Ilustrasi virus Covid-19 (Viktor Forgacs dari Unsplash)

Perhatikan 5 Gejala Awal Covid-19 pada Anak

27 June 2021   |   11:26 WIB

Bertambahnya variasi dari virus Covid-19 di Indonesia membuat hal ini dikhawatirkan banyak pihak,  terutama orang tua yang memiliki anak. Sebab anak juga merupakan salah satu kalangan yang berisiko terhadap paparan virus Covid-19. 

Oleh sebab itu, Genhype sebagai orang tua, saudara, atau orang lain yang tinggal bersama anak-anak di lingkungan yang sama harus mengetahui gejala awal dari Covid-19 pada anak sebagai upaya untuk meminimalisir risiko Covid-19 pada anak.

Berdasarkan beberapa evaluasi klinis, berikut lima gejala awal yang ditunjukkan anak-anak ketika berpotensi mengalami Covid-19:

1. Sakit tenggorokan dan batuk
Anak-anak cenderung lebih rentan untuk mengalami sakit akibat alergi dan infeksi pernafasan, batuk, perubahan suara, dan sakit tenggoakan sebagai dampak dari inflamasi pada saluran pernafasan akibat Covid-19.

Beberapa di antaranya juga bisa mengalami gejala pilek, rasa gatal, hidung tersumbat, dan indra penciuman yang berubah.

Jika gejala ini terjadi, dorong anak-anak untuk berkumur, hirup uap air, dan konsumsi obat antitusif dan mulai cari bantuan ke dokter terutama ketika gejala sudah mulai memburuk.

2. Kelelahan dan sakit pada bagian otot
 

Ilustrasi anak kelelahan. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Ilustrasi anak kelelahan. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Rasa sakit pada otot, tubuh, dan kepala merupakan gejala yang sering dilaporkan dari mereka yang mengalami Covid-19, baik orang dewasa maupun pada anak-anak. Selain itu, anak-anak yang mengalami gejala Covid-19 juga dilaporkan mengalami kelelahan, lesu, hingga penurunan energi.

Khusus bayi dan balita, bentuk dari gejala ini muncul dalam perubahan sikap yang signifikan dan kecenderungan untuk menjadi lebih cerewet.

3. Demam dan kedinginan
 

Ilustrasi pengecekan suhu pada anak. (Dok. Kelly Sikkema dari Unsplash)

Ilustrasi pengecekan suhu pada anak. (Dok. Kelly Sikkema dari Unsplash)

Ketika suhu tubuh sudah mencapai angka 38 derajat Celsius, maka Genhype perlu hati-hati ketika mendapati si kecil mengalami demam apalagi ketika gejala ini disertai dengan kedinginan, rasa sakit, dan rasa lemas.

Demam ini muncul setidaknya 2-3 hari setelah terpapar dan jika ini bertahan sampai lebih dari lima hari maka bisa saja si kecil mengalami MIS-C yang merupakan komplikasi serius dari Covid-19.

4. Diare dan sakit perut
Gejala infeksi pada saluran pencernaan juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami Covid-19, di mana gejala seperti mual, rasa sakit pada perut, sariawan pada bagian mulut, kehilangan selera makan, merasa lemas, hingga kesulitan menelan makanan pada anak.

5. Ruam pada kulit dan mata merah
Gejala pada kulit yang disebabkan karena Covid-19 juga terjadi pada anak, lho! Beberapa gejala seperti kulit melepuh, kemerahan, gatal-gatal, dan ruam serta matah merah dan gatal yang disertai dengan bengkak bisa menjadi gejala yang harus diperhatikan pada anak.

Ada pun gejala lainnya adalah warna kebiruan pada bibir atau adanya perubahan warna kulit bisa menjadi gejala lain yang perlu diperhatikan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pembaruan Telegram, Kini Pengguna Bisa Lakukan Panggilan Video & Ada Tampilan Baru Pula

BERIKUTNYA

Kece Banget, Begini Tampilan Controller Xbox Edisi Khusus Space Jam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: