Ilustrasi perangkat IoT rumah untuk milenial (Sumber gambar: Freepik)

Bayangkan, 7 Perangkat IoT Ini Ada di Rumah Kalian, Hidup Bakal Tenang

06 August 2023   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Istilah rumah pintar atau smart home kian didengung-dengungkan. Baik itu oleh produsen elektronik maupun pengembang perumahan. Konsep ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan Internet of Things atau IoT. Dalam beberapa tahun terakhir, adopsi teknologi ini juga sedang jadi tren di dunia properti.

IoT adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan sistem, di mana objek fisik yang terhubung ke internet dapat mengumpulkan dan berbagi data. Berbagai objek yang disebut "things", dapat berupa perangkat rumah pintar, kendaraan, dan mesin industri.

Baca juga: Bukan Sekadar Lifestyle, Ini Manfaat Menggunakan Internet of Things

Banyak milenial yang menggunakan IoT di rumahnya untuk menambah kenyamanan dan kepraktisan dalam mengoperasikan rumah. Dengan teknologi tersebut, seseorang bisa melakukan berbagai hal secara lebih mudah.

Keadaan rumah pun jadi lebih terjamin. Sebab, meski pengguna sedang berada jauh dari rumah, mereka tetap bisa memantau atau bahkan jika lupa mengunci rumah, mereka bisa melakukannya dari jarak jauh sekalipun.

Saat ini sudah ada banyak jenis perangkat rumah tangga berbasis IoT. Berikut adalah beberapa smart home IoT yang sering digunakan dan cocok bagi milenial yang ingin membuat rumahnya terasa lebih canggih.


1. Asisten Virtual Cerdas

 

Ilustrasi perangkat IoT rumah untuk milenial (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi perangkat IoT rumah untuk milenial (Sumber gambar: Freepik)

Asisten virtual cerdas atau smart voice assistant adalah perangkat kecil multifungsi. Perangkat ini akan membuat pengguna rumah serasa memiliki asisten pribadi. Cukup dengan perintah suara, alat ini mampu melakukan berbagai hal dalam satu waktu.

Misalnya, jika merasa AC rumah terlalu dingin, kalian hanya perlu meminta asisten virtual ini untuk menaikkan temperatur udara melalui perintah suara. Secara otomatis, suhu AC akan menyesuaikan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Namun, asisten virtual ini baru akan berjalan optimal ketika semua perangkat rumah tangga telah berteknologi IoT dan saling terhubung.


2. Kunci Rumah Pintar

Kunci rumah pintar atau smart door lock menawarkan teknologi pengamanan yang berlapis dan lebih aman. Sebab, untuk membuka pintu rumah, pengguna hanya perlu menekan kode, menggunakan sidik jari, atau bahkan sensor wajah.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot membawa kunci ke mana-mana lagi. Beberapa kunci rumah pintar versi terbaru juga sudah mampu mendeteksi gerakan mencurigakan berupa percobaan memasukkan kode berkali-kali. Pemilik rumah akan langsung diberi notifikasi mengenai aktivitas mencurigakan tersebut.


3. CCTV Pintar

CCTV pintar merupakan kamera pengawas modern yang sudah berbasis IoT. Berbeda dari CCTV biasa, perangkat ini mampu melihat suasana rumah secara real time dari aplikasi di smartphone. Beberapa CCTV juga sudah memiliki sensor tertentu, sehingga bisa mendeteksi pergerakan yang terekam di depan kamera. CCTV Pintar juga memiliki teknologi two ways audio, di mana pengguna tidak hanya bisa memantau rumah, tetapi juga berinteraksi dengan seisi rumah saat berada di jarak yang jauh.


4. Lampu Pintar

Teknologi lampu pintar sangat penting dimiliki, terutama bagi kalian yang sering lupa mematikan lampu saat bepergian. Dengan bantuan IoT, lampu jadi bisa dikendalikan dengan mudah lewat jarak jauh sekalipun.

Artinya, pemilik rumah bisa menghidupkan dan mematikan lampu meski tidak sedang berada di rumah. Hal ini tentu akan membuat biaya listrik jadi lebih terkendali. Selain itu, pemilik rumah juga bisa mengatur warna lampu dan tingkat kecerahannya sesuai keinginan.


5. Robot Pembersih Lantai

 

Ilustrasi perangkat IoT rumah untuk milenial (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi perangkat IoT rumah untuk milenial (Sumber gambar: Freepik)

Teknologi IoT juga sudah lama merambah alat pel. Dengan teknologi ini, pemilik rumah tidak perlu repot-repot membersihkan seisi rumahnya dengan cara manual. Cukup menekan tombol on di robot pembersih lantai, perangkat ini akan membersihkan seisi rumah dengan cepat.

Fungsi robot pembersih lantai juga makin beragam. Tidak hanya mengepel saja, tetapi juga ada mode penyedot debu juga. Sensor perangkat ini juga makin canggih sehingga terhindar dari kemungkinan menabrak perabotan lain.


6. Sensor Asap

Sensor asap berbasis IoT juga makin sering digunakan. Tidak hanya untuk gedung-gedung bertingkat, tetapi juga rumah pribadi. Teknologi ini akan mendeteksi asap mencurigakan dan akan mengeluarkan alarm jika ada potensi kebakaran.

Selain itu, perangkat ini juga akan menginformasikan berbagai potensi bahaya tersebut di smartphone pemiliknya. Dengan demikian, berbagai tindikan mitigasi bisa segera dilakukan dengan harapan kerugian atau korban jiwa bisa ditekan seminimal mungkin.


7. Televisi Pintar

Televisi pintar atau smart tv merupakan perangkat televisi modern yang sudah memiliki konektivitas internet. televisi ini berjalan di sebuah sistem operasi dan dilengkapi layanan aplikasi layaknya sebuah smartphone.

Kelebihan televisi ini adalah pengguna bisa melihat konten menarik lain di luar saluran TV pada umumnya. Perangkat ini juga bisa menampilkan layanan streaming lain dan berbagai fitur serta kelebihan menarik lain. Pengalaman menonton pun jadi lebih berkesan, bahkan bisa merekomendasikan tayangan lain sesuai dengan preferensi tontonan sebelumnya.

Baca juga: Ini Beda Android TV & Smart TV

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

The Wheel of Time Season 2 Siap Tayang, Kisah Aksi Penyelamatan Dunia dari Kegelapan

BERIKUTNYA

Inspirasi Desain Kitchen Set Mewah Elegan, Gampang Ditiru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: