Creme Brulee (Sumber Foto: thespruceeats)

Resep Creme Brulee, Dessert Karamel Gosong yang Populer di Eropa Sejak Abad ke-15

21 July 2023   |   14:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Creme brulee adalah hidangan makanan penutup klasik khas Prancis. Dalam bahasa Prancis, creme brulee bermakna krim gosong. Lantaran bagian atasnya yang diberi karamel ,lalu digosongkan sampai keras menggunakan torch.

Karamelnya yang keras dipecahkan dengan sendok sampai retak, selanjutnya kamu bisa mengambil custard dingin dibawahnya pakai sendok. Creme Brulee sendiri dijuluki sebagai dessert paling tua di benua Eropa.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

Menurut tastingtable.com, sejarah menu ini bermula sejak abad ke-15. Kala itu, seorang mahasiswa dari Trinity College menawarkan resep dessert pada staf dapur di kampusnya. Resep tersebut berupa puding tanpa pemanis. Teksturnya lembut dengan taburan gula yang dilelehkan hingga permukannya gosong. Adapun rasanya sedikit pahit. 

Saat itu, creme brulee populer sebagai hidangan penutup di Trinity College. Orang-orang mengenalnya dengan nama cream catalana atau trinity cream. 

Hidangan serupa juga ditemukan di Prancis pada 1691, resep creme brulee tertulis di sebuah buku masak. Dijelaskan bahwa kudapan ini terbuat dari puding susu dan diberi gula karamel yang sebelumnya sudah dicetak. Sementara creme brulee yang sekarang, gulanya dibakar langsung di atas puding

Bukan cuma Prancis, Spanyol juga punya menu crema catalana yang mirip dengan creme brulee ,yang terkenal sejak abad ke-5 sampai ke-15. Kudapan ini sama-sama terbuat dari puding susu dengan gula karamel gosong. Cara membuat puding susu dengan gula gosong sudah banyak dipraktikkan di negara-negara Eropa, sehingga tidak mudah menemukan pelopor Creme Brulee.

Cara membuat creme brulee cukup mudah. Bahan dasarnya hanya whipping cream, kuning telur, gula dan ekstrak vanila. Kuning telur punya peran penting supaya tekstur creme brulee lembut, dan sedikit padat. Memasaknya menggunakan teknik Au Bain Marie atau hot water bath.

Au Bain Marie adalah teknik memanggang di mana loyang adonan diletakkan ke dalam loyang yang ukurannya lebih besar. Dalam loyang paling besar tersebut diisi air panas dan dimasukkan ke dalam oven. Nah Genhype, yuk simak cara membuat Creme Brulee.
 

Bahan-bahan

  • Whipping cream cair - 300 ml
  • Kuning telur - 3 butir
  • Ekstrak vanilla - 1 sdt
  • Gula pasir - 35 gram
  • Gula pasir, untuk ditorch - secukupnya


Cara Membuat

  1. Campur kuning telur dan gula pasir, kemudian aduk menggunakan whisker sampai gula larut. Sisihkan.
  2. Panaskan whipping cream cukup sampai hangat sampai timbul gelembung di tepian panci, matikan api. Kemudian tambahkan ekstrak vanilla, aduk rata.
  3. Masukkan whipping cream cair hangat ke dalam adonan kuning telur secara bertahap sambil diaduk.
  4. Saring adonan, tuang ke dalam ramekin atau pinggan tahan panas.
  5. Panggang suhu 160°C dengan teknik Au Bain Marie Selama 50 menit.
  6. Setelah matang dinginkan dan simpan di kulkas minimal 3 jam.
  7. Keluarkan dari kulkas, taburi dengan gula pasir, kemudian torch permukaannya sampai gula mencair dan kecoklatan. Baru disajikan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa Smartphone Android

BERIKUTNYA

Resmi Gabung Dengan Manchester United, Ini Profil Kiper Andre Onana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: