Huawei Mate 50 Pro adalah salah satu produk dalam seri Mate (Sumber gambar: tangkapan layar laman Huawei)

Cek Bocoran Huawei Mate 60 Anyar, Adopsi Fitur Mirip Dream Island iPhone?

24 July 2023   |   13:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan industri gawai pintar kian ketat. Terbaru, produsen perangkat elektronik asal China, Huawei bersiap mengeluarkan edisi Mate 60 dengan menampilkan desain Spirit Island yang kerap dikait-kaitkan dengan Dream Island yang lebih dulu dikembangkan Apple pada iPhone 14 pro.

Dikutip dari Gizmochina, salah satu bocoran Huawei Mate 60 adalah penggunaan desain Spirit Island disebut memiliki kemiripan dengan iPhone 14 pro jika dilihat secara estetika. Namun, terdapat perbedaan dalam fungsi interaktifnya.

Baca juga: Baterai yang digunakan memiliki kapasitas sebesar 4.800 mAh

Penggunaan Spirit Island sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Huawei lantaran perusahaan itu telah menggunakan desain yang sama terhadap Honor V20 yang dirilis pada 2018 silam. Huawei tidak sendirian lantaran banyak perusahaan juga menggunakan housing kamera depan berbentuk pil tersebut.

Penampilan rumah kamera depan berbentuk pil tersebut digunakan oleh banyak ponsel. Namun, tidak ada satu pun yang menggunakannya seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Gizmochine menuliskan bahwa perusahaan bisa saja mengambil teknologi yang pernah disematkan dalam ponsel Honor dan menambahkan fitur baru yang mirip dengan Apple.

Selain itu, mereka juga bisa menempatkan kamera di bawah layar. Hanya saja, teknologi itu masih dalam tahap awal dan kualitas gambarnya tidak sebaik kamera tradisional.

Selain desain Spirit Island, Huawei Mate 60 juga akan menggunakan mesin Snapdragon 8 Generasi 2. Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa satu model akan disematkan oleh perusahaan chip yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan.

Langkah itu merupakan solusi atas kesulitan yang dialami oleh perusahaan guna mendapatkan lisensi yang dibutuhkan untuk mengggunakan chip Qualcomm. Manajemen Huawei mengalami kesulitan setelah mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat.

Huawei saat ini belum merilis informasi apapun terkait dengan gawai tersebut. Namun, bocoran-bocoran yang beredar menunjukkan bahwa sedang ada pengembangan terkait produk Mate 60 tersebut.

Dikutip dari laman Huawei, saat ini, perusahaan memiliki sejumlah produk dalam Mate Series. Salah satunya adalah Mate X3 yang dapat dilipat. Gawai ini mendapatkan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 4G Mobile Platform dengan octa-core.

Kemudian, disematkan pula GPU Adreno dengan mesin Qualcomm AI generasi 7. Sistem operasi yang disematkan oleh perusahaan ke dalam gawai ini adalah EMUI 13.1. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas sebesar 4.800 mAh.

Selain itu, gawai ini juga menggunakan kameran Ultra Vision 50 megapiksel dengan bukaan F1.8. Kemudian, kamera sudut ultra lebar 13 megapiksel bukaan F2.2, dan kamera telefoto periskop 12 megapiksel bukaan F3.4 OIS pada kamera belakang.

Ada juga seri Mate 50 Pro. Gawai ini juga memiliki Snapdragon 8+ Gen 1 4G Mobile Platform dengan Octa-core yang dipasangkan dengan  sistem EMUI 13.

Baca juga: Huawei FreeBuds 5 Dirilis di Indonesia, Begini Kualitas Suaranya

Mate 50 Pro ini menggunakan kamera Apertur Ultra 50 MP (Apertur F1.4~F4.0, OIS). Kemudian, kamera sudut ultra lebar 13 MP (bukaan F2.2), dan kamera telefoto 64 MP (bukaan F3.5, OIS) pada kamera belakangnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dibintangi Bryan Domani & Mawar De Jongh, Film Galaksi Angkat Kisah Romansa Anak Geng Sekolah

BERIKUTNYA

Hypereport: Orat-Oret Ide & Imajinasi Jadi Karya yang Digandrungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: