Threads adalah media sosial besutan Meta (Sumber gambar ilustrasi: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Threads Tambah Fitur Anyar, Jangan Lupa Update

26 July 2023   |   19:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Media sosial besutan Meta, Threads sukses menarik perhatian banyak orang dalam waktu cepat. Dirilis pada 27 Juni 2023, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di dunia. Dalam perjalanannya, Meta pun terus melakukan pengembangan, termasuk penambahan fitur anyar.

Dikutip dari laman deskripsi Google Play, Threads adalah aplikasi percakapan berbasis teks dari Instagram. Media sosial ini disebut menjadi tempat berkumpul para komunitas guna mambahas berbagai hal, dari topik yang diminati sampai tren pada masa yang akan datang.

“Apa saja minat Anda, ikuti dan terhubung langsung dengan kreator favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama, atau bangun pengikut setia Anda sendiri untuk berbagai ide, pendapat, dan kreativitas Anda dengan dunia,” demikian tertulis dalam deskripsi aplikasi tersebut.

Baca juga: Terlihat Mirip, Ini 4 Perbedaan Threads dengan Twitter

Sejak awal dirilis, media sosial ini terus melakukan pembaruan atau update sejumlah fitur yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Dalam update kali ini, Threads mengenalkan fitur terbarunya, yakni dua cara untuk mengostumisasi feed;, translasi, cara baru untuk menyaring pemberitahuan, tombol follow yang mudah; dan tombol approve all terkait permintaan untuk mengikuti atau follow semua.

Selain itu, Threads juga memperbaiki bugs dan meningkatkan performa aplikasinya. Dijelaskan juga jika fitur baru tersebut merupakan hasil feedback yang diberikan oleh pengguna media sosial tersebut sejak sekitar sebulan setelah diluncurkan.

Sementara itu, dikutip dari laman Bleeping Computer, Threads disebut akan memperkenalkan banyak fitur baru, seperti tagar gaya Twitter, tombol edit, halaman tren, dan juga kemungkinan fungsi pengarsipan otomatis.

Sama seperti di Twitter, tagar yang digunakan nanti dapat diklik. Dengan begitu, pengguna akan merasakan kemudahan dalam menjelajahi topik yang diminati dan bergabung dengan percakapan yang sedang menjadi tren.

Laman itu menuliskan bahwa fitur tersebut berpotensi meningkatkan kemampuan platform untuk dapat ditemukan komunitas dan dalam kemudahan berinteraksi.

Sementara mengenai pengarsipan otomatis, fitur ini dapat mendorong komunikasi yang lebih jujur lantaran mereka akan mendapatkan privasi. Threads juga disebut akan dibuat kompatibel dengan ActivityPub .

AcitivityPub adalah sebuah protokol jejaring sosial terbuka yang didirikan oleh World Wide Web Consortium. Protokol ini menjadi pengawas dengan standar terbuka yang menjadi dasar laman modern.

Rencana tersebut dapat membuka peluang baru bagi pengguna dalam berkomunikasi lantaran dapat dioperasikan dengan aplikasi lain yang juga mendukung dengan ActivityPub.

Sementara itu, Mark Zuckerberg, dalam unggahannya di Threads, menuliskan optimismenya tentang bagaimana komunitas Threds dapat terbentuk. Perusahaan tengah fokus untuk melakukan peningkatan sejumlah fitur sepanjang sisa tahun ini.

Baca juga: 8 Fitur Penting Media Sosial yang Belum Ada di Threads

“Butuh waktu untuk menstabilkannya. Namun, kami akan fokus untuk mengembangkan komunitas. Kami telah menjalankan playbook ini berkali-kali [FB, IG, stories, Reels, dan sebagainya] dan saya yakin Threads juga berada di jalur yang tepat,” tulisnya.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Dokumenter KANG DANIEL: MY PARADE Rilis Agustus 2023

BERIKUTNYA

Dihadapkan dengan Krisis, Promotor Beberkan Cerita Hadirkan Sheila On 7 di We The Fest 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: