Lebih dari 100 komedian stand up akan tampil di Standupfest 2023 (Sumber gambar ilustrasi: Freepik/ macrovector)

164 Komika Siap Kocok Perut Selama 3 Hari Standupfest 2023

02 August 2023   |   18:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 164 komika siap mengocok perut pada akhir pekan ini. Mereka akan tampil di ajang Standupfest 2023 yang diselenggarakan pada 4–6 Agustus 2023 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta,sekaligus menjadi lebarannya para komedian panggung tersebut. 

Adapun tiket acara Standupfest 2023 sudah terjual habis. Penyelenggara tercatat menyediakan sebanyak 3.100 lembar tiket.

Presiden Stand Up Comedy Indonesia Abdul Aziz Batubara mengatakan bahwa ajang Standupfest 2023 menjadi panggung panas bagi para stand up komedian Indonesia untuk membuktikan kemampuannya dalam meramu seni berkelakar dengan cara yang ringan sekaligus bermuatan pesan tertentu.

Baca juga: Bikin Stand Up Comedy Special, Alif Rivelino Ungkap Keresahan Anak Broken Home

Menurutnya, ajang ini juga menjadi bukti bahwa standup komedian yang pekerjaannya melucu di atas panggung bisa menjadi profesi menjanjikan. Ajang ini pun menjadi kesempatan untuk mengangkat nama-nama baru di kancah nasional.

Sementara itu, komika Abdel Achrian menuturkan bahwa alasan yang membuat dirinya senang tampil di ajang Standupfest 2023 lantaran festival tersebut merupakan lebaran bagi para komika. “Jadi, hadir di acara itu merupakan suatu pencapaian tersendiri buat para komika,” katanya.

Menurutnya, hampir semua komika dari luar daerah Jakarta akan hadir di Standupfest 2023. Apalagi, banyak para stand up comedian terkenal saat ini sebagian besar datang dari luar ibu kota.

“Seni stand up ini banyak sekali membuka kesempatan buat teman-teman kita yang ada di luar Ibu Kota untuk berkiprah di tingkat nasional. Hampir semua juara kompetisi datangnya dari luar Jakarta. Jadi, hadir di sini [Standupfest] merupakan gengsi tersendiri buat para komika,” katanya.

Dia menambahkan,  para komika akan tampil membawakan materi baru yang tidak pernah dibawakan sebelumnya saat ajang Standupfest 2023. Kemudian, sejumlah persiapan juga dilakukan oleh para komika seperti banyak belajar mempresentasikan bahan di depan penonton.

Menurutnya, materi-materi yang akan dibawakan oleh para komika di ajang tersebut akan memiliki relevansi dengan kondisi sekarang. Jadi, terdapat kemungkinan, akan banyak isu terkait dengan politik yang dibawakan oleh komika.

Momen Mengangkat Sektor Kreatif
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan bahwa festival tersebut bisa menjadi momentum bagi para komika untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

"Nantinya kita bisa brainstorm dengan memberikan brief bahwa di daerah ini ada potensi parekraf yang menarik," katanya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno.

Dia menambahkan, promosi yang bisa dilakukan oleh para komika adalah dengan memasukkan sejumlah hal menarik tentang pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada ke dalam materi yang akan dipresentasikan dengan lucu kepada para penonton.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Standupfest yang akan dilaksanakan di Tennis Indoor Senayan pada 4-6 Agustus 2023 merupakan festival stand-up comedy terbesar di Indonesia yang menampilkan para komika terkemuka di negeri ini.

"Ini adalah proyek dari Stand Up Comed Indonesia dan anggotanya 3.000 lebih orang dari 167 cabang yang tersebar di berbagai daerah," katanya.

Baca juga: Pentingnya Persona dalam Stand Up Comedy, Bisa Mempertebal Joke & Jadi Ciri Khas

Sandiaga menilai bahwa Standupfest 2023 bisa menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat yang haus akan materi-materi komedi yang diceritakan oleh 164 komika yang tampil dalam festival ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Seram dan Mencekam, Cek 5 Film Horor Legendaris Suzzanna

BERIKUTNYA

Rekomendasi 4 Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: