Suzzanna begitu lekat dengan puluhan film horornya yang sangat laris dan legendaris (Sumber: IMDb)

Seram dan Mencekam, Cek 5 Film Horor Legendaris Suzzanna

02 August 2023   |   17:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Perilisan film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon pada 3 Agustus 2023 tak terlepas dari sosok legendaris Tanah Air yang kerap disebut sebagai ratunya film horor Indonesia. Dia adalah Suzzanna Martha Frederika van Osch, aktris yang terkenal karena memerankan banyak film horor pada era 1950-an hingga 1990-an yang. 

Meskipun pernah membintangi berbagai film selain yang bergenre horor, tetapi sosok Suzzanna begitu lekat dengan puluhan film horornya yang sangat laris dan legendaris. Pada 2008, Suzzanna tutup usia, tetapi dia masih dikenang hingga saat ini melalui deretan film horor terkenalnya.

Buat Genhype yang ingin bernostalgia atau penasaran dengan sosok aktris legendaris yang satu ini, berikut adalah beberapa rekomendasi film terbaik yang pernah melibatkan Suzzanna.

Baca juga: 4 Fakta Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon yang Tayang Awal Agustus 2023


1. Malam Satu Suro (1988)

Bercerita tentang Suketi (diperankan oleh Suzzanna) yang merupakan sundelbolong, tetapi telah menjadi manusia. Kemudian, dia menikah dengan Bardo (Fendy Pradana) dan hidup bahagia hingga memiliki dua anak. 

Namun, terdapat tokoh yang ingin menghancurkan keluarga Bardo dan paku di kepala Suketi pun dicabut, hingga ia menunjukkan jati dirinya sebagai sundelbolong. Konflik memuncak ketika Suketi mulai balas dendam kepada orang-orang yang menghancurkan keluarganya dan membunuh mereka satu per satu. 


2. Sundelbolong (1981)

Film ini adalah awal mula munculnya adegan legendaris tukang sate dan soto yang dihampiri oleh sundelbolong. Dalam adegan tersebut, sundelbolong memesan hingga 100 tusuk sate dan memakan soto dari pancinya. 

Suzzanna berperan sebagai Alisa, seorang mantan pekerja seks yang menikah dengan Hendarto (Barry Prima). Mereka hidup bahagia sebelum tokoh bernama Rudi tertarik dengan Alisa dan menginginkannya. Namun, Rudi ditolak oleh Alisa dan pria itu merasa tersinggung. Untuk membalasnya, Rudi kemudian anak buahnya menculik Alisa dan memperkosanya. 

Alisa berhasil selamat, tetapi kejadian malang yang menimpanya itu berujung pada kehamilan. Merasa hancur, Alisa bunuh diri dalam keadaan hamil dan hantunya bergentayangan untuk melakukan balas dendam.


3. Perkawinan Nyi Blorong (1983)

Dalam film ini, Suzzanna berperan sebagai Nyi Blorong yang cantik hingga memikat banyak lelaki. Beberapa di antara lelaki itu adalah Prabu Dewacengkar dan Pangeran Tedjo Arum (Clift Sangra) yang bertanding untuk memiliki Nyi Blorong.

Akan tetapi, Nyi Blorong telah jatuh hati pada Tedjo Arum dan mereka berencana mengelabui Dewacengkar. Konflik meningkat ketika Dewacengkar mengetahui rencana tersebut dan ingin membalaskan dendamnya dengan bantuan ratu buaya. 


4. Beranak dalam Kubur (1972)

Dikisahkan seorang tokoh bernama Lila (Suzzanna) yang selalu membuat kakaknya cemburu. Lila hidup di kota, sementara kakaknya tinggal di desa. Hal ini menimbulkan perasaan dengki. Melihat Lila selalu mendapatkan hidup yang lebih baik, kakaknya pun merencanakan pembunuhan ketika Lila pulang ke desa.

Ketika pergi ke desa, Lila sedang hamil tua dan mengalami kontraksi. Kakaknya dengan kejam mengambil kesempatan itu dan mencoba membunuhnya, hingga menguburnya hidup-hidup. Anak Lila akhirnya berhasil lahir di dalam kubur dan sejak itu mulai meneror warga desa. 


5. Ratu Ilmu Hitam (1981) 

Suzzanna dalam film ini berperan sebagai Murni yang dituduh Kohar, mantan kekasihnya, serta warga setempat, sebagai perusak pernikahan antara Baedah dan Kohar. Hingga akhirnya, rumah Murni dibakar dan dia dilempar ke jurang.
 
Kejadian tersebut berujung pada pertemuan Murni dengan Gendon, sosok dukun yang menolongnya. Dukun itu membujuk Murni melakukan balas dendam dan ceritanya sebagai ratu ilmu hitam pun dimulai. 

Baca juga: Teror Mengerikan Gara-gara Pakai Susuk dalam Film Horor Susuk Kutukan Kecantikan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Banjir Ucapan dari Para Fans, Intip Profil Mark NCT yang Berulang Tahun Hari Ini

BERIKUTNYA

164 Komika Siap Kocok Perut Selama 3 Hari Standupfest 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: