Kuliner Khas Prancis (SUmber Foto: Prefinite Communication)

Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

22 May 2023   |   15:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bicara tentang kuliner Prancis tak pernah ada habisnya. Negara yang terkenal dengan menara Eiffel tersebut punya segudang cita rasa yang tersaji dengan cantik dan otentik dalam setiap hidangannya. Genhype dapat mencoba pengalaman bersantap kuliner asal Prancis di restoran Le Quartier.

Le Quartier adalah sebuah restoran Eropa berkualitas tinggi yang lahir dari Prancis dengan pengaruh Italia, Belanda, Belgia, dan Spanyol yang kuat. Pertama kali restoran ini membuka pintunya pada Juli 2013 untuk pelanggan yang mencari pengalaman ‘joie de vivre’ atau perasaan kebahagiaan dan kenikmatan saat menyantap hidangan ala Prancis tersebut.

Baca juga: Resep Mille Crepes, Kue Lapis Cita Rasa Manis Khas Prancis
 
Dalam waktu singkat, Le Quartier telah berhasil menempatkan posisinya sebagai restoran mewah dan elegan di kawasan Senopati, Jakarta. Atmosfer restorannya sangat berkarakter, otentik, dan bersahaja layaknya brasserie yang ada di Paris, London, dan New York. 

Di samping budaya kuliner Prancis, kamu juga bisa sekaligus merasakan pengalaman makan ala Italia, Belgia, dan Spanyol yang tersaji di setiap lembar menunya. Hidangan unggulan mereka mulai dari appetizer ada Orange Ricotta Salad yang merupakan perpaduan buah jeruk, buah bit (beetroot), pistachio, black olive, fresh herbs, dan cuka balsamic khas Italia.
 

Dessert (Sumber Foto: Prefinite Communication)

Dessert Crepe Suzette (Sumber Foto: Prefinite Communication)


Ada juga makanan pembuka kedua yakni, Escargots Le Quartier atau siput yang dipanggang dengan garlic butter, jamur dan bayam. Selanjutnya masuk ke main course atau hidangan utama, restoran ini menyajikan Steak “Au Poivre Flambe" dari daging striploin dengan saus blackpepper cream, serta tambahan kentang.

Pilihan menu lainnya ada juga Salmon Steak, grille yang dipadukan dengan risotto, serta menu Confit De Canard yakni paha bebek yang disajikan bersama kentang, bayam, jamur, dengan saus honey mustard.

Pengalaman bersantap ini pun kemudian ditutup dengan dessert atau hidangan penutup yang manis dan legit. Di antaranya ada Crepe Suzette yakni crepes dengan tambahan saus jeruk dan karamel serta es krim vanila. Kamu akan menyaksikan cara penyajiannya yang unik, saat waiter menuangkan sausnya akan muncul api cantik pada hidangan tersebut.

Dessert selanjutnya yakni Speculoos Souffle yang lembut dan meleleh di mulut, rasa rempah kayu manisnya begitu kuat ditambah salted caramel sauce yang manis dan gurih. Terakhir ada Fondant Au Chocolat, semacam lava cake dengan isian coklat panas meleleh yang disajikan bersama es krim vanila. 

Selain menu unggulan tersebut, Le Quartier juga punya banyak hidangan ala Eropa yang cocok untuk sarapan, sarapan siang (brunch), makan siang, dan santap malam. Di antaranya ada Pate en Croute, Onion Soup au Gratin, Asparagus Flamande, Crab Cakes, Foie Gras Cassis, Boudin Noir, Woodfired Ham Truffle Pizza, Whole Roasted Sea Bass, dan Chargrilled Entrecote Double.

Menu-menu mingguannya pun tak kalah menarik. Menu temporer ini menawarkan sajian-sajian unik dan terbaik, mulai dari fresh oyster, caviar, scallops in the shell, lobster Maine hidup, Cecina El Capricho de Leon, Pata Negra Jamon Iberico, ikan halibut Alaska, dry aged Wagyu #9+, dan masih banyak lagi.
 

Desain Restoran Le Quartier (Sumber Foto: Prefinite Communication)

Desain Restoran Le Quartier (Sumber Foto: Prefinite Communication)


Para koki di Le Quartier telah terlatih untuk bersungguh-sungguh menyiapkan bahan-bahan berkualitas terbaik, kemudian mengolahnya tanpa memakai teknik rumit yang berlebihan demi menghadirkan sajian klasik bernuansa baru yang mengedepankan kesederhanaan serta kelezatan. 

Hal ini tentunya untuk menjaga nuansa nostalgia yang dihadirkan melalui cita rasa yang tak lekang oleh waktu. Di samping itu, restoran ini juga memiliki koleksi wine lawas dan baru yang menonjolkan autentisitas serta usianya. Menu koktail dan minumannya juga dikurasi secara cermat melalui pendekatan professional.

Le Quartier sendiri cocok untuk tamu pasangan, keluarga, hingga sesi makan yang lebih personal di ruang-ruang privatnya. Tiap ruang makan menyediakan tatanan yang ideal untuk beragam acara sesuai kebutuhan, mulai dari makan malam romantis, acara temu keluarga, maupun kesempatan untuk acara privat yang mengharuskan untuk menyewa seluruh restoran. 

Restoran ini juga memiliki desain interior klasik dengan kursi dan meja kayu yang kokoh. Terdapat beberapa area makan, mulai dari area untuk umum, private room, dan smoking area. Area makan bagian tengah dindingnya putih dengan corak biru tua, ditambah sentuhan ornamen gambar bangunan klasik Eropa.

Sementara untuk private room, areanya lebih tertutup dengan lukisan klasik besar yang memenuhi ruangan serta lemari berisi wine yang ditata rapi. Restoran Le Quartier sendiri berlokasi di jalan Gunawarman No.34, Jakarta Selatan. Buka setiap hari mulai pukul 7:00 hingga 23:00.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ungkapan Rasa Kurang Percaya Diri Solois Hindia dalam Single Perkara Tubuh

BERIKUTNYA

Daftar Event Olahraga Berskala Nasional & Internasional yang Digelar di Indonesia Sepanjang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: