memberikan kesakralan dalam prosesi acara tersebut yang keduanya bertujuan untuk mendoakan dilancarkannya pembangunan serta memberikan manfaat besar bagi berbagai pihak.

HE. Anita Luhulima, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) di Warsawa Polandia menargetkan pembangunan Taman Mini Indonesia yang dimulai dari anjungan Bali tersebut dapat selesai tahun depan, sehingga nantinya diharapkan dapat berkontribusi positif sebagai etalase Indonesia dalam meningkatkan kerja sama ekonomi dan sosial budaya kedua negara.

Konhor RI di Gdansk Polandia, Miroslaw Wawrowski menerangkan bahwa pembangunan selama 1 tahun ke depan pada anjungan Bali akan berfokus pada kompleks perumahan tradisional, tempat ibadah atau Pura, teater, restoran, taman dan kolam khas Bali.

Suasana Indonesia di Polandia semakin lengkap dengan hadirnya kuliner khas Indonesia, seperti nasi goreng, soto ayam, gado-gado, ayam betutu, rendang serta berbagai jenis sambal termasuk sambal matah dan jajanan pasar. Selain itu, penampilan tarian Bali dan dekorasi lukisan batik semakin mewarnai suasana khas Indonesia.

Baca juga: Bisa Sewa, Begini Cara Asyik Sepedaan di TMII saat Libur Sekolah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

NCT 2023 Siap Comeback dengan Formasi Lengkap Akhir Agustus, Ada Lagu Spesial dari NCT U

BERIKUTNYA

Jadwal Tayang, Pengisi Suara & Hal Unik Film Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: