Tonya Harding di Olimpiade Lillehammer 1994 (Dok. YouTube)

10 Momen Fesyen Ikonik Sepanjang Sejarah Olimpiade

27 July 2021   |   08:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

6. Desain Unik Seragam Tim Renang Indah Brasil.
 
Tim renang indah Brasil pada Olimpiade 2012. (Dok. Insider, Fabrice Coffrini / Getty)


.
Kostum Lara Teixeira dan Nayara Figueira adalah pilihan berani. Pakaian tim renang indah Brasil di Olimpiade 2012 menggambarkan anatomi manusia.

Bagian depan pakaian renang menunjukkan arteri dan jantung manusia, sedangkan bagian belakang menggambarkan tulang rusuk. Plus, topi renang dicetak dengan gambaran otak manusia.

7. Seragam Tim Olimpiade Prancis
 
Tim Nasional Prancis hadir dengan seragam yang menggambarkan statusnya sebagai pusat mode. (Dok. Buzzfeed, Keystone-France, Gamma-Keystone / Getty Images)
.
Bukan, mereka bukan siswa dari Akademi Sihir Beauxbatons. Foto ini juga bukan cuplikan adegan dari film Harry Potter dan Piala Api — mereka adalah delegasi Prancis yang mengenakan topi dan jubah biru pada parade Olimpiade Montreal pada 1976.

8. Setelan Emas Eric Heiden
 
Dengan kemenangannya yang tidak diduga, Heiden menjadi 'pahlawan nasional' bagi Amerika Serikat dalam semalam. (Dok. olympics.com, Picture by Kishimoto/IOC)
.
Setelan emas speed skater Amerika itu meramalkan prestasinya yang luar biasa. Sementara banyak yang mengingat 1980 Winter Olympics untuk "Miracle on Ice," pertandingan hoki antara tim nasional Uni Soviet melawan Amerika Serikat, Heiden melakukan keajaibannya sendiri dengan memenangkan lima medali emas, sebuah pencapaian yang belum pernah direplikasi sejak itu.

9. Setelan Gemerlap Tonya Harding
 
Tonya Harding di Olimpiade Lillehammer 1994. Penampilannya sempat terhenti 30 menit akibat sepatu seluncurnya yang rusak. (Dok. YouTube)
.
Tonya Harding adalah sosok skater terkenal tidak hanya karena tekadnya di atas es tetapi juga pakaiannya yang gemerlap yang membuatnya menjadi sorotan.

Ada setidaknya tiga kostum terbaik yang pernah dikenakan Harding ketika berseluncur dengan anggun, yakni kostum yang dia kenakan di Olimpiade Musim Dingin 1992 berwarna putih dengan aksen emas, kostum Olimpiade Musim Dingin 1994 berwarna merah marun, serta kostum sequin merah di kompetisi yang sama.

10. Sepatu Emas Usain Bolt.
 
Usain Bolt pecahkan rekor dunia di Olimpiade 2008 Beijing. (Dok. Twitter Usain Bolt, olympics.com)
.
Sepatu lari emas sprinter asal Jamaika itu membawanya melintasi garis finis — sambil memecahkan rekor waktu dunia — dan menjadi berita utama saat dia menyelesaikan lomba dengan tali sepatu yang tidak terikat selama Olimpiade 2008 di Beijing,

Mencolok dengan nuansa cerah ungu dan emas, sepatu khusus yang dibuat untuk Bolt memiliki tulisan yang melambangkan kesuksesannya, di sebelah kiri terdapat tulisan FASTEST dan FOREVER di sisi kanan.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Ingin Menjadi Teman yang Baik untuk Pasangan? Coba Lakukan 7 Cara Ini

BERIKUTNYA

Dari Hobi Jadi Profesi, Ini Tips untuk Berkarier sebagai Atlet eSports Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: