Contoh desain gapura 17 Agustus (Sumber gambar: Kanwil Kemenkumham Riau)

5 Ide Desain Gapura 17 Agustus yang Unik & Menarik

02 August 2023   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Agustus menjadi bulan yang identik dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan mulai dari memasang bendera merah putih di rumah, menyiapkan acara Agustusan, hingga membuat gapura 17 Agustus.

Gapura menjadi salah satu ornamen yang identik dengan perayaan kemerdekaan RI. Biasanya, gapura-gapura yang ada di akses masuk gang atau jalan sebuah perumahan akan dihias sedemikian rupa dengan tema hari ulang tahun (HUT) RI yang identik dengan warna merah putih. Selain itu, biasanya ada juga ornamen-ornamen lain yang membuat gapura semakin terlihat semarak.

Baca juga: 7 Hadiah Anti Mainstream untuk Lomba 17 Agustus

Buat kalian yang sedang mencari ide desain gapura 17 Agustus, berikut adalah beberapa bentuk yang bisa dicoba.
 

1. Gapura desain melengkung

 


Desain gapura dengan bentuk melengkung pada bagian atasnya ini mungkin sering kalian jumpai. Untuk menyambut hari kemerdekaan, kalian bisa menghiasnya dengan warna merah dan putih di segala sisinya. Pada bagian atasnya, kalian bisa menambahkan elemen bendera merah putih sehingga gapura semakin tampak megah.


2. Gapura bentuk gunungan

 


Meski tidak terlalu besar, gapura ini memiliki bentuk yang terbilang unik karena mengusung desain Gunungan yang biasanya ada di pertunjukan wayang. Menariknya lagi, pada bagian atas, gapura ini menampilkan gambar Bung Karno sebagai sosok pendiri bangsa Indonesia yang dilengkapi dengan gambar bendera dan tulisan Dirgahayu Indonesia. Gapura ini semakin tampak semarak dengan kehadiran lampu berwarna-warni di hampir seluruh sisinya.


3. Gapura dengan desain ukiran

 


Gapura satu ini juga memiliki desain yang tidak biasa. Pasalnya, di sisi kanan dan kirinya, gapura ini diisi dengan bentuk ukiran yang khas dari Bali dengan warna merah dan putih. Pada bagian atasnya, gapura ini berbentuk melengkung dan ditambahkan lambang Pancasila. Namun, desain gapura seperti ini lebih cocok bagi kalian yang ingin membuatnya di depan rumah.
 

4. Gapura bentuk gerbang candi

 


Gapura tak melulu harus memiliki atap atau bagian atas, tapi bisa juga dengan desain layaknya gerbang candi seperti ini. Pada desain yang juga disebut dengan candi betar ini, kalian bisa mengecatnya dengan warna merah putih. Pada bagian dalam sisi kanan dan kiri, kalian juga bisa menambahkan ornamen logo setiap sila dari pancasila, serta beberapa bendera kecil.


5. Gapura desain setengah lingkaran

 

Sumber gambar: Kanwil Kemenhukham Riau

Sumber gambar: Kanwil Kemenhukham Riau

Desain gapura satu ini juga termasuk yang unik. Pasalnya, gapura ini terdiri dari elemen lengkungan pada bagian bawahnya, serta beberapa bangunan setengah lingkaran pada bagian atasnya. Gapura ini memadukan corak seni melayu pucuk rebung yang khas di bumi lancang kuning Riau dan bermakna seperti generasi muda. Ada juga lambang negara Republik Indonesia Burung Garuda Pancasila, logo maskot dan tema HUT RI.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Absen Tahun Ini, Yuk Kenalan dengan Sejarah & Agenda Tahunan di Dieng Culture Festival

BERIKUTNYA

Sinopsis Film The Meg 2, Kisah Pertarungan Menegangkan Manusia & Hiu Megalodon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: