Ilustrasi masjid (Sumber gambar: Unsplash/Nouman Younas)

Mudah, Begini Cara Membuat Twibbon Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

18 July 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Umat muslim di dalam negeri akan merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah pada 19 Juli 2023. Pada saatnya nanti, ada banyak cara yang kerap dilakukan guna meramaikan. Salah satunya adalah dengan dengan menggunakan twibbon sebagai foto profil aplikasi pesan seperti whatsapp atau media sosial lainnya.

Twibbon merupakan media yang dapat digunakan oleh Genhype untuk melakukan promosi, dukungan, atau sebagainya. Wujud dari twibbon ini biasanya seperti bingkai foto dengan tulisan atau gambar sebuah event, termasuk Tahun Baru Islam.

Baca juga: Resep Bubur Suro, Hidangan Tradisi Khas Jawa saat Tahun Baru Islam

Dengan menggunakan twibbon, foto profil yang terpasang di akun berbagai pesan seperti whatsapp, telegram, dan sebagainya atau media sosial, seperti Twitter, Instagram, Threads, dan sebagainya juga menjadi lebih meriah.

Untuk menggunakannya, Genhype juga tidak perlu bersusah payah lantaran cukup mudah. Tidak hanya itu, Genhype juga tidak perlu repot-repot membuat bingkai sendiri karena sudah banyak tersedia dan bertebaran di dunia maya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menggunakannya adalah menyiapkan foto yang hendak dipasang. Setelah itu, cari laman website yang menyediakan bingkai twibbon untuk diaplikasikan dengan foto yang telah dipilih.

Contoh laman yang menyediakan bingkai tersebut adalah twibbon.com dan twibbonize.com. Genhype bisa masuk ke website tersebut dengan mengetikkanya di bar mesin pencari google. Setelah muncul tampak muka, langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan kampanye yang dicari.

Jika hendak mencari twibbon untuk Tahun Baru Islam 1445 hijriah, kalian bisa mengetik “Tahun Baru Islam 1445 Hijriah” di kolom pencarian. Dengan begitu, maka Genhype bisa dihadapkan kepada pilihan twibbon yang ingin digunakan.

Setelah itu, pilih salah satu yang sesuai keinginan dengan cara mengeklik. Genhype akan diarahkan ke laman selanjutnya yang menyediakan tombol untuk memilih foto yang akan diaplikasikan. Kemudian, klik tombol tersebut dan pilih foto.

Langkah berikutnya adalah dengan mengeklik tombol Selanjutnya. Genhype perlu menunggu proses beberapa saat sebelum mengunduhnya. Setelah diunduh, foto yang sudah memiliki bingkai dapat digunakan sebagai foto profil.

Selain memasang twibbon, kegiatan lainnya yang dapat digunakan untuk meramaikan Tahun Baru Islam adalah dengan berbagai lomba, seperti adzan, hafalan ayat al-quran, doa-doa harian, membuat kaligrafi, dan sebagainya.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan Tahun Baru Islam sebagai salah satu hari libur nasional melalui SKB No. 1006/2022, No. 3/2002, dan No. 3/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.

Libur nasional Tahun Baru Islam pada 19 Juli 2023 merupakan satu-satunya libur pada bulan ketujuh ini. secara keseluruhan, pemerintah menetapkan jumlah hari libur nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama mencapai 8 hari sepanjang tahun ini.

Baca juga: Malam Suro sampai Ritual Tabuik, Ini 5 Tradisi Tahun Baru Islam di Tanah Air

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Bubur Suro, Hidangan Tradisi Khas Jawa saat Tahun Baru Islam

BERIKUTNYA

Terpukau Sekaligus Getir Menikmati Karya-Karya Lukis Van Gogh di Ruang Multisensori

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: