ilustrasi logistik (sumber gambar : Dimitry Anikin/Unsplash

Peluang UMKM tembus Pasar Ekspor Makin Besar, Lakukan Ini

30 June 2022   |   16:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang sedang ingin mengembangkan sayap bisnisnya hingga ke luar negeri, inilah saatnya. Sebab, berdasarkan riset dari Ninja Xpress bersama DPD Group, terlihat perilaku berbelanja online lintas negara untuk konsumen di Asia Tenggara semakin meningkat.

Tren ini menunjukkan adanya kesempatan para pelaku UKM di Indonesia untuk makin memperluas pasar ekspornya. Laporan yang bertajuk E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021- Uncovering SEA online shoppers & delivery preferences tersebut mengungkapkan adanya peningkatan sekitar 70 juta pembeli online di Asia Tenggara. 

Jumlah ini diperkirakan akan mencapai 380 juta pada 2026, memperkuat dasar bagi shipper untuk meraih pasar ekspor regional dengan memaksimalkan digitalisasi. 

Berdasarkan hasil studi  yang dilakukan di enam negara tersebut, yaitu,  Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, Thailand, dan Vietnam, dengan lebih dari 9.000 peserta pada Juli 2021, dapat dilihat sejumlah fakta mengenai perilaku belanja online di Asia Tenggara yaitu:


1. Konsumen akan makin sering belanja di e-commerce luar negeri 

Responden dari keenam negara mengaku telah berbelanja dari e-commerce luar negeri dengan responden Singapura paling banyak yaitu 92 persen, diikuti Filipina 89 persen, Thailand 87 persen, dan Malaysia serta Vietnam yang masing-masing 80 persen. 

Pada Juni 2021, responden menyatakan rata-rata menerima 6,5 paket dalam satu bulan dengan Malaysia dan Vietnam menjadi negara yang paling banyak menerima paket dari luar negeri sebanyak 7,1 paket dalam satu bulan. 


2. E-commerce di Asia menjadi pilihan utama

Mayoritas sebanyak 90 persen bahkan lebih memilih membeli dari e-commerce Asia, mengalahkan frekuensi pembelian dari e-commerce Eropa dan Amerika Serikat. Meskipun berbelanja di e-commerce China masih menjadi pilihan utama, masih ada potensi besar dan kenyamanan dalam membeli produk dari sesama e-commerce di Asia Tenggara. 


3. Pasar ekspor yang potensial untuk produk kelas menengah

Jika dilihat dari rata-rata nilai setiap pembelian, responden menghabiskan mulai dari US$25 (Thailand) hingga US$52 (Singapura) dalam sekali belanja atau setara dengan Rp370.000 hingga Rp770.000 (kurs Rp14.800). Nilai ini merefleksikan pertumbuhan kelas menengah Asia Tenggara yang besar. 

Melihat kondisi ini, ada dua hal menurut yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha untuk meraih pasar ekspor di Asia Tenggara: 

1. Lokalisasi pengalaman berbelanja dan inovasi produk

Meskipun pasar ekspor di Asia Tenggara adalah negara tetangga yang tidak terlalu jauh, lokalisasi diperlukan untuk merebut pasar ini. Lakukan riset terlebih dahulu seperti kurs mata uang, pajak, bahasa, musim belanja, budaya, dan produk yang diminati atau dibutuhkan.    

2. Bermitra dengan logistik yang memiliki jaringan luas dan terpercaya. 

Logistik lintas negara dapat menjadi rumit dengan segala administrasi dan aturannya yang terkadang dapat berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya. Sebanyak 89 persen dari total responden ingin mengetahui perusahaan logistik yang mengirimkan paket karena mereka ingin perusahaan yang dapat menjamin layanan pengiriman yang baik. Fitur real-time tracking dan perusahaan pengiriman yang juga berada di lokasi pembeli menjadi preferensi yang paling banyak dipilih. 

“Digitalisasi dapat menjadi katalisator bagi UKM untuk memperluas pasar ke luar negeri dan sekarang adalah momen yang tepat bagi UKM untuk kembali berbenah merencanakan inovasi produk, peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, dan pemasaran," ungkap Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Begini Langkah-Langkah Membangun Fondasi Pemasaran Digital yang Efektif 

BERIKUTNYA

Eksplorasi Diri Gamaliel dalam Single Baru berjudul Asteroid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: