Cuplikan film Susuk Kutukan Kecantikan (Sumber gambar: Visinema Pictures)

Teror Mengerikan Gara-gara Pakai Susuk dalam Film Horor Susuk Kutukan Kecantikan

22 July 2023   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pembuat film Indonesia terus mengeksplorasi mitos, kepercayaan, dan klenik masyarakat sebagai premis utama dalam menggarap film horor. Terbaru, hal tersebut dilakukan oleh rumah produksi Visinema Pictures dengan menghadirkan karya sinema berjudul Susuk Kutukan Kecantikan. 

Seperti judulnya, film ini menceritakan kisah seseorang yang hidupnya dihantui kegelapan karena menggunakan susuk kecantikan. Disutradarai Ginanti Rona, ceritanya mengikuti perempuan Laras (diperankan oleh Hana Malasan) yang ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai pekerja seks komersial (PSK). Dia ingin memperbaiki hubungannya dengan adiknya yang bernama Ayu (Ersya Aurelia). 

Baca juga: Tayang 27 Juli, Cek Dulu 7 Fakta Menarik di Balik Film Horor Mantra Surugana

Namun, sebuah kecelakaan membuat Laras terus terjebak dalam sakaratul maut. Raga Laras tetap hidup tapi perlahan badannya mulai membusuk seperti mayat. Ditemani oleh Aman (Jourdy Pranata), Ayu pun mencari berbagai cara untuk menyembuhkan kakaknya.

Dia mendatangi Damar (Whani Dharmawan), seorang kepala desa yang membantu Laras dan Ayu setelah orang tuanya meninggal. Begitu juga dengan Ustaz Rahmat (M.N. Qomaruddin), pemuka agama yang akhirnya menguak bahwa hal yang membuat keadaan Laras terus memburuk adalah susuk yang dikenakannya untuk kecantikan.

Mereka pun akhirnya meminta bantuan kepada seorang dukun bernama Prasetyo (Muhamad Khan) yang menyebut bahwa susuk di tubuh Laras bukanlah susuk biasa. Namun, susuk ini menjadi penyebab yang membuat tubuh Laras membusuk hingga menciptakan teror bagi Ayu, Aman, dan seluruh warga desa. 

 

Dalam trailer, ditampilkan bahwa Laras kecelakaan jatuh dari tangga seusai menemui salah satu tamunya di apartemen. Sejak saat itu, Laras pun tak sadarkan diri dan menderita sakaratul maut dengan kondisi tubuhnya yang terus membusuk. Dari situ, sikapnya pun berubah menjadi teror yang mengerikan bagi orang-orang di sekitarnya.

Hal itu tidak lain karena susuk yang tertanam dalam tubuhnya sehingga dia dikendalikan oleh roh dan jin jahat yang semula menjanjikannya hidup bergelimang harta dan cantik rupawan. Untuk menghentikan segala teror tersebut, Ayu dan sejumlah warga pun bersama-sama mencari jalan keluar untuk melepaskan susuk dari tubuh Laras.

Ridla An-Nuur selaku produser mengatakan film ini dibuat berdasarkan peristiwa yang dekat dan sering terjadi di tengah masyarakat. Dalam teaser kali ini, lanjutnya, penonton akan melihat kengerian akibat dari pemasangan susuk.

"Kami berharap penonton bisa mendapatkan pengalaman menonton film horor yang berbeda di bioskop dengan menonton film Susuk," katanya.
 

Sutradara Ginanti Rona mengatakan kisah-kisah yang tersaji dalam film Susuk Kutukan Kecantikan merupakan hasil riset dari beberapa fakta yang melekat pada susuk. Misalnya menjanjikan kebahagiaan sementara tapi juga mendatangkan kutukan dan siksaan yang mengerikan, pemakai susuk yang sering gelisah dan berperilaku aneh karena makhluk gaib dalam tubuhnya, hingga munculnya kesialan seiring dengan memudarnya kekuataan susuk.

Selain itu, pengguna susuk juga kerap dihantui rasa bersalah dan penyesalan, sering diganggu oleh makhluk gaib, menderita gangguan mental, hingga susah meninggal saat ajal menjemput kecuali susuk dicabut oleh orang yang pertama kali memasukkannya.

"Susuk dipercaya mampu menawarkan jalan lebih mudah untuk kehidupan pemakainya. Cinta, karier, kharisma serta daya tarik yang tak masuk logika. Tapi beberapa hal justru menciptakan kutukan yang tak terduga," kata sutradara yang juga menggarap film Qorin itu.

Film Susuk Kutukan Kecantikan dibintangi oleh aktris pendatang berbakat Hana Malasan yang sebelumnya pernah membintangi film 22 Menit dan Ben & Jody. Dia akan beradu akting dengan Ersya Aurelia yang sebelumnya bermain dalam film Killers dan Enam Batang, serta Jourdy Pranata yang sebelumnya berperan dalam film Kukira Kau Rumah dan Pengabdi Setan 2.

Selain ketiganya, film tersebut juga dibintangi oleh Muhammad Khan, Elang El Gibran, Izabel Jahja, Whani Dharmawan, dan M.N Qomaruddin. Film Susuk Kutukan Kecantikan dijadwalkan tayang pada 31 Agustus 2023 di bioskop-bioskop Indonesia. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Insidious: The Red Door yang Perlu Diketahui Pencinta Film Horor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Siswa LPTB Susan Budihardjo Tampilkan Peragaan Busana yang Terinspirasi dari Generasi Alpha

BERIKUTNYA

Pertunjukan Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory Berhasil Memukau Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: