Film biopik Oppenheimer besutan Christopher Nolan siap menyapa penonton di layar bioskop pada 21 Juli 2023. (sumber gambar Twitter Total Film)

Digarap Tanpa CGI, Cek 5 Fun Fact Film Oppenheimer Karya Christopher Nolan

12 July 2023   |   15:34 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Film biopik Oppenheimer besutan Christopher Nolan bakal menyapa penonton di bioskop pada 21 Juli 2023. Berkisah tentang sosok fisikawan pencipta bom atom, Julius Robert Oppenheimer, film ini menambah deretan karya Nolan yang telah dinantikan sejak lama oleh para penggemar.

Mengambil latar Perang Dunia II, Oppenheimer disebut akan menjadi film terpanjang garapan Nolan setelah Interstellar. Karya terbaru sineas papan atas Hollywood itu akan berdurasi sekitar 3 jam, atau lebih panjang dari Interstellar yang hanya berdurasi 2 jam 49 menit.

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop Juli 2023, Ada Kisah Horor Tari Kematian hingga Mega Proyek Oppenheimer
 
Dikenal sebagai ateur serba bisa, Nolan juga memiliki sederet karya-karya box office seperti The Dark Knight, Inception, dan Dunkirk. Nah, sebelum menyaksikan karya terbaru biopiknya di bioskop, yuk simak 5 fakta unik terbaru film Oppenheimer dari berbagai sumber resmi dalam ulasan berikut. 
 

1. 100 Persen Tanpa CGI 

Diadaptasi dari buku berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer, film terbaru Nolan disebut sama sekali tidak menggunakan CGI. Lantas, apakah dia menggunakan bom nuklir sungguhan untuk menciptakan adegan mengenai Hiroshima dan yang lain? Tentu saja tidak.

Alih-alih menggunakan CGI, Nolan mengaku lebih banyak menggunakan practical effect dan permainan kamera agar membuat adegan dalam film seperti kejadian aslinya. Tak hanya itu, dia juga membuat beberapa sequence hitam-putih (BW) melalui kamera IMAX dengan beberapa teknologi baru yang dikembangkannya bersama tim.

“Saya pikir membuat ulang uji Trinity [kode peledakan senjata nuklir pertama di New Mexico pada Juli 1945] tanpa menggunakan grafik komputer merupakan tantangan besar yang harus dihadapi,” papar Nolan seperti dilaporkan Gamesradar.
 

2. Dibintangi Lima Pemenang Oscar 

Selain digadang bakal menyuguhkan cerita yang ciamik, Oppenheimer juga diperankan oleh bintang papan atas pemenang  Oscar yang kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi. Selain Cillian Murphy, aktor lain yang membintangi film ini tentunya bakal membuat penonton terkesima.

Para pemenang Oscar tersebut yakni Matt Damon sebagai Jenderal Leslie Groves, Gary Oldman sebagai Harry S. Truman, dan Kenneth Branagh berperan sebagai Niels Bohr' Kemudian ada juga  aktor muda Casey Affleck dan Rami Malek yang saat ini belum diketahui perannya.

Tak hanya itu, Oppenheimer juga akan menjad film pertama di mana Cillian Murphy bakal memerankan pemeran utama dalam film besutan Christopher Nolan alih-alih cameo. Pra-produksi dari film ini pun telah dimulai sejak 2022  yang selama proses syuting juga menggunakan bahan peledak asli untuk mengejar nilai artistik.
1
2


SEBELUMNYA

Ternyata Ini Preferensi Karier & Style Kerja Idaman Gen Z di Indonesia

BERIKUTNYA

Cara Nonton Live Streaming Tim Voli Indonesia vs Kazakhstan di AVC Challenge Cup 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: