Simu Liu Dalam Film Barbie 2023 (Sumber: imdB/internetmoviesdatabase)

Dari Super Hero Marvel hingga Ken Barbie, Intip Kiprah Perjalanan Simu Liu di Layar Sinema

25 July 2023   |   19:36 WIB

Sejak awal perilisan trailer film Barbie 2023 beberapa waktu lalu, kehadiran aktor Simu Liu sebagai salah satu tokoh Ken, cukup mengejutkan sekaligus membahagiakan di kalangan para penggemarnya. Kali ini dia mencuri perhatian lewat film Barbie.

Setelah sukses memerankan karakter Super Hero Marvel Shang Chi 2021 lalu, kini Simu Liu siap hadir kembali dengan pembawaan yang lebih berwarna dan ceria dalam film garapan Greta Gerwig tersebut. Film Barbie sendiri, telah tayang di bioskop sejak 19 Juli 2023.

Baca juga: 4 Aktor Kondang Pemenang Piala Emmy Awards, Ada dari Korea Selatan

Simu Liu, mulai terkenal sejak memerankan tokoh Jung dalam serial komedi televisi Kim’s Convenience di CBC Television. Dia memulai debutnya di dunia perfilman sebagai pemeran tambahan dalam film Pacific Rim: Uprising (2018).

Selain itu, pada 2022, dia berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik lewat film Shang-Chi, dalam Hollywood Critics Association Award 2022.

Dari menjadi Super Hero Marvel, hingga Ken Barbie, Kira-kira bagaimana keseluruhan dan detail perjalanan karier Liu dalam dunia sinema? yuk simak rangkuman kiprah perjalanan Simu Liu di dunia perfilman.

Profil Simu Liu
Dilansir dari laman Britannica, Simu Liu adalah seorang aktor, stunt performer, penulis, dan advokat asal Kanada, berdarah Tiongkok. Dia lahir di Kota Harbin, China pada 19 April 1989.

Liu dibesarkan oleh kedua kakek neneknya dikarenakan kedua orang tuanya saat itu sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Ketika berusia 5 tahun, dia pindah ke Kota Mississauga, Ontario, Kanada, bersama orang tuanya. Pada 2011, Liu menamatkan studinya di Richard Ivey School of Business.

Awalnya, Liu berprofesi sebagai seorang akuntan. Namun selang beberapa bulan kemudian, dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, dan mulai berkarier di dunia akting. Pada 2015, dia mengambil peran sebagai pemeran pembantu dalam serial bergenre kriminal Blood and Water.

Lalu pada 2016, Liu mendapatkan posisi sebagai pemeran utama dalam serial televisi Kim’s Convenience. Selain itu, pada beberapa dekade sebelumnya, Liu juga telah membangun portofolio karier perfilmannya, dengan mengambil posisi sebagai pemeran figuran di beberapa serial televisi seperti Taken (2017), Orphan Black (2017), dan Fresh Off the Boat (2019).


Super Hero Asia Pertama dalam Marvel Cinematic Universe

(Sumber: Disney UK)

(Sumber: Disney UK)

Pada 2021, Simu Liu terpilih untuk memerankan salah satu tokoh pahlawan tituler Marvel yakni Shang-Chi, dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Hal ini menjadikan Liu sebagai aktor keturunan Asia pertama yang mendapatkan peran tokoh utama pahlawan super dalam Marvel Cinematic Universe.

Film ini mengisahkan tentang pria bernama Shang-Chi, seorang imigran asal China di Amerika, yang harus menghadapi ayahnya yang merupakan tuan dari 10 gelang keramat, sekaligus ketua dari kelompok kriminal bersenjata di China.

Dari film ini, Simu Liu mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film dan para penonton, berkat aksi seni bela dirinya yang memukau, serta unsur komedi ringan yang dibawakannya. Di Amerika Serikat, film ini berhasil menempati terlaris nomor dua, mengalahkan Spider-Man: No Way Home.

Selain itu, faktor lain yang membuat film ini sukses berkat kehadiran para artis Asia populer lainnya, seperti aktris asal Malaysia Michelle Yeoh, aktris dan komedian Asia-Amerika Awkwafina, aktris asal China Meng’er Zhang, dan aktor asal Inggris keturunan Asia Benedict Wong.


Menjadi Pengisi Suara hingga Penulis Memoar

Setelah sukses dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Liu turut mengambil peran sebagai pengisi suara pada beberapa film animasi seperti Star Wars: Visions (2021), dan salah satu epiosde dari The Simpsons, yang diproduksi tahun 2022.

Pada tahun yang sama, Liu juga menulis memoar yang berjudul We Were Dreamers: An Immigrant Superhero Origin Story, yang kerap membicarakan tentang meningkatnya kekerasan terhadap ras Asia di Amerika Serikat.

Baca juga: Jaehyun NCT Debut Jadi Aktor Film, Karakternya Bikin Merinding

Lalu, tahun ini dia kembali berakting dalam film Barbie 2023 sebagai salah satu Ken yang hidup di Barbie World, bersama Margot Robbie sebagai Barbie, dan Ryan Gosling sebagai Ken.

Selain berkarier dalam dunia perfilman, Liu juga telah membantu melancarkan program amal dalam rangka mengumpulkan dana untuk didonasikan kepada para korban penembakan massal di festival tahun baru Imlek, Monterey Park, California.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenang Kawasan Melawai Blok M yang Jadi Pusat Budaya Pop Era 1980-1990

BERIKUTNYA

Profil Denny Malik, Penyanyi Jalan-Jalan Sore yang Fenomenal dengan Kawasan Melawai Blok M

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: