Ilustrasi Smart TV untuk Game Konsol (Sumber gambar: Freepik)

Gamers Catat, Ini Kriteria & Fitur Unggulan Smart TV yang Cocok untuk Bermain Gim Konsol

17 July 2023   |   18:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, televisi adalah salah satu perangkat penting dalam mendukung keseruan bermain gim konsol. Televisi yang memiliki grafis yang tinggi akan membuat gamer lebih puas bermain karena tampilannya terasa lebih nyata dan hidup.

Pengamat Games dari Zilbest Yabes Elia mengatakan bahwa pemilihan televisi sangat penting bagi pencinta gim konsol. Jika televisi yang dipilih tepat, gamer bisa merasakan pengalaman bermain gim yang lebih imersif.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game AAA untuk PC & Konsol, Elden Ring sampai Hogwarts Legacy

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih televisi yang cocok untuk gim konsol. Menurut Yabes, resolusi layarnya setidaknya sudah menyentuh 4K, sehingga mampu menampilkan grafis gim yang lebih tajam.

Televisi tersebut sebaiknya juga sudah memiliki refresh rate hingga 120Hz. Sebab, saat ini ada banyak gim kelas tinggi yang menuntut spesifikasi refresh rate 120Hz. Jika masih di bawah angka tersebut, gim tidak bisa dimainkan.

Untuk panelnya, saat ini IPS dan OLED sudah cukup ideal. Jika memiliki bujet lebih, tentunya bisa langsung memilih layar OLED. Namun, jika hanya ingin bermain kasual, bisa memilih layar IPS dengan viewing angle yang lebih luas. Selain itu, konektivitas di televisi juga harus lengkap.

“Kalau soal ukuran, sebenarnya ini adalah hal yang relatif. Hal ini bisa disesuaikan dengan bentuk ruang dan jarak antara televisi dan tempat duduk. Makin kecil ukurannya, tentu menuntut jarak yang lebih pendek, begitu sebaliknya,” jelas Yabes.

Sementara itu, Head of Product AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap televisi yang cocok untuk bermain gim makin meningkat.

Dalam Southeast Asia dan Oceania Gaming Insight Study, tujuh market Asia Tenggara, termasuk Indonesia sedang menggandrungi gim. Sebanyak 92 persen di antaranya bahkan lebih senang bermain gim di dalam rumah.

Untuk itu, Samsung menghadirkan Neo QLED 4K 55” yang sudah diperkuat dengan fitur-fitur gaming yang dapat memberikan pengalaman gaming terbaik, baik bagi casual gamer maupun hardcore gamer.

Ada beberapa fiturnya juga sudah mendukung para gim mengeksplorasi permainan mereka. Misalnya, fitur Super Ultra Wide Game View untuk memberikan lebih banyak pilihan area game, dengan pilihan rasio 16:9, 21:9, dan 32:9. Kemudian, Neo QLED 4K juga mudah disambungkan ke berbagai konsol game karena dilengkapi dengan 4 port HDMI 2.1.

Teve yang dibanderol Rp23.999.000 ini juga memiliki Game Bar yang memudahkan gamer mengakses fitur gaming penting, seperti Virtual Aim Point untuk membidik target dengan lebih baik dalam permainan First-Person Shooter (FPS).

“Ada juga Motion Xcelerator Turbo Pro yang akan membuat game kecepatan tinggi bisa dimainkan dengan grafis yang lancar tanpa efek patah-patah. Didukung oleh AMD FreeSync Premium Pro yang akan membuat frame rate TV dan GPU tersinkronisasi dengan baik,” ungkap Ubay.
 

Ilustrasi Smart TV untuk Game Konsol (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi Smart TV untuk Game Konsol (Sumber gambar: Freepik)

Sementara itu, Sony juga baru-baru ini meluncurkan televisi seri Bravia XR, yakni A80L OLED. Marketing Director Sony Indonesia Satoshi Shimada mengatakan seri televisi ini bisa menghasilkan pengalaman bermain gim konsol, terutama PlayStation secara lebih mengesankan.

Pada bagian layarnya sudah tertanam teknologi Cognitive Processor XR. Teknologi ini mampu meningkatkan pengurangan  noise dan kejernihan gerakan gambar, mengurangi keburaman, dan menciptakan momen dinamis.

Terdapat pula Acoustic Surface Audio TM dengan aktuator yang bergetar. Teknologi ini dapat menghasilkan suara tidak hanya speaker di titik tertentu, tetapi dari seluruh layar. Jadi, seluruh layar teve ini adalah speaker yang akan memberikan suara lebih imersif sekaligus menyelaraskan dengan gambar di layar dengan sempurna.

Seri Bravia XR yang dibanderol mulai Rp 15.999.000 ini juga menghadirkan game mode eksklusif. Misalnya, Auto HDR Tone Mapping dan Auto Genre Picture Mode, untuk menghadirkan kualitas gambar yang optimal saat bermain game dan streaming.

Fitur lainnya ialah Game Menu yang dapat menyesuaikan pengaturan dengan preferensi penggunanya, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan VRR atau Motion Blur Reduction dengan quick access.

Game Menu juga memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecerahan di area gelap untuk menemukan objek dan lawan dengan mudah menggunakan Black Equalizer dan dapat dengan mudah membidik lawan mereka dengan enam jenis garis bidik.

Terakhir adalah kemampuan untuk menyesuaikan ukuran layar dengan fitur Screen Size untuk memfokuskan permainan dengan layar yang lebih kecil.

Baca juga: 10 Game PC & Konsol Rilis Mei 2023 yang Harus Dicoba

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Petenis Novak Djokovic Isyaratkan Pensiun Usai Final Wimbledon 2023

BERIKUTNYA

Cek Daftar Rekor Blackpink Hingga Meraih Subscriber Terbesar di YouTube

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: