Ilustrasi menenangkan anak tanpa gadget. (Dok. Timothy Eberly dari Unsplash)

5 Cara Menenangkan Anak Tanpa Gadget

06 July 2021   |   10:58 WIB

Gadget sering menjadi pilihan beberapa orang tua untuk mendiamkan anak mereka yang tengah emosi atau tantrum. Sebenarnya, ada cara menenangkan anak tanpa gadget. 

Seperti kita tahu penggunaan gadget untuk menenangkan atau menghibur anak tidak diperkenankan, karena berpotensi membuat mereka ketergantungan terhadap gawai tersebut. Namun memang dalam beberapa situasi orang tua tidak punya pilihan lain, selain menggunakan gadget. 

Karena menghadapi anak yang sedang mengeluarkan tantrum atau kemarahan tentu bukan hal yang mudah, Hypeabis.id punya beberapa tips untuk menenangkan anak tanpa menggunakan gadget. Simak yuk!

1. Tenangkan anak
 

Ilustrasi menenangkan anak. (Dok. Kristina Paukshtite dari Unsplash)

Ilustrasi menenangkan anak. (Dok. Kristina Paukshtite dari Pexels)

Semakin agresif respon Genhype terhadap si kecil, maka ada kecenderungan akan lebih banyak kemarahan yang dia luapkan sehingga akan memicu konflik yang lebih parah. Justru saat mereka marahlah, Genhype harus berhenti bersikap agresif dan cobalah untuk tetap tenang.

2. Bermain bersama
 

Ilustrasi bermain bersama anak. (Dok. Andrea Piacquadio dari Unsplash)

Ilustrasi bermain bersama anak. (Dok. Andrea Piacquadio dari Pexels)

Memberikan gawai kepada anak untuk bermain gim atau permainan memang bisa saja dilakukan, tapi alangkah baiknya Genhype mengajak si kecil untuk bermain sebuah permainan bersama-sama. Anak-anak cenderung tidak akan menolak permainan apalagi ketika tawaran tersebut datang dari Genhype.

3. Berikan berbagai opsi
 

Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. Shalev Cohen dari Unsplash)

Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. Shalev Cohen dari Unsplash)

Ketika anak-anak mengalami kemarahan, Genhype perlu untuk melakukan pendekatan personal dengan mengajaknya berbicara empat mata dan mendengarkan penjelasan mengapa si kecil menangis atau marah. Lalu, berikan beberapa opsi yang bisa mereka terima saat itu.

4. Beri pelukan
 

Ilustrasi pelukan. (Dok. Jordan Whitt dari Unsplash)

Ilustrasi pelukan. (Dok. Jordan Whitt dari Unsplash)

Pelukan dan bentuk afeksi fisik bisa mengurangi tingkat stres emosional yang dialami anak sekaligus bisa menjadi penenang agar anak tidak marah.

5. Nyanyikan lagu
 

Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. nappy dari Pexels)

Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. nappy dari Pexels)

Lagu merupakan salah satu medium yang bisa menenangkan seseorang, termasuk anak-anak. Coba Genhype nyanyikan lagu atau putar rekaman lagu kesukaan si kecil ketika mereka mulai mengeluarkan kemarahan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Survei Menunjukkan, Baby Boomers Khawatir Dengan Perkembangan Teknologi Terkini

BERIKUTNYA

8 Rekomendasi Tas Berdesain Timeless, Anti Ketinggalan Zaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: