Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese saat berlangsungnya Mulia-in-Fashion 2023 di Jakarta, Selasa (18/7/2023).. (Sumber gambar: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Profil Sebastian Gunawan, Desainer Gaun Glamor dan Segudang Karyanya

19 July 2023   |   14:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Dalam dunia mode Indonesia, nama Sebastian Gunawan terbilang tidak asing lagi berkat rancangannya yang fenomenal. Sebastian paling dikenal untuk rancangan gaun malam dengan sentuhan glamor, mewah, dan elegan hingga jadi favorit sejumlah bintang dunia.

Sepanjang hidupnya, Sebastian mengabdikan kariernya dalam dunia mode. Di masa mudanya, dia menempuh pendidikan desain di Susan Budiarjo Fashion School. Kemudian dia terbang ke Los Angeles untuk mendalami dunia mode. Tak sampai di situ, Sebastian kembali mengejar pendidikannya di negeri lain. Kali ini, pria kelahiran 2 Juli 1967 itu datang ke salah satu kota mode terbesar di dunia yaitu Milan, Italia.

Baca juga: Gemerlap Gaun Mozaik dalam Koleksi Metaphore Sebastian Gunawan dan Christina Panarese

Sebastian melanjutkan sisanya pendidikan tingginya di Instituto Artistico Dell Abbigliamento Maragoni. Pria yang akrab disapa Seba ini berbalik ke Indonesia setelah menyelesaikan studi modenya di Italia. Dalam kehidupan pribadinya, Sebastian bertemu dan menikah dengan Cristina Panarese yang juga merupakan perancang busana. Cristina juga ikut dalam perjalanan studi Sebastian Gunawan di Amerika Serikat dan Italia.

Bersama sang istri, Sebastian mendirikan bisnis mode pada 1993 di Jakarta. Mereka pertama kali meluncurkan Sebastian Gunawan Signature yang dibuat sesuai dengan konsep fashion signature Sebastian. Busana besutan Sebastian mempunyai gambaran citra anggun dan canggih, di samping glamor dan mewah.

Konsep canggih ini tersemat karena keterampilan khusus Sebastian membuat desain busana yang rumit, detail, tetapi terlihat sangat halus dan menyatu. Sebastian terkenal dengan pola penyatuan sulaman, kristal, manik-manik, dan pertama dalam busananya. Desainnya dilakukan secara mendetail mulai dari pemotongan, penjahitan, border, hingga pembuatan manik-manik.

Hampir 30 tahun menggeluti dunia mode, Sebastian menerjang berbagai segmentasi pasar mode, mulai dari busana chic dari label Sebastians’s, busana anak bernama Bubble Girl, baru kemudian menjajal merek koleksi gaun yang menargetkan kalangan menengah atas.

Bakat merancang Sebatian sejak mudah sudah membawanya menerima penghargaan kelas dunia. Misalnya, World Young Designer Award 2004 di Barcelona, Best Designer Award The Indonesian Tatler Society 2005, Best Bespoke Fashion Designer Tatler Asia 2019, hingga Order of The Star of Italy 2019. Kiprah Sebastian teah melahirkan puluhan gaun cantik yang berkilau. Beberapa karya terbaik Sebastian pernah dkenangan artis lokal dan mancanegara.
 

1. Gaun Geometris dikenakan Ariel Tatum

 

Salah satu aktris populer Indonesia, Ariel Tatum mengenakan busana berkonsep geometris dalam paduan warna hitam, ungu, dan kilau bronze. Busana ini mengusung potongan unik dengan kombinasi palet warna yang harmonis, cocok dikenakan untuk pakaian malam yang kasual dan santai. Bagian bawah lengan gaun juga dibuat asimetrikal dengan celah di antaranya. Sementara bagian bawah pola gaunnya membentuk zig zag yang mengkilap.
 

2. Jumpsuit Hitam dikenakan Cinta Laura

 

Sebastian membuktikan jika gaun tak hanya tentang warna-warna putih dan rok lebar. Kali ni, Sebastian membuat gaun jumpsuit berwarna hitam yang terkesan bold dengan paduan celana hitam yang mengkilap. Busana ini unik berkat outer lebar berkerut dengan sentuhan warna hitam dan emas.
 

3. Corseted Dress dikenakan Olivia Culpo

 

Tak hanya artis Indonesia, sang jebolan kontes kecantikan Miss Universe 2012, Olivia Culpo juga menggenakan busana besutan Sebastian Gunawan. Wanita berusia 31 tahun ini tampak berkelas mengenakan busana sheer dengan konsep dress korset dari Sebastian Gunawan Signature. Busana sheer ini menyematkan warna krem yang berkilau, tampak serasi dengan aksesoris tas clutch berwarna silver di tangannya.
 

4. Curtain Dress dikenakan Holland Roden

 

Holland Roden, aktris Amerika yang populer untuk serial Teen Wolf juga megenakan gaun berkonsep tirai dengan paduan warna yang mengkilap. Holland menggunakan konsep gaun atasan bustier dengan sematan tali warna biru, cokelat, dan hijau yang bling-bling. Busana yang mencolok ini terlihat elegan dengan clutch kecil berwarna hitam dan heels hitam polos.


5. Faires Ball dikenakan Rhea Seehorn

 

Rhea Seehorn, aktris dan sutradara di balik karya Better Call Saul dan Talking Saul menggunakan koleksi The Faires Ball karya Sebastian Gunawan saat memenangkan aktris pendukung terbaik 2022 yang diselenggarakan Hollywood Critics Association. Rhea tampil dengan potongan dress simple, tetapi tetap ramai manik-manik yang tersusun detail melalui paduan gradasi warna hijau, ungu, putih, merah, dan oranye. Bagian bawah dress ini juga dibuat terpotong seperti tirai, menambah kesan elegan dan classy.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadi Sistem Penanggalan Paling Populer, Intip Sejarah Kalender Hijriah & Masehi

BERIKUTNYA

Resep Kue Apem Gula Merah, Camilan Khas Tahun Baru Islam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: