ilustrasi (sumber gambar : chayene rafaela/unsplash)

Manfaat Probiotik untuk Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan Sistem Cerna sampai Kecerdasan Otak

25 July 2023   |   12:57 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya agar tumbuh kembangnya dapat lebih optimal. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan nutrisi makanan yang mengandung zat gizi, baik makronutrien maupun mikronutrien.

Nah, selain menjaga gizi yang seimbang, moms juga bisa memberikan probiotik bagi si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sebab bakteri baik ini dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan melawan bakteri jahat sehingga mampu menyerap nutrisi secara sempurna. 

Baca juga: Cek 5 Manfaat Probiotik Untuk Hidup Lebih Sehat

Kanya Ayu Paramastri, Dokter spesialis Anak, mengatakan probiotik termasuk bakteri baik dalam usus yang membantu melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan melalui mikroorganisme hidup.  

Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, probiotik juga dapat memberikan manfaat kesehatan terutama pada lambung dan usus. Sebab, bakteri ini mampu membuat neurotransmitter bekerja efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. 

“Kabar baiknya, kesehatan saluran cerna anak dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami. Bisa juga diperkuat dengan pemberian suplemen probiotik secara berkala yang khususnya diperlukan untuk kesehatan pencernaan anak,” jelas dr. Kanya dalam peringatan Hari Anak Nasional Kalbe. 
 

PT Kalbe Farma menggelar perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 dengan tema Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak. (sumber : PT Kalbe Farma)

PT Kalbe Farma menggelar perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 dengan tema Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak. (sumber : PT Kalbe Farma)

Selain dapat menjaga keseimbangan probiota usus yang berperan penting dalam sistem saluran cerna anak, probiotik juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Beberapa penelitian mulai membuktikan bahwa probiotik bemanfaat terhadap kecerdasan emosional dan perkembangan otak.

Pasalnya, bakteri baik ini mampu membuat neurotransmitter bekerja efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Tercukupinya asupan probiotik juga memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Hormon tersebut berperan dalam menjaga suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, serta mencegah si kecil mengalami kelelahan.

Selain itu, lanjutnya, probiotik juga dapat menjaga ketahanan tubuh terhadap alergi serta meningkatan imunitas sehingga dapat menjaga si kecil dari gangguan kesehatan. Dengan semakin banyaknya jumlah probiotik yang ada di dalam tubuh maka akan makin efektif menyeimbangkan limfosit B dan T pada tubuh sehingga mempercepat respons tubuh melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

Tak hanya itu, penelitian juga membuktikan bahwa probiotik dapat mencegah infeksi saluran kemih berulang. Karena, probiotik mengandung bakteri baik yang disebut lactobacillus, nantinya akan memerangi bakteri penyebab infeksi saluran kemih di dalam saluran kencing.

Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk, Selvinna M. Biomed, mengatakan bahwa anak merupakan generasi muda yang memiliki peranan penting dalam menjaga dan meneruskan cita-cita bangsa.

Oleh sebab itu, lanjutnya, menciptakan anak yang sehat, cerdas, dan kreatif, harus dilakukan. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Tak ketinggalan, orang tua juga bisa memenuhi kebutuhan probiotik yang baik untuk pencernaan buah hati. 

Baca juga: Moms-Dads, Yuk Stimulasi Sensorik & Motorik Anak dengan Cara Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dalam 10 Hari, Video Musik Seven Karya Jung Kook BTS Raih 100 Juta Penayangan di Youtube

BERIKUTNYA

Catat, Film Just Mom Akan Tayang di Bioskop Online Mulai 2 Agustus 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: