Luffy Gear 5 (Sumber gambar: Twitter/OnePieceanime/Toei Animation)

7 Fakta Gear 5 Luffy di Serial Anime One Piece, Sekuat Apa Keahlian Bertarungnya?

07 August 2023   |   16:10 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Luffy baru-baru ini muncul dengan Gear 5 di serial animasi One Piece episode 1071. Disebut-sebut Gear 5 ini adalah kekuatan Luffy yang paling kuat dan tak tertandingi. Jurus ini juga membuat penampilanya berubah total dengan rambut putih. 

Awalnya Luffy hanyalah manusia karet yang hanya bisa melenturkan badannya. Namun, seiring waktu dia menguasai berbagai teknik bertarung sehingga membuatnya makin kuat. Sejauh ini Luffy telah berkali-kali melakukan transformasi dengan setiap Gear yang dimilikinya.

Baca juga: 6 Perubahan Wujud Luffy sampai Gear 5 di One Piece

Banyak yang penasaran mengenai Gear 5, misalnya sejauh mana skill bertarung yang akan didapatkan dan bagaimana penggunanya mengontrol kekuatan yang begitu besar tersebut. Nah Genhype, yuk simak fakta-fakta Gear 5 Luffy di serial anime One Piece.  


1. Awal bangkitnya Gear 5

Luffy mendapatkan Gear 5 berkat kebangkitan buah Iblis miliknya yang bernama Hito Hito no Mi, Model: Nika. Kekuatan ini muncul ketika Luffy bertarung dengan Kaido di Wano. Saat itu Luffy telah kalah dari Kaido, bahkan sudah mati. Namun, dia bangkit kembali, ini menandakan buah iblisnya sudah mencapai kebangkitan atau awakening.

Pada episode episode 1071 juga menguak bahwa buah iblis Luffy adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dengan tipe Zoan. Selama ini dia mengiranya sebagai Gomu Gomu no Mi tipe Paramecia. Di dunia One Piece sendiri, buah iblis digolongkan ke dalam tiga jenis, yakni tipe Paramecia, Logia dan Zoan.
 

2. Puncak kekuatan Luffy

Gear 5 disebut-sebut menjadi puncak kekuatan Luffy yang unik sekaligus berbahaya bagi musuhnya. Luffy digambarkan sebagai ‘Prajurit Kebebasan', lantaran dengan jurus ini dia bisa melakukan apapun sesuai imajinasinya. Gear 5 Luffy mampu mengalahkan King of Beast, Kaido dalam pertarungan yang sengit.


3. Wujud baru serba putih

Selain kekuatannya yang bertambah, penampilan Luffy juga berubah total dengan nuansa serba putih. Rambutnya putih menyala dengan gelombang seperti kobaran api. Perubahan ini juga menyebar ke seluruh tubuhnya, tak terkecuali pakaiannya yang putih dengan ikat warna ungu pada pinggangnya.

Sejauh ini, Gear 5 adalah satu-satunya kekuatan yang membuat Luffy tampil dengan banyak warna.
 

4. Bisa mengubah semuanya jadi karet

Siapapun tak bisa menghentikan Luffy dengan Gear 5. Ketika imajinasinya bergerak liar, dia bisa menciptakan apapun sesuai keinginannya. Dalam pertempuran, Luffy pernah mengubah sekelilingnya jadi karet yang elastis.

Dia menggunakan keterampilan ini untuk menahan serangan terkuat Kaido atau menyerap serangan itu agar tidak terlalu melukainya. Tak menutup kemungkinan Gear 5 bisa bertambah kuat seiring dengan imajinasi dan pemikiran kreatif Luffy.


5. Luffy lebih banyak tertawa

Gear 5 ini juga membuat Luffy sering sekali tertawa saat bertarung. Perubahan Gear 5 Luffy ditandai dengan tawa ikoniknya, makin sering dia tertawa makin baik pula pertarungannya. Selama melawan Kaido, dia terus tertawa meski bertarung sangat sengit. Ini menunjukkan betapa penting elemen tetawa tersebut ini pada kekuatan barunya.


6. Mampu menciptakan kehancuran

Seperti yang disebutkan barusan, Gear 5 Luffy puncak kemampuan terkuatnya sampai bisa menciptakan kehancurkan. Pada serangan akhir Luffy, Bajrang Gun, kepalan tangannya jadi sangat besar sampai seukuran pulau. Yang membuatnya jadi lebih kuat, kepalan tangan itu juga dipadukan dengan Haki Busoshoku dan Haoshoku.

Serangan ini bisa menghancurkan sebuah pulau dan sekelilingnya dengan sekejap mata. Pukulannya pun bisa menyebabkan tsunami dan kerusakan level tinggi. Saat digunakan untuk melawan Kaido, tinjunya bisa menghancurkan teknik Kaen Daiko dan membuatnya kalah dalam pertarungan.


7. Inspirasi dibuatnya Gear 5

Eiichiro Oda sebagai pencipta One Pice mengatakan dalam sebuah wawancara di majalah mingguan Shonen jump #34 pada 2022, bahwa Gear 5 Luffy terinspirasi dari gaya animasi rubber hose yang biasa dipakai oleh kartun-kartun jadul. Inilah kenapa penampilan Luffy digambar dengan teknik yang beda dari Gear yang sebelumnya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Tayangan Netflix Agustus 2023, Jangan Lewatkan One Piece!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Review Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon, Bobot Ringan Performa Menawan

BERIKUTNYA

Tren Live Selling Makin Populer, Perlu Ada Regulasi Khusus?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: