Aktivitas meretas kerap dilakukan oleh sejumlah pihak untuk memperoleh data penting (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Mati Mango)

4 Film tentang Peretasan yang Seru dan Mendebarkan

17 July 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Data merupakan 'minyak bumi' terbaru pada era digital. Bukan tanpa sebab, informasi berupa tanggal lahir, nomor induk kependudukan, nama lengkap, dan sebagainya adalah hal penting yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, sehingga banyak pihak berusaha mencurinya.

Kebocoran data atau keberhasilan sejumlah pihak meretas jaringan atau komputer sebuah organisasi atau perusahaan kerap menjadi perhatian banyak pihak. Peristiwa tersebut pun menjadi sumber ide cerita bagi para sineas untuk menyajikan film yang terkait dengan aktivitas hacking.

Baca juga: Jelang Perilisan Oppenheimer, Yuk Cek Deretan Film Kece Garapan Christopher Nolan

Saat ini, ada banyak film tentang aktivitas peretasan yang telah dibuat oleh para sineas di dunia yang sangat seru untuk ditonton. Beberapa di antaranya terlihat seperti terinspirasi dari sejumlah kejadian di dunia nyata.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film tentang aktivitas peretasan yang menarik untuk ditonton versi Hypeabis.id.


1. The Net (1995)

The Net adalah film tentang peretasan yang tergolong cukup awal. Karya ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Angela Bennet yang berusaha mengambil kembali data yang dimilikinya setelah dicuri oleh orang yang tidak diketahui.

Karakter Angela dalam film ini diperankan oleh Sandra Bullock, yang berperan sebagai seorang programmer yang memegang data rahasia. Lantaran posisinya yang menjadi kunci akses terhadap data-data tersebut, dia pun menjadi incaran banyak pihak yang berkepentingan.

Dalam film ini, Sandra Bullock berhasil memenangkan penghargaan Aktris Internasional Terbaik di ajang Jupiter Award. Mendapatkan arahan dari Sutradara Irwin Wingkler ini, Sandra Bullock beradu peran dengan Jeremy Northam, Dennis Miller, dan sebagainya.


2. Swordfish (2001)

Swordfish adalah film lain yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype ketika hendak menonton cerita tentang peretasan. Karya dengan durasi 1 jam 39 menit ini bercerita tentang unit anti-teroris bernama Black Cell yang dipimpin oleh Gabriel Shear.

Gabriel membutuhkan sejumlah uang guna membiayai perang yang akan dilakukannya. Dia berencana untuk membobol bank dan menggunakan jasa seorang pria yang kerap masuk – keluar bui karena aktivitas meretasnya. Sutradara Dominic Sena melibatkan aktor dan aktris seperti John Travolta, Hugh Jackman, Halle Berry, dan sebagainya untuk membintangi film ini.


3. Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard (2007)

Film tentang aktivitas meretas yang dapat menjadi tontonan bagi Genhype berjudul Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard yang rilis pada 2007 silam. Karya dari Sutradara Lens Wiseman ini bercerita tentang aksi John McClane dan seorang peretas muda yang berusaha menjatuhkan seorang teroris dunia maya bernama Thomas Gabriel.

Film yang dibintangi oleh Bruce Willis, Justin Long, Timotius Oliphant, dan sebagainya ini berhasil memenangkan sejumlah penghargaan dan masuk dalam banyak nominasi. Salah satu di antaranya adalah menjadi nominasi di ajang Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films pada 2008 silam kategori Best Action/ Adventure/ Thriller Film.

Karya ini juga mendapatkan sertifikat Fresh dari semua kritikus dalam laman Rotten Tomatoes. Sebanyak 171 kritikus memberikan penilaian Fresh. Sementara 37 lainnya memberikan penilaian Rotten.


4. Blackhat (2015)

Film lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype tentang peretasan adalah Blackhat yang rilis pada 2015 silam. Karya ini bercerita tentang seorang hacker yang dipenjara karena aksinya membobol bank diminta tolong oleh pemerintah membongkar sebuah sindikat peretas.

Film ini diperankan oleh Chris Hemsworth, Viola Davis, Tang Wei, Leehom Wang, Holt McCallany, dan sebagainya. Penulis naskahnya adalah Morgan Davis Foehl. Sementara itu, Sutradara Michael Mann adalah orang di balik film ini.

Baca juga: Review Film Korea Cart, PHK Massal yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Sang sutradara adalah orang yang pernah masuk dalam nominasi sebagai Best Director di ajang Academy Awards atau Piala Oscar melalui film The Insider yang rilis pada 2000.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Daftar Rekor Blackpink Hingga Meraih Subscriber Terbesar di YouTube

BERIKUTNYA

5 Negara yang Memengaruhi Desain Interior Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: