Ilustrasi pasangan (Sumber gambar: unsplash/taylor hernandez)

Mengenal Hari Childfree yang Diperingati Tiap 1 Agustus

01 August 2023   |   19:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Setiap 1 Agustus diperingati sebagai Hari Bebas Anak Internasional atau Childfree. Istilah ini merujuk pada keputusan individu atau pasangan untuk sengaja tidak memiliki anak.Hari peringatan ini awalnya dicetuskan oleh National Organization for Non Parents (NON) di pada 1 Agustus tahun 1973 di Amerika Serikat.

Pendirian NON oleh Ellen Peck dan Shirley Radl juga didasari oleh alasan untuk menghargai pilihan pasangan yang sudah menikah untuk tidak memiliki anak. Kemudian pada 2014, psikolog asal Amerika Serikat Laura Caroll mengusulkan agar hari Childfree dapat diakui sebagai peringatan secara internasional.

Baca juga: Mengenal Childfree & Alasan Orang Tak Ingin Punya Anak

Pandangan bahwa individu berkeluarga dan memiliki anak cenderung dilatarbelakangi oleh norma budaya, agama, dan tuntutan sosial yang menganjurkan untuk menikah dan memiliki keturunan. Namun, seiring perkembangan zaman pandangan tersebut pun mulai berubah. Bahkan, childfree sempat menjadi perbincangan hangat di Tanah Air, setelah seorang publik figur memutuskan untuk menempuh jalan ini. 

Dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa alasan individu menyuarakan dukungannya terhadap fenomena ini antara lain:
 

1. Perubahan Budaya dan Norma Sosial 

Perubahan budaya dan nilai-nilai yang berfokus pada kebebasan tiap individu terlebih perempuan yang aktif berkarier telah mempengaruhi pandangan terhadap pilihan tidak memiliki anak (childfree).
 

2. Perkembangan Ekonomi

Di negara maju, biaya besar yang harus dikeluarkan apabila membesarkan anak telah menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi keputusan pasangan untuk memilih untuk childfree.
 

3. Faktor Usia Perkawinan 

Perkawinan pasangan di usia yang lebih tua sering menjadikan pasangan tidak memiliki lebih banyak waktu untuk merawat anak sehingga pertimbangan pilihan tentang memiliki anak atau tidak menjadi langkah yang diterapkan.
 

4. Isu lingkungan

Beberapa individu memilih untuk bebas anak karena khawatir tentang pertumbuhan populasi serta pengaruhnya terhadap lingkungan.


Figur Publik Pro Childfree

Sejumlah tokoh secara terang-terangan mendukung atau memilih jalan childfree. Meski begitu, ada pula yang menentang hal tersebut.
 
  • Gita Savitri
Influencer sekaligus YouTuber Indonesia Gita Savitri atau lebih dikenal sebagai Gitasav menjadi sorotan di media sosial Indonesia. Hal ini disebabkan karena ia menyebut bahwa pilihan untuk tidak mempunyai anak alias childfree membuatnya awet muda. Menurutnya, childfree merupakan rahasia awet muda bagi dirinya dan wanita lain yang memutuskan untuk tidak mempunyai anak. 
 
  • Jennifer Aniston 
Aktris dan produser asal Amerika Serikat ini pernah berbicara tentang dukungannya terhadap kebebasan memilih untuk tidak memiliki anak, karena dia menekankan bahwa perempuan tidak harus mendefinisikan keberhasilan hidup mereka dengan cara berperan sebagai orang tua.
 
  • Ricky Gervais
Komedian dan aktor asal Inggris ini telah menyuarakan dukungannya terhadap childfree dan berbicara tentang hak individu untuk mengambil keputusan tentang kehidupan mereka tanpa tekanan eksternal dan sosial.
 
  • Elizabeth Gilbert
Penulis asal Amerika Serikat ini menyuarakan pandangan positifnya terhadap childfree dan menulis tentang pengalaman hidupnya bebas anak dalam bukunya  yang berjudul Committed.

SEBELUMNYA

6 Film Nasional untuk Merayakan Bulan Kemerdekaan

BERIKUTNYA

Sosok Daniel Kho, Semakin Berwarna Semakin Bahagia & Ngepop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: