Istana Berkebaya (Sumber gambar: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Lenggak-lenggok Model Istana Berkebaya Sambut HUT Ke-78 Republik Indonesia

06 August 2023   |   22:21 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Lenggak-lenggok puluhan model yang mengenakan kebaya memeriahkan Istana Negara, Jakarta, Minggu (6/8/2023) sore. Pagelaran busana bertajuk Istana Berkebaya itu merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara yang juga disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden itu terlihat berjalan begitu semarak. Puluhan model menampilkan kemolekan kebaya yang merupakan busana nasional Indonesia tersebut dengan apik.

Baca juga: Resmi Tunangan dengan Rizky Febian, Tengok Manisnya Mahalini Pakai Kebaya Hijau Berpayet

Tampak para peserta mengenakan kebaya dengan aneka warna dan model. Namun, tak semua dari mereka berprofesi model profesional. Sejumlah menteri, istri pejabat negara, dan perwakilan kedutaan besar negara tetangga ikut terlibat. Mereka silih berganti berjalan di catwalk Istana Berkebaya.

Beberapa menteri perempuan yang ikut memeriahkan gelaran ini ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela TanoeSoedibjo, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Terlihat, Menteri Retno memimpin peragaan busana tersebut. Kemudian, Sri Mulyani, hingga Angela menyusul di belakangnya. Pagelaran ini juga diikuti oleh beberapa jurnalis senior hingga selebritis Tanah Air.
 

a

Istana Berkebaya (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Negara)

Bak model profesional, mereka satu per satu muncul dan tampil di catwalk sepanjang 200 meter di depan Istana Negara tersebut. Laman Sekretariat Kabinet menyebut ada 401 peserta yang ikut dalam acara ini.

Presiden Joko Widodo yang ikut hadir dalam acara ini mengatakan bahwa kebaya memiliki hubungan yang erat dengan karakter perempuan Indonesia. Busana tersebut memiliki nilai dan arti yang penting dalam menggambarkan sifat-sifat baik perempuan.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun yang lemah lembut yang sopan dan bersahaja,” kata Jokowi saat membuka acara, Minggu (06/8).

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi yang turut mendampingi juga memberikan beberapa kata pembuka. Mayoritas ucapannya ini dibalut dengan pantun yang apik. Dia bahkan terlihat meminta izin Jokowi terlebih dahulu sebelum berpantun.

“Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona, citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggunnya dengan kebaya,” kata iriana.

Iriana terlihat begitu semangat menyambut acara ini. Dia memakai kebaya encim dengan nuansa warna merah yang cukup dominan. Ada sedikit motif bunga yang terlihat, lengkap dengan selendang di kepala yang jadi aksen menarik. Sebagai informasi, Istana Berkebaya ini memang menitikberatkan pada penggunaan kebaya encim.

Dalam satu hari ini, Istana Negara bersolek menjadi tempat peragaan busana yang begitu luwes dan meriah. Antusiasme para peserta terlihat tinggi dilihat dari ramainya warna-warni kebaya yang terlihat.

Agustus memang akan jadi bulan yang sibuk bagi masyarakat Indonesia. Seluruh warga negara akan bersuka cita memeriahkan HUT Ke-78 RI dalam berbagai kegiatan. Istana Negara sebagai tempat sentral pun menggelar banyak acara penting dan seru.

Sebelum ini, Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia atau Guinnes World of Records (GWR) Angkung 2023. Acara ini melibatkan lebih dari 15 ribu pemain angklung yang dipandu oleh Saung Angklung Udjo. Mereka memainkan lagu nasional Berkibalkah Benderaku dan lagu internasional Wind of Change.

Berbagai acara seru lain pun siap digelar hingga puncaknya adalah upacara kemerdakaan 17 Agustus 2023 di Istana Negara.

Baca juga: Kompak, 5 Negara Asean Usulkan Kebaya Jadi Warisan Budaya ke UNESCO


Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Hobi Menanam Masih Diminati, Walau Pandemi Covid-19 Telah Berakhir

BERIKUTNYA

Nikmatnya Sop Buntut Bogor Cafe by Hotel Borobudur yang Legendaris Sejak 1973

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: