Koleksi berlian dipamerkan di sebuah mal di Jakarta. (JIbi/NH)

Saat Milenial Melirik Berlian untuk Perhiasan dan Investasi

06 June 2022   |   16:07 WIB

Selama ini, berlian kerap diasosiasikan dengan perhiasan bagi perempuan mapan. Hal itu, tidak lepas dari nilai dari berlian itu sendiri yang identik dengan kesan mewah, elegan, dan abadi. Bahkan, batu mulia ini juga menunjukkan status sosial seseorang dalam sebuah komunitas.

Dengan beragam desain yang terus berinovasi dari waktu ke waktu, kilau berlian mampu ‘menyihir’ setiap orang, khususnya perempuan. Apalagi desainnya makin bervariasi yang bisa juga dipadu dengan bebatuan semi-mulia, seperti garnet, safir, atau mutiara.

Penggunaan berlian sebagai perhiasan dan penunjang gaya hidup modern, kini mulai bergeser ke kalangan muda. Apalagi, harga perhiasan berlian juga mulai terjangkau dengan berbagai varian kualitas.

Baca juga: Berlian Biru Ini Terjual dengan Harga Fantastis

Seperti diungkapkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (Apepi) Iskandar Husin, tren anak muda sekarang sebetulnya lebih menyukai perhiasan yang diikat batu-batuan yang shining, terang, putih, dan sudah mengkristal, seperti berlian dan amatis berukuran kecil serta
didesain sedemikian rupa sehingga memiliki keunikan.

Untuk pengikat biasanya digunakan emas kuning dan putih, atau kombinasi keduanya, dengan kadar kurang dari 75%. Pergeseran konsumen ini pula yang kemudian ditangkap oleh beberapa perusahaan perhiasan berlian untuk menciptakan produk yang sesuai dengan karakter anak muda.

Nah model berlian seperti apa yang cocok buat kalian milenial dan generasi Y baik untuk dijadikan koleksi perhiasan maupun untuk investasi. Simak pemaparan berikut ini.

1. Pilih model simpel dan tidak terlalu besar.

Gaya hidup masyarakat modern dan banyaknya edukasi dari berbagai media lifestyle, membuat anak-anak muda sekarang lebih memperhatikan penampilan, yang salah satunya menyukai perhiasan berlian.

Jenis perhiasan yang bisa digunakan oleh kalangan usia muda harus tergolong simple dan tidak terlalu besar, sehingga nyaman dipakai tetapi tetap tampil anggun dan mewah saat digunakan.
 

2. Pertimbangkan desain timeless.

Ada banyak pilihan desain yang ditawarkan merek berlian. Namun secara umum berlian memiliki 3 desain yakni, desain klasik yang terkesan mapan, dan desain timeless yang bisa dipakai sepanjang waktu, hingga yang desain extravaganza yang menonjolkan kesan sangat mewah.

Buat kalian generasi muda, desain timeless mungkin akan lebih sesuai untuk berbagai keperluan sehingga berlian dapat dipakai pada berbagai momen special yang akan dihadiri.
 

3. Pilih yang colorless

Dari dua jenis berlian, yakni colorless (putih atau tanpa warna)  dan fancy color (berlian berwarna, seperti pink, biru), generasi muda cenderung lebih memilih berlian colorless, sedangkan untuk generasi senior, lebih mencari experience baru seperti membeli berlian berwarna dan beragam bentuk.


INVESTASI BERLIAN
Selain menunjang gaya hidup modern, beberapa kalangan juga menjadikan berlian sebagai instrumen investasi. Apalagi, nilai berlian cenderung meningkat. Berikut beberapa pertimbangan saat berinvestasi di berlian.

1. Harga pasti.

Dari sisi likuiditas, biasanya berlian agak lebih sulit dicairkan, tetapi punya harga yang pasti. Asalkan ada surat yang menunjukkan berlian itu asli sesuai dengan spesifikasinya, bisa diperjualbelikan dengan kisaran harga yang sudah ditentukan,” jelas Perencana Keuangan dari One Shildt Financial Planning Budi Raharjo.
 

2. Kenali keaslian berlian.

Sebelum memutuskan untuk investasi berlian, pelajari dulu seluk-beluknya. Seperti yang diungkapkan Andry, analis permata dan batu mulia, berlian itu merupakan batu permata yang paling sempurna, dan memiliki keunggulan tingkat kekerasan paling tinggi dibandingkan dengan batu perhiasan lainnya, yakni 10 MOHS.

Baca juga: Lakukan 5 Tes Ini Untuk Memastikan Berlian Asli atau Palsu

Bobot berlian diukur  dalam carat, yakni 1 carat terdiri dari 100 poin. Cara termudah untuk mengenal keaslian berlian adalah dengan mengalasinya dengan kertas putih. Jika warna kertas terlihat jelas melalui berlian, maka kualitas berlian tersebut baik.  Semakin jernih berlian, semakin tinggi nilainya.

Begitu juga, semakin besar derajat warnanya, semakin rendah harganya, kecuali berlian  tertentu dengan warna langka. Mau tampil mewah dengan perhiasan berlian atau buat investasi, kalian yang menentukan.

3. Pastikan membeli di outlet resmi bersertifikat.

Pastikan kalian membeli berlian di tempat yang dapat dipercaya dan memberikan sertifikat yang menjanjikan keaslian dan kualitas yang baik. Ada empat kunci terpenting dalam memilih berlian karena mempengaruhi harga, yakni carat (bobot), clarity (kejernihan), colour (warna), dan cut (potongan).

Catatan redaksi: materi diolah dari laporan Bisnis Indonesia Minggu edisi 10 Mei 2015.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Memiliki Cita Rasa Gurih, Simak Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

BERIKUTNYA

Tiket Konser Westlife di Jakarta Terjual Habis, Yuk Intip KIsah Sukses Boyband Asal Irlandia Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: