Blackpink (Sumber Foto: Billboard)

Cek Daftar Rekor Blackpink Hingga Meraih Subscriber Terbesar di YouTube

17 July 2023   |   17:46 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kalian pasti tak asing lagi dengan sejumlah single hit Blackpink seperti Playing with Fire, How You Like That, dan yang terbaru Shut Down. Selain di Korea Selatan, bukan sekali dua kali album mereka bertengger di tangga lagu berbagai negara di dunia. 

Girl grup K-Pop yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa tersebut terus menorehkan prestasi di industri musik internasional sejak debutnya pada 2016. Saat ini, Blackpik sendiri sedang disibukkan oleh tur dunia mereka yang bertajuk Born Pink World Tour.

Baca juga: FIFTY FIFTY Lampaui BLACKPINK, Catat Rekor Pendengar Bulanan Terbanyak di Spotify

Terbaru, BLACKPINK menjadi artis pertama yang meraih 90 juta subscriber dalam sejarah YouTube. Berikut sejumlah prestasi Blackpink yang membuat mereka dijuluki sebagai record-breaking group di industri musik.


1. 2016: Masuk ke Hot 100 Tangga Lagu Kanada

Sesaat setelah perilisannya, Playing With Fire menduduki posisi ke 92 di chart Canadian Hot 100 pada 26 November 2016. Prestasi tersebut menjadikan Blackpink sebagai girl grup K-Pop pertama yang masuk ke Hot 100 tangga lagu Kanada.


2. 2018: Memecahkan 3 Rekor Billboard Sekaligus

Pada 30 Juni 2018, Blackpink memecahkan tiga rekor Billboard sekaligus. Pertama dalam kategori Hot 100 dengan lagu 'Ddu-Du Ddu-Du' yang memulai debutnya di peringkat 55, menjadikannya hit charting tertinggi yang pernah ada oleh girl grup K-pop.

Selanjutnya kategori Billboard 200, album Square Up memulai debutnya di peringkat ke 40, dan kategori artis pendatang baru sebagai girl group K-pop pertama yang menduduki posisi 1 di tangga lagu Billboard.

Pada 5 Juli 2018 Blackpink juga mencatatkan prestasi dengan video musik yang paling banyak dilihat di YouTube. Ddu-Du Ddu-Du meraih 36,2 juta penayangan dalam 24 jam pertama. Selain itu Blackpink juga menjadi girl grup K-pop pertama yang mendapatkan 100 juta penayangan dengan cepat, bahkan hanya dalam 10 hari.


3. 2019: Artis K-Pop Wanita Pertama di Sampul Billboard

Blackpink menjadi girl goup K-pop wanita pertama yang muncul di sampul majalah Billboard edisi 2 Mei 2019. Majalah ini menampilkan lima sampul berbeda. Ada foto bersama sebagai grup dan foto masing-masing anggota, mulai dari Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé. 

Prestasi lainnya yang diraih yakni pada 12 April 2019 Blackpink menjadi Girl Group K-Pop Pertama yang Tampil di Coachella sebagai pembuka acara festival musik tersebut. Pada 15 Agustus 2019 Blackpink juga menjadi girl group K-Pop pertama yang diakui oleh RIAA (Asosiasi Industri Rekaman Amerika) untuk lagu Ddu-Du Ddu-Du.


4. 2020: Grup K-Pop Wanita yang Memenangkan VMA

Pada 30 Juni 2020 Blackpink mencatatkan 3 Guinness World Records untuk video klip single mereka 'How You Like That' yang memecahkan 3 rekor Guiness, di antaranya video YouTube paling banyak dilihat Guinness dalam 24 jam, video musik paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam, dan video musik YouTube paling banyak dilihat dalam 24 Jam oleh K- grup pop. Ketiga rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh BTS.

Tak berhenti disana, pada 30 Agustus 2020 Blackpink menjadi grup K-Pop wanita pertama yang memenangkan MTV Video Music Award (VMA) untuk lagu How You Like That untuk kategori 'Song Of Summer' atau lagu musim panas terbaik.


5. 2022: Girl Group K-Pop yang Memuncaki Billboard 200

Ketika Blackpink merilis Pink Venom, lagu ini langsung mendapatkan 90,4 juta penayangan dalam 23 jam. Single utama dari album Born Pink tersebut memulai debutnya di No. 1 di tangga lagu Billboard's Hot Trending Songs pada 27 Agustus 2022. 

Baca juga: Satu Dekade BTS: Debut Dengan Agensi Kecil Hingga Pecahkan Rekor K-Pop Dunia

Blackpink juga memulai debutnya dengan memuncaki peringkat Billboard 200 dengan album Born Pink yang berisi 8 lagu. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Pink Venom, Shut Down, dan Tally.


6. 2023: Artis Asia Pertama untuk Headline Coachella

Empat tahun setelah Blackpink pertamakali tampil di Coachella sebagai pembuka, ahirnya mereka manjadi headline di acara festival musik besar tersebut. Jennie dan yang lainnya tampil dua hari pada15 dan 22 April. Prestasi tersebut menjadikan mereka sebagai artis Asia pertama yang melakukannya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gamers Catat, Ini Kriteria & Fitur Unggulan Smart TV yang Cocok untuk Bermain Gim Konsol

BERIKUTNYA

4 Film tentang Peretasan yang Seru dan Mendebarkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: