Mandiri Jogja Marathon (Sumber gambar: instagram/mandiri_jogmar)

Mandiri Jogja Marathon 2023, Lomba Lari Sambil Nikmati Pemandangan Indah

29 May 2023   |   19:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mandiri Jogja Marathon merupakan lomba lari yang menghadirkan sejumlah pemandangan indah di sepanjang jalurnya. Lomba lari tahunan dari Bank Mandiri ini pertama kali diselenggarakan pada 2017 di Yogyakarta dan terus digelar rutin setiap tahun setelahnya.

Pada tahun ini, Mandiri Jogja Marathon (MJM) akan kembali diadakan pada 18 Juni 2023. Lokasi ajang lari bergengsi ini berada di seputaran Candi Prambanan, Yogyakarta. Sebagai informasi, kompetisi lari ini sudah masuk ke dalam Certified Measured Course by World Athletics.

Baca juga: Makin Digemari, Ini Serba-serbi yang Harus Diketahui tentang Olahraga Lari

Mandiri Jogja Marathon digelar dengan tujuan menjadi sport tourism yang diminati masyarakat, terutama para pelari. Selain itu, ajang ini juga bisa menjadi destinasi berlibur bersama keluarga.

Mandiri Jogja Marathon bukan kompetisi lari biasa. Ajang ini memberikan sentuhan keindahan alam, keramahan masyarakat, dan kuliner Yogyakarta yang menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, bukan hanya sehat yang didapat, ajang ini juga akan menjadi hiburan yang menarik bagi para pelari.

Meski ada nama maraton dalam ajang ini, lomba lari dari Bank Mandiri tersebut sebenarnya bisa diikuti oleh siapa saja. Pelari pemula maupun pelari profesional sama-sama bisa serunya menjajal trek Mandiri Jogja Marathon.

Ada beberapa kategori yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan masing-masing pelari. Bagi yang sudah terbiasa berlari dan ingin mencapai batas maksimalnya, tentu kategori Marathon jadi hal yang menarik.

Pada kategori Marathon, pelari akan berlari sejauh 42.195 km dengan elevation gain 392 m. Adapun cut of time atau batas waktu lari sebelum sampai ke garis finish adalah 7 jam. Pelari yang memilih kategori ini juga akan mendapatkan beberapa benefit, seperti slot, BIB, jersey, medali finisher, finisher tee.

Kemudian, ada kategori Half Marathon yang memiliki tingkat tantangan setingkat lebih rendah dibanding Marathon. Pada kategori ini, peserta akan berlari sejauh 21.098 km dengan elevation gain 127 m.

Cut of time untuk kategori Half Marathon adalah 3 jam 45 menit. Tak jauh berbeda, pelari Half Marathon juga akan mendapatkan beberapa benefit seperti slot, BIB, jersey, medali finisher, dan finisher tee.
 

Mandiri Jogja Marathon juga masih memiliki kategori 10K. Sesuai dengan namanya, peserta yang memilih kategori ini akan berlari sepanjang 10 km dengan elevation gain 49 m. Cut of time kategori 10K adalah 2 jam. Adapun benefit yang diperoleh adalah slot, BIB, jersey, dan medali finisher.

Terakhir, ada kategori 5K Fun Run. Kategori ini memiliki jarak tempuh lari yang tidak terlalu jauh, yakni hanya 5 km dan dengan elevation gain 25 m. Cut of time pada kategori ini adalah 1 jam. Pelari juga masih mendapatkan benefit yang menarik, seperti slot, BIB, jersey, dan medali finisher.

Pelari yang sudah berusia 17 tahun ke atas diperbolehkan untuk mengikuti kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K. Adapun bagi yang berumur 13 tahun ke atas baru bisa mengikuti kategori 5K Fun Run.

Antusiasme pelari pada Mandiri Jogja Marathon selalu tinggi. Pada tahun lalu, ajang ini diikuti oleh sebanyak 6.000 pelari. Adapun pada tahun ini, tiket sudah terjual habis saat periode pendaftaran belum berakhir.

“Thank You, Runners! All Categories Are SOLD OUT. See you in Jogja!” dikutip Hypeabis dari Instagram resmi Mandiri_Jogmar, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Cek 6 Tip untuk Pelari Pemula yang Ingin Ikut Maraton

Bagi pelari yang berhasil mencatatkan waktu terbaik di setiap kategori, mereka berhak mendapatkan sejumlah hadiah. Berikut adalah daftar kategori dan hadiah yang akan diperoleh oleh pelari.

Kategori Marathon

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)

Kategori Half Marathon

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)

Kategori 10K

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)

Hadiah Mandiri Jogja Marathon (Sumber tangkapan layar website Mandiri Marathon)


Informasi Penting

Jadwal Pengambilan Race Pack
Tanggal: 15 Juni-17 Juni 2023
Hari & Waktu: Kamis, 15 Juni 2023, 10.00-20.00 WIB, Jumat, 16 Juni 2023, 10.00-20.00 WIB, Sabtu, 17 Juni 2023, 10.00-21.00 WIB.
Lokasi: Pendopo Agung Royal Ambarukmo Yogyakarta. Jl. Laksda Adisucipto No. 62, Ambarukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jadwal Race: Minggu, 18 Juni 2023

Jadwal Acara
Start:
Marathon: 04.45 WIB
Half Marathon: 05.15 WIB
10K: 06.00 WIB
5K Fun Run: 06.15 WIB

Cut of Time
Marathon: 11.45 WIB
Half Marathon: 09.00 WIB
10K: 08.00 WIB
5K Fun Run: 07.15 WIB

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Tip Rumah Wangi & Segar Sepanjang Hari Tanpa Semprot-semprot Pengharum Ruangan

BERIKUTNYA

291 Tahun Berdiri, Livraria Bertrand Diakui Sebagai Toko Buku Tertua di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: