Ilustrasi kegiatan ekspor (Sumber gambar: Ninja Xpress)

4 Kunci Penting Menjadi Eksportir Sukses bagi Pebisnis Pemula

01 August 2023   |   02:40 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor berbagai komoditas unggulan di dunia. Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, pada tahun lalu nilai perdagangan ekspor Ibu Pertiwi mencapai US$268 miliar.

Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekspor sepanjang 2023 akan tetap positif, meskipun lebih lambat daripada tahun lalu, dengan proyeksi peningkatan nilai ekspor sebesar 12,8 persen. Peluang tersebut membuka pintu untuk mengembangkan bisnis hingga ke pasar internasional, terutama bagi usaha kecil menengah (UKM) yang memiliki produk berkualitas.

Dengan memanfaatkan peluang ini, UKM dapat memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar luar negeri sekaligus memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi saat ini mengirimkan barang ke luar negeri makin dimudahkan dengan banyaknya perusahaan jasa pengiriman di Indonesia. 

Baca juga: Peluang UMKM tembus Pasar Ekspor Makin Besar, Lakukan Ini

Titan Sabtian, Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor, menjelaskan setidaknya terdapat 195 negara di dunia. Ini tentu menjadi peluang target pasar ekspor yang sangat menjanjikan. Untuk memulai ekspor, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menentukan produk yang ingin dijual di pasar ekspor, apakah akan menjual produk sendiri atau menjual produk yang dibutuhkan pasar.

Selain itu. pelaku usaha juga perlu memahami aturan ekspor sehingga bisa memenuhi dokumen yang dibutuhkan. Pasalnya setiap negara memiliki aturan ekspor masing-masing. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah mencari buyer atau calon pembeli.

Dengan melakukan ekspor, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, seperti membuka pasar baru, memperluas
pasar bagi produk lokal, mendapatkan harga jual yang lebih baik, memperluas lapangan kerja, dan memperoleh keuntungan komparatif.

Ekspor juga meningkatkan volume dan nilai penjualan, meningkatkan keuntungan, dan mendorong pengembangan produk yang berbeda dengan pasar domestik. 
 

Ilustrasi kegiatan ekspor (Sumber foto: Wallpaper Flare)

Ilustrasi kegiatan ekspor (Sumber gambar: Wallpaper Flare)

Nah, bagi para pemula yang ingin masuk ke pasar internasional, berikut adalah beberapa tip ekspor sehingga yang perlu diperhatikan sehingga dapat meningkatkan peluang untuk menjalankan bisnis ekspor yang sukses. Apa saja? yuk simak. 
 

1. Memanfaatkan Fasilitas Ekspor yang Tersedia 

Pemerintah sering kali menyediakan berbagai program dan layanan untuk membantu pelaku usaha dalam melakukan ekspor. Selain itu, terdapat juga lembaga ekspor dan perdagangan internasional yang dapat memberikan informasi hingga bimbingan mengenai pasar ekspor potensial, peraturan perdagangan, serta membantu dalam menemukan mitra bisnis di luar negeri.

“Dengan memanfaatkan fasilitas ini, pelaku usaha bisa memperoleh keuntungan tambahan dan meningkatkan peluang untuk menjangkau pasar ekspor,” kata Titan. 
 

2. Optimalkan Medsos & Website untuk Menjaring Pembeli

Media sosial dan website merupakan alat yang sangat efektif untuk memasarkan produk dan mencari pembeli potensial. Pelaku usaha dapat memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn guna memperluas jangkauan pasar mereka dan terhubung dengan pembeli potensial dari berbagai negara.

Tak hanya itu, memiliki situs web yang profesional dan informatif juga penting untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Dengan memanfaatkan platform digital secara efektif, pelaku usaha dapat meningkatkan visibilitas produknya dan mendapatkan respons yang positif dari calon pembeli. 
 

3. Menyiapkan Dokumen Ekspor

Menyiapkan dokumen ekspor yang lengkap sangat penting dalam menjalankan bisnis jual-beli lintas negara. Beberapa dokumen yang biasanya diperlukan antara lain invoice, packing list, bill of lading, sertifikat asal, dan dokumen ekspor lainnya yang sesuai dengan persyaratan negara tujuan.

Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah dipersiapkan dengan baik sebelum pengiriman barang dilakukan. Dokumen yang lengkap dan benar akan memudahkan proses kepabeanan, menghindari keterlambatan pengiriman, dan mencegah terjadinya masalah hukum yang dapat menghambat kegiatan ekspor.
 

4. Menyiapkan Legalitas Usaha untuk Ekspor

Sebelum terlibat dalam kegiatan ekspor, pastikan legalitas usaha yang dijalankan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan. Ini termasuk akta pendirian perusahaan, NIB dan izin usaha, serta NPWP. Pastikan juga untuk memahami peraturan perdagangan internasional yang berlaku di negara tujuan ekspor.

Baca juga: Pintar Membaca Perubahan Selera Pasar, Kunci Keberhasilan Ekspor Kriya Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cetak Rekor Baru di Korea Selatan, Cek Sinopsis & Daftar Pemain Film Smugglers

BERIKUTNYA

Tubuh Kukuh & Mental Anti Pental Berkat Pencak Silat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: