Lagu judul Barbie Girl pernah tenar pada 1997 (sumber gambar : Warner Bros)

Ini Alasan Lagu Barbie Girl dari Aqua Tidak Masuk Soundtrack Film Barbie

01 May 2022   |   15:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lagu Aqua berjudul Barbie Girl yang sangat tenar pada 1997 tidak akan digunakan dalam film Barbie. Kabar tersebut disampaikan oleh Ulrich Møller-Jørgensen, yang merupakan manajer vokalis Aqua Lene Nystrm. Hal itu menjawab rumor yang beredar di kalangan pencinta Barbie,

Sebelumnya, banyak fans menginginkan jika film Barbie menggunakan lagu berjudul Barbie Girl dari grup band Aqua. Mereka bersikeras bahwa lagu tersebut masuk dalam film.

Dilansir dari Variety, Ulrich Møller-Jørgensen menuturkan bahwa lagu yang memiliki lirik come on  Barbie, let's go party itu tidak digunakan dalam film Barbie. Terkait alasannya, Møller-Jørgensen tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang menjadi alasan. 

Hanya saja, grup band pop asal Denmark tersebut memiliki hubungan yang buruk dengan perusahaan mainan Mattel, yakni pencipta dan pemilik merek Barbie

Untuk diketahui, setelah lagu Barbie Girl menjadi fenomena pada 1997 lantaran terjual lebih dari 1,4 juta kopi di Amerika Serikat dan bertahan di posisi pertama di tangga lagu Inggris selama 4 minggu, Mattel mengajukan gugatan terhadap MCA Records (sekarang bagian dari Universal Music) atas pelanggaran merek dagang. MCA Records adalah pihak yang mendistribusikan lagu tersebut di Amerika Serikat. 

Mattel khawatir bahwa lagu tersebut dapat membahayakan merek Berbie. Jadi, perusahaan tidak senang dengan lirik lagu tersebut lantaran dinilai sugestif. Lirik tersebut menggambarkan bonek Barbie yang menyanyi dengan nada genit.

Menanggapi gugatan tersebut, MCA Records mengatakan bahwa lagu tersebut adalah parodi yang dilindungi oleh Amendemen Pertama. MCA bahkan mengajukan gugatan kepada Mattel atas pencemaran nama baik yang dilakukan oleh juru bicara Mattel selama proses gugatan.  

Namun, Pengadilan Distrik Amerika Serikat di California menolak klaim kedua belah pihak. Pengadilan disebut menyatakan pernyataan Mattel adalah hiperbola yang tidak dapat ditindaklanjuti dan bahwa lagu itu adalah parodi.

Mattel tetap berusaha menggugat dengan mengajukan banding. Adapun MCA kembali menolak pelanggaran merek dagang, dan mengklaim perusahaan telah melakukan pencemaran nama baik. Terkait hal itu, hakim Alex Kozinski memutuskan para pihak berseteru untuk tenang. 

Untuk diketahui, film Barbie garapan rumah produksi Warner Bros Pictures tersebut diramaikan oleh sejumlah pemain terkenal seperti Ryan Gosling dan Kate McKinnon.

Film garapan Sutradara Greta Gerwig tersebut sudah mulai diproduksi pada tahun ini di London, Inggris. Film Barbie disebut-sebut akan tayang di Amerika Serikat pada 21 Juli 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Aturan Salat Idulfitri di Jakarta International Stadium Berikut Ini

BERIKUTNYA

Aleix Espargaró Start Paling Depan di MotoGP Spanyol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: