Ilustrasi pudding roti. (Dok. Mac Mullins dari Pexels)

Resep Pudding Roti Tawar Cokelat yang Manis & Lembut

02 December 2021   |   15:53 WIB

Genhype punya roti tawar sisa yang sudah mulai mengeras di dalam kulkas dan cokelat batangan polos? Salah satu kreasi masakan penutup yang bisa kalian coba adalah pudding roti tawar cokelat ini. Dengan kentalnya cokelat dan kelembutan roti, resep ini bisa jadi hidangan lezat yang disajikan untuk acara keluarga.

Resep pudding roti yang satu ini bisa disajikan untuk 12 orang dengan menggunakan loyang keramik atau kaca berbentuk persegi panjang. Bagi yang suka dengan tekstur roti yang lembut dengan kentalnya rasa cokelat, resep ini bisa jadi andalan kalian lho! Simak bahan-bahan dan caranya di bawah ini dari Sally's Baking Addiction!
 

Pudding roti cokelat. (Dok. Sally

Pudding roti cokelat. (Dok. Sally's Baking Addiction)

Pudding roti cokelat. (Dok. Sally

Pudding roti cokelat. (Dok. Sally's Baking Addiction)

Bahan-bahan

240 ml heavy cream atau heavy whipping cream
600 ml susu
227 gram cokelat pekat, potong kasar
4 butir telur
100 gram gula pasir
2 sdt ekstrak vanilla
1/2 sdt garam
1 buah roti tawar, potong kotak-kotak
190 gram chocolate chip atau 113 gram cokelat batangan, potong kecil-kecil
Buah-buahan beri, saus karamel, atau krim kocok (opsional)
 

Cara membuat

1. Panaskan krim dan susu dalam panci di atas api sedang hingga mendidih atau terlihat busa-busa kecil di pinggir panci. Setelah itu, tuangkan ke atas cokelat yang sudah dicincang dan diletakkan di dalam mangkuk tahan panas dan biarkan selama 2-3 menit agar cokelat mulai meleleh.

Lalu, aduk cokelat yang sudah meleleh hingga merata dan sisihkan hingga hangat agar tidak membuat telur termasak akibat panas susu.

2. Campurkan telur, gula, ekstrak vanila, dan garam di dalam mangkuk besar tahan panas. Tuangkan larutan krim cokelat lalu aduk rata hingga lembut dan tidak ada gumpalan. 

3. Setelah itu, pisahkan custard cokelat menjadi dua dan masukkan potongan roti serta chocolate chip ke dalam salah satu mangkuk dan aduk rata.

4. Lapisi loyang persegi panjang ukuran 9 x 13 inci dengan mentega. Masukkan campuran roti ke dalam loyang dan tambahkan larutan custard di atasnya, lalu berikan tambahan chocolate chip. 

5. Tutup loyang dengan kertas aluminium dan biarkan di suhu ruangan selama 30 menit agar roti bisa menyerap lebih banyak custard. Opsi lainnya adalah memasukkannya ke dalam kulkas selama satu hari sebelum dipanggang.

6. Panaskan oven dengan suhu 177 derajat Celsius atau 350 derajat Fahrenheit. Panggang roti selama 45-50 menit hingga pinggirannya matang dan gunakan tusuk gigi untuk melihat tingkat kematangan. Pudding roti yang matang seharusnya tidak terlalu basah meski ada bagian yang lembap.

Pemanggangan bisa ditambahkan jika ingin membuat bagian atas pudding lebih renyah dengan cara membuka lapisan aluminum setelah pemanggangan selama 20-25 menit.

7. Potong pudding dan sajikan selagi hangat dengan berbagai topping opsional seperti krim kocok dan buah-buahan beri.

8. Simpan makanan yang tidak dihabiskan selama 4-5 hari di dalam kulkas atau 3 bulan di dalam freezer. Konsumsi bisa dilakukan di suhu dingin, suhu ruang, atau suhu hangat sesaat setelah penyajian atau pemanasan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Simak Tips Aman Menggunakan Ban Cadangan dengan Ukuran Berbeda di Mobil

BERIKUTNYA

BTS Dominasi Daftar Musisi, Lagu & Album Terpopuler di Spotify Wrapped K-pop 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: