KAWS:HOLIDAY di Indonesia akan menampilkan figur vinil kolosan bernama ACCOMPLICE (Sumber: Instagram/@arr.allrightsreserved)

Fakta Unik KAWS:HOLIDAY, Instalasi Seni Ikonik yang Akan Hadir di Indonesia

04 August 2023   |   16:24 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Kaws:Holiday, karya seni ikonik ciptaan seorang seniman asal Amerika Serikat, Brian Donelly, sebentar lagi akan hadir di Indonesia. Pembukaan pameran seni instalasi Kaws:Holiday yang akan digelar di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 18 Agustus 2023 tersebut juga akan dihadiri langsung oleh sang seniman.

Kaws:Holiday, sejak 2018, telah melakukan tur ke berbagai kota di beberapa negara, meliputi Seoul, Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, hingga Melbourne. Indonesia sendiri merupakan pemberhentian kesepuluh dalam rangkaian tur Kaws:Holiday. 

Berkolaborasi dengan penyelenggara AllRightsReserved, pameran akan menampilkan kembali figur vinil kolosal bernama ACCOMPLICE.

BACA JUGA Wih! Patung Ikonik KAWS Raksasa Bakal Mejeng di Kompleks Candi Prambanan

Sebelumnya, AllRightsReserved juga menjadi partner Kaws dalam menginstalasi figur vinil sepanjang 28 meter yang mengambang di Seol, Korea Selatan. Monumen tersebut dinamai COMPANION dan telah menjadi karya terbesar Kaws sejauh ini serta yang pertama dibuat mengambang di atas air.

Di Indonesia, penempatan instalasi ACCOMPLICE yang berlokasi di komplek Candi Prambanan akan menjadi karya seni pertama Kaws yang tampil di salah satu situs budaya UNESCO. Candi Prambanan sendiri dikenal sebagai situs bersejarah Hindu dengan arsitektus khasnya yang lancip dan tinggi menjulang.

Selain itu, instalasi di Candi Prambanan akan mengalahkan rekor yang telah dibuat, dengan memajang ACCOMPLICE sepanjang 45 meter.  Pameran di Candi Prambanan akan menyuguhkan seni komtemporer yang menyatu dengan situs kuno.

Jika kamu ingin menghadiri pameran Kaws:Holiday di Candi Prambanan, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang karya seni tersebut.

Populer dengan Karya Gabungan Grafiti dan Kartun Ikonik

Melansir dari South China Morning Post, gaya grafiti oleh Kaws awalnya dipopulerkan dengan subvertising, di mana sang seniman akan membajak iklan-iklan yang ditampilkan di halte bus hingga papan reklame dan menggantinya dengan seni karyanya.

Pada suatu iklan fesyen yang menempel di ruang publik misalnya, Kaws akan menggambar ulang iklan tersebut menjadi figur ikoniknya yang selalu memiliki elemen mata berbentuk X. 

Berkolaborasi Merek Fesyen Ternama

Kaws tak selalu ‘membajak’ merek fesyen karena pada akhirnya diajak berkolaborasi. Sejak tahun 2018, Kaws telah bekerja sama dengan beberapa merek fesyen terkenal, seperi Uniqlo dan Dior.

Memproduksi Merchandise

Pada akhir tahun 90-an, Kaws pernah memproduksi mainan vinil versi kecil di Jepang. Saat ini, produk tersebut dianggap sebagai barang koleksi yang langka. Fans Kaws dapat membeli berbagai koleksi karya seninya ketika Kaws melakukan tur keliling dunia. 

Siapkan budget-mu dari sekarang jika ingin mendatangi pameran atau menambah koleksi merchandise Kaws. Penjualan di Indonesia akan dimulai pada 17 Agustus di toko online yang dikelola oleh AllRightsReserved. Selain itu, tunggu detail informasi terkait biaya masuk di Instagram resmi AllRightsReserved.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Panduan Memilih Susu yang Tepat untuk Para Penikmat Kopi

BERIKUTNYA

Ada Perubahan Tata Kelola, 3 Pameran di Galeri Nasional Batal Digelar Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: