Cuplikan Trailer Barbie (Sumber: Warner Bros)

Inspiratif, Begini Cerita Lahirnya Boneka Barbie di Keluarga Pendiri Mattel

18 July 2023   |   20:33 WIB

Film Barbie yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling, serta disutradarai oleh Greta Gerwig akan segera hadir di bioskop besok. Namun, sebelum menonton film Barbie, ada baiknya Genhype membaca terlebih dahulu tentang sejarah dan asal usul terciptanya boneka mainan anak perempuan ini.

Boneka Barbie ditemukan oleh Ruth Handler, yang merupakan salah seorang Co-founder Mattel asal Amerika Serikat, sekaligus istri dari salah satu pendiri perusahaan Mattel yakni Elliot Handler.

Baca juga: Tampilan Google Mendadak Pink Gara-gara Kata Kunci Margot Robbie dan Barbie

Bagaimana perjalanan Ruth dari awal mendapatkan inspirasi untuk menciptakan sebuah boneka, hingga terciptanya karakter Barbie yang populer hingga saat ini ? berikut sejarahnya.

1. Terinspirasi dari anak perempuannya yang bermain boneka dari kertas
Suatu hari, Ruth Handler melihat anak perempuannya yang bernama Barbara sedang bermain boneka kertas. Dia melihat dari cara Barbara memainkan kedua boneka tersebut, komunikasi antar boneka yang dibuat Barbara mirip dengan obrolan yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.

Pada waktu itu, boneka-boneka yang tersedia di pasar, belum ada yang berbentuk versi orang dewasa. Boneka saat itu kebanyakan berbentuk seperti bayi. Menyadari akan hal itu, Ruth mulai terpikirkan untuk membuat boneka versi bentuk orang dewasa.

Idenya tersebut langsung disampaikan kepada suaminya, Elliot. Bahkan terciptanya nama Barbie dan Ken sendiri, terinspirasi dari nama anak Ruth dan Elliot sendiri, yakni Barbara dan Kenneth.

2. Mengakuisisi boneka buatan Jerman, Lilli
Pada 1956, Ruth melakukan perjalanan ke Eropa. Saat itu, dia melewati toko yang menjual boneka asal Jerman bernama Lilli. Ketika melihat boneka tersebut dia segera membeli sebanyak tiga buah boneka.

Satu boneka diberikan kepada anaknya Barbara, dan dua boneka lainnya diberikan kepada Mattel. Setelah kembali ke Amerika, Ruth melakukan desain ulang boneka Lilli dengan bantuan rekan desainernya Jack Ryan.

Sejak saat itu, boneka Lilli yang telah di desain ulang berganti nama menjadi Barbie. Boneka Barbie pertama kali dikenalkan dalam ajang pameran mainan American International Toy Fair di Kota New York, pada 9 Maret 1959.

Tanggal tersebut juga diresmikan sebagai hari ulang tahun Boneka Barbie. Lalu pada 1964, Mattel akhirnya mengakuisisi hak cipta dari boneka Lilli. Boneka Barbie yang pertama kali diluncurkan saat itu, berpenampilan menggunakan baju renang bermotif garis hitam putih, dengan gaya rambut berponi keriting dengan kunciran ekor kuda.

3. Terciptanya karakter baru dan peluncuran boneka kulit gelap pertama
Sekitar era 1960-an, Ruth mulain mencoba menambahkan karakter-karakter dengan memberi pasangan dari Barbie yakni Ken. Lalu pada era itu juga, Barbie sempat menuai kontroversi dikarenakan dianggap sebagai simbol seksualitas.

Menghadapi kritik tersebut, akhirnya Ruth menambahkan satu karakter yang merupakan adik perempuan dari Barbie, bernama Skipper. Dilanjut dengan dibuatnya karakter sahabat Barbie bernama Midge. Pada 1968, mattel mulai memperkenalkan boneka berkulit gelap pertamanya, yang merupakan teman dari Barbie, bernama Christie.

Baca juga: Totalitas Perankan Barbie, Ini Dia Diet dan Olahraga yang Dilakukan Margot Robbie

Lalu pada 1980, produksi boneka kulit gelap makin digencarkan oleh Mattel. Salah satu boneka kulit gelap yang ikonik saat itu, berpenampilan dengan jumpsuit bewarna merah dengan tagline She’s black, She’s beautiful, She’s dynamite.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lagu Populer NIKI yang Akan Dibawakan di Konser, Ada Lowkey & High School in Jakarta

BERIKUTNYA

Waspadai Gejala dan Penyebab Sindrom Mata Kering

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: