Horizon World (Facebook)

Kembangkan Ekosistem VR Horizon, Facebook Investasi US$10 Juta

08 October 2021   |   14:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Facebook dalam beberapa waktu terakhir tengah gencar mengembangkan platform virtual reality (VR) miliknya yang sekarang dinamai Horizon World. Perusahaan di bawah kepemimpinan Mark Zuckerberg itu menyiapkan dana jutaan dolar untuk proyek tersebut.

Horizon World—awalnya bernama Horizon—merupakan sebuah ruang realitas virtual dengan sistem pembuatan gim terintegrasi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Facebook untuk layanan Microsoft Window dan Oculus Quest.

Kendati platform tersebut masih dalam versi beta, perusahaan terus mendorong pengembangannya untuk menawarkan lebih banyak pengalaman dan menarik minat pengguna. Salah satunya dengan menyiapkan investasi senilai US$10 juta.

"Kami mengumumkan Dana Kreator (Creator Fund) sebesar US$10 juta untuk mendorong lebih banyak orang ikut serta membangun bersama, seiring kami terus meluncurkan Horizon dalam versi beta," tulis Facebook di laman resminya.

Dana tersebut akan didistribusikan dalam tiga saluran utama. Pertama, serangkaian kompetisi untuk membangun dunia virtual terbaik di Horizon. Facebook menyiapkan hadiah tunai hingga US$10.000 untuk para pemenang.

Kedua, program akselerator yang dirancang untuk memberikan kursus tingkat lanjut kepada para kreator dari berbagai latar belakang dalam pembuatan konten di Horizon World.

Ketiga, pendanaan untuk pengembang yang tertarik membuat dan menghadirkan pengalaman di platform dengan tema tertentu. Nantinya pengembang bisa melakukan pendaftaran dan pengajuan konsep.

Creator Fund merupakan upaya agresif Facebook untuk mengembangkan dunia virtual mereka. Raksasa media sosial itu telah banyak berinvestasi pada perangkat dan ekosistem Oculus VR.

Sebelumnya, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa pihaknya ingin orang-orang pada akhirnya melihat Facebook sebagai perusahaan metaverse. Salah satu upaya yang dilakukan belakangan adalah menghadirkan Horizon Workrooms Facebook sebagai ruang rapat VR.
 


Editor:  Avicenna

SEBELUMNYA

Tanda-Tanda Genhype Mengalami Toxic Productivity

BERIKUTNYA

Jelang Tanggal Kembar, Berikut Tips Manfaatkan Promo Belanja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: