Baldur's Gate 3 (Sumber Foto: Steam)

Daftar Pemenang The Steam Awards 2023, Baldur's Gate 3 Raih Gelar Game of the Year

04 January 2024   |   17:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

The Steam Awards 2023 akhirnya mengumumkan jajaran gim dengan predikat terbaik di kelasnya. Baldur's Gate 3 yang dikembangkan oleh Larian Studio sukses meraih gelar Game of The Year. Selain itu ada juga beberapa gim lainnya yang meraih penghargaan di ajang ini.

Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini terdapat 11 kategori penghargaan yang sebagian besar mirip dengan The Steam Awards 2022. Perbedaannya ada di kategori Best Game on Steam Deck, yang tidak ada tahun lalu. Saat itu, gelar yang dipakai adalah Best Game on the Go. Gelar tersebut berhasil dimenangkan oleh Death Stranding Director's Cut.

Baca juga: Rekomendasi Game Terbaik di Steam Autumn Sale 2023, Diskon Gede-gedean 

Kategori penghargaan lain di The Steam Awards 2023, di antaranya ada Game of the Year, VR Game of the Year, Labor of Love, Best Game on Steam Deck, Better With Friends, Outstanding Visual Style, Most Innovative Gameplay, Best Game You Suck At, Best Soundtrack, Outstanding Story-Rich Game, dan Sit Back and Relax.

Larian Studios selaku pengembang Baldur's Gate 3 sukses membawa karyanya untuk meraih gelar Game of the Year. Gim ini dinobatkan sebagai pemenang setelah mengalahkan judul-judul lain seperti Lethal Company, Hogwarts Legacy, Resident Evil 4, dan EA Sports FC 24.

"Game ini punya karakter yang dibuat dengan apik, desainnya luar biasa rapi, atau juga multiplayer yang membuat ketagihan. Apapun alasannya, pemenang kategori Game Terbaik tahun ini tersebut langsung jadi salah satu game terbaik dalam sejarah." tulis penjelasan di laman Steam.

Baldur's Gate 3 punya gameplay yang luar biasa, selain itu  juga karena ceritanya dikemas dengan menarik. Oleh karenanya gil ini juga menyumbangkan gelar lain, yakni Outstanding Story-Rich Game Award.

Tak hanya Baldur's Gate 3 saja yang bersinar di ajang ini. Masih ada sembilan game yang tak kalah menarik. Sayangnya, gim yang digarap developer Indonesia, Coral Island, harus kalah dari Dave the Diver di kategori Sit Back and Relax Award.

Meski begitu, melihat fakta bahwa Coral Island sukses masuk nominasi penghargaan The Steam Awards 2023 menunjukkan bahwa gim karya developer lokal juga diakui oleh gamer dunia. Nah Genhype, berikut adalah daftar pemenang The Steam Awards 2023:

• Baldur's gate 3 - Game of the Year
• Labyrinthine - VR Game of the Year
• Red Dead Redemption II - Labor of Love
• Hogwarts Legacy - Best Game on Steam Deck
• Lethal Company - Better With Friend
• Atomatic Heart - Outstanding Visual Style
• Starfield - Most Innovative Gameplay
• Sifu - Best Game You Suck At
• The Last of Us Part I - Best Soundtrack
• Baldur's Gate 3 - Outstanding Story-Rich Game Award
• Dave The Diver - Sit Back and Relax
 

Tentang Baldur's Gate 3

Baldur's Gate 3 sendiri merupakan seri ketiga Baldur's Gate. Mengisahlan tentang kembalinya kekuatan kegelapan yang menginvasi wilayah Faerûn, sebuah benua di dunia Abeir-Toril yang menjadi pusat peradaban dalam serial Baldur's Gate. 

Supaya bisa mendalami dan memahami alur cerita dalam Baldur's Gate 3. Kamu sebaiknya memainkan Baldur's Gate II: Shadows of Amn dan Baldur's Gate: Descent into Avernus.

Baldur's Gate 3 digarap oleh Larian Studios, developer ternama yang sukses membuat dan mengembangkan serial Divinity, mulai dari Divine Divinity (2002) hingga Divinity: Original Sin II Definitive Edition (2018). Baldur's Gate 3 versi final bisa kamu beli dan mainkan di Steam seharga Rp699.999

Baldur’s Gate 3 juga sebelumnya juga menyabet gelar Game of The Year 2023 (GOTY) di ajang The Game Awards. Gim ini berhasil mengalahkan nominator lainnya seperti Marvel’s Spider-Man 2, Alan Wake 2, Horizon Forbidden West, Halo Infinite, dan Resident Evil Village.

Selain gelar GOTY, Baldur’s Gate 3 juga meraih lima penghargaan lain, yaitu Best Role Playing Game, Best Performance untuk Neil Newbon memerankan Astarion, Best Community Support, Player's Voice, dan Best Multiplayer Game.

Baca juga: Daftar Pemenang Game Terbaik di Gamescom 2023, Siapa Jawara Tahun Ini?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rilis 26 Januari 2024, Gim Tekken 8 Sudah Bisa Dipesan Lebih Dahulu

BERIKUTNYA

7 Langkah Mudah Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: