Patung companion raksasa (Sumber gambar: AllRightsReserved)

Wih! Patung Ikonik KAWS Raksasa Bakal Mejeng di Kompleks Candi Prambanan

03 August 2023   |   18:58 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian pencinta seni tentu tidak asing dengan seniman Brian Donnelly atau yang lebih dikenal dengan nama KAWS. Seniman asal Amerika itu akan menampilkan karya seni karakter ikonik raksasanya di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta. Karya-karya yang ditampilkan ini merupakan bagian dari tur pamerannya yang bertajuk KAWS:Holiday.

Dimulai sejak 2018, tur pameran KAWS:Holiday diselenggarakan oleh sang seniman yang bekerja sama dengan AllRightsReserved (ARR), sebuah studio kreatif yang berbasis di Hong Kong. Pameran ini pertama kali digelar di Seoul, Korea  Selatan, selama satu bulan dan menampilkan sejumlah karya patung companion ikonik raksasa Kaws sepanjang 28 meter yang mengapung di atas air.'

Setelah di Korea, pameran itu pun berkeliling ke sejumlah kota di beberapa negara seperti Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, dan Melbourne. Dalam setiap gelarannya, pameran itu selalu disambut riuh oleh penikmat seni dan masyarakat umum setempat.

 

v

Pameran KAWS:Holiday di Seoul, Korea Selatan. (Sumber gambar: AllRightsReserved)


Pada turnya yang ke-10 ini, KAWS kembali bekerja sama dengan ARR untuk menampilkan karya patung monumental barunya ke Candi Prambanan, kompleks candi umat Hindu terbesar di Indonesi dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Didukung oleh mitra lokal AKG Entertainment, pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer KAWS yang khas. Adapun, pameran KAWS:Holiday akan digelar di kompleks taman Candi Prambanan pada 19--31 Agustus 2023.

Baca juga: Libur Hari Waisak, Cek Rekomendasi Penginapan dekat Candi Borobudur

Dalam keterangan resmi yang Hypeabis.id terima, pihak ARR menyebutkan bahwa pameran KAWS:Holiday di Indonesia akan berbeda dari gelaran sebelumnya di sejumlah negara. Untuk pertama kalinya sepanjang tur KAWS:Holiday selama enam tahun, sang seniman akan memperkenalkan kembali karya berjudul accomplice yang pertama kali muncul dalam bentuk figur vinil yang dirilis pada 2002.

"Karya seni sepanjang 45 meter ini akan menjadi patung terbesar yang pernah dibuat oleh sang seniman hingga saat ini," kata pihak ARR.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @kaws



Seiring dengan informasi ini, KAWS pun memberikan bocoran karya seninya yang akan dipamerkan mendatang. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, seniman berusia 49 tahun itu membagikan foto-foto karya seni raksasanya yang tampak berada di sebuah kawasan perbukitan.

Foto-foto itu menampilkan karya patung karakter companion raksasa yang didominasi warna pink. Seperti karya-karya ikoniknya selama ini, patung tersebut tampak sedang tergeletak dengan gestur menutup mata. Ya, selama ini KAWS memang dikenal dengan karya-karya karakternya yang digambarkan dalam pose pemalu atau tidak berdaya.

"Saya sangat senang akhirnya bisa membagikan foto-foto ini dari lokasi uji rahasia KAWS:Holiday Indonesia yang nantinya akan ditampilkan di situs warisan dunia UNESCO," tulis KAWS seperti dikutip dari Instagram pribadinya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @kaws


Untuk merayakan pameran ini, KAWS juga merilis koleksi merchandise eksklusif. Koleksi ini menampilkan figur vinil Accomplice berukuran 11,5 inci dalam warna hitam dan pink dalam edisi khusus, yang terdiri dari patung kecil, t-shirt, gantungan kunci, handuk, mug, dan lampion.

Semua koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di DDT Store pada 17 Agustus 2023 mulai pukul 11.00 EDT dan 18 Agustus 2023 pada pukul 10.00 WIB.

Baca juga: 5 Candi yang Instagramable di Sepanjang Rute Mandiri Jogja Marathon 2023
 
Sebagai tambahan informasi, KAWS adalah desainer dan seniman asal Amerika Serikat. Berkarier sejak awal tahun 1990-an, KAWS dikenal dengan karya karakter bernama Companion. Kartun itu berupa sosok seperti badut yang mirip Mickey Mouse dengan wajah tertutup oleh kedua tangan dan tanda X pada kepalanya.

Meski mengawali kariernya dengan membuat patung, KAWS juga produktif membuat lukisan dan telah berpameran di sejumlah negara seperti Swiss, Hong Kong, Taiwan, London, dan China. Pada 2019, lukisannya yang berjudul The KAWS Album (2005) berhasil terjual seharga US$14,7 juta atau sekitar Rp222 miliar di balai lelang Sotheby's Hong Kong.

Karya seninya juga telah menjadi ikon budaya pop yang mendunia. Gambar kartun ikoniknya kerap hadir di berbagai merek fesyen dalam proyek kolaborasi sebut saja Nike, Uniqlo, Vans, Burton, Supreme, dan DC Shoes. Selain itu, dia juga kerap berkolaborasi dengan musisi untuk membuat merchandise seperti Travis Scott, Kanye West, dan John Mayer.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Kenali 3 Faktor Ini Yang Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur Harian

BERIKUTNYA

Menilik Makna di Balik Gaya Busana Ganjar, Anies, & Prabowo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: