Poster film Barbie dan Oppenheimer (Sumber gambar: themoviedb.org)

Barbie & Oppenheimer Raup Pendapatan Lebih Tinggi dari Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One

25 July 2023   |   07:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Barbie dan Oppenheimer yang akhirnya dirilis di pasar domestik Amerika Utara berhasil menempati posisi puncak pada akhir pekan lalu, 21 sampai 23 Juli 2023. Keduanya membuat Mission: Imposible Dead Reckoning Part One terlempar ke posisi empat setelah akhir pekan sebelumnya menjadi yang teratas.

Data Box Office Mojo mencatat bahwa film Barbie menempati posisi pertama dengan perkiraan penghasilan kotor US$162 juta. Sementara itu, Oppenheimer mampu mencatatkan pendapatan hingga US$82,5 juta. Angka ini lebih besar ketimbang pendapatan pekan pembukaan film Mission: Impossible Dead Reckoning Part One dengan jumlah US$54,6 juta. 

Adapun pada akhir pekan lalu (atau pekan kedua penayangannya), film yang dibintangi oleh Tom Cruise itu berada di posisi keempat dengan pendapatan kotor sebesar US$19,14 juta,  tepat berada di bawah film Sound of Freedom yang berhasil meraih US$19,8 juta. 

Baca juga: Mengenal Istilah Barbenheimer yang Viral, Ketika Film Barbie & Oppenheimer Rilis Berbarengan

Kinerja Barbie dan Oppenheimer yang menggeser Mission: Imposible Dead Reckoning Part One sudah diperkirakan sejak awal. Bukan tanpa sebab, kedua film itu memiliki gema yang cukup kencang sebelum perilisannya pada 21 Juli 2023.

Banyak orang tidak sabar untuk menyaksikan keduanya di bioskop-bioskop kesayangan. Ketidaksabaran banyak orang itu dapat terlihat dari komentar yang tertuang dalam trailer yang diunggah di laman YouTube masing-masing. Begitu juga dengan jumlah penonton video cuplikan tersebut. 
 
 

Para kritikus di laman situs Rotten Tomatoes juga memberikan sertifikat Fresh terhadap dua film itu dengan nilai Barbie 90 persen dan Oppenheimer 94 persen. Kritikus Jorge Ivan Morales dari Cinemania menilai bahwa Oppenheimer adalah jenis film tidak punya saingan dalam skala ini, yakni serius, dewasa, dan punya pesan yang kuat. 

Sementara itu Stephen Silver menuliskan bahwa film besutan Christopher Nolan itu punya 90 persen adegan yang terdiri dari pria berjas saling berbicara satu sama lain. Kendati begitu, sang sutradara mampu membuatnya tetap tampil memukau untuk para penonton. 

Adapun untuk Barbie, kritikus Ben Wasserman menyatakan bahwa film itu menghadirkan penampilan yang manis, satir, dan menyenangkan dari para pemeran utamanya sebagai boneka kesayangan Mattel. Kritikus Sara Klemens menyatakan sutradara film Greta Gerwig mampu mengeksplorasi keunikan wanita dengan cermat dan indah. 

Kritikus Rain Jokinen merasa senang dengan dengan fenomena Barbenheimer karena menjadi bukti bahwa ada ruang untuk manifesto feminis merah jambu di samping kisah anti-perang yang serius dan mematikan di bioskop. Banyak orang memang akan melihat keduanya.

Informasi singkat, film Barbie adalah sebuah karya yang bercerita tentang kehidupan para barbie yang tinggal di Barbie Land. Bagi mereka, kehidupan itu merupakan sesuatu yang sempurna. Namun, tidak bagi mereka yang memiliki krisis eksistensial penuh atau seorang Ken.

Sementara itu Oppenheimer bercerita tentang fisikawan bernamawa Julius Robert Oppenheimer yang terlibat dalam proyek Manhattan dan berhasil membuat bom atom dengan mengundang banyak ilmuwan. 

Berikut ini adalah daftar film dengan pendapatan kotor terbesar di pasar domestik Amerika Utara pada akhir pekan lalu, 21-23 Juli 2023. 
 
Judul Film Pendapatan
Barbie US$162,0 juta
Oppenheimer US$82,5 juta
Sound of Freedom US$19,8 juta 
Mission Impossible - Dead Reckoning Part One US$19,4 juta
Indiana Jones and the Dial of Destiny US$6,7 juta 

Baca juga: Digarap Tanpa CGI, Cek 5 Fun Fact Film Oppenheimer Karya Christopher Nolan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Chicken Katsu Saus Teriyaki, Sajian yang Pas untuk Sarapan & Bekal Anak Sekolah

BERIKUTNYA

Resensi Buku Para Pengunjung Dini Hari, Kisah tentang Dunia yang Ditinggali Perempuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: