Ilustrasi (Photo by Brett Jordan on Unsplash)

Kenapa Grammar Penting dalam Berbahasa Inggris? Cek 4 Aturan Ini!

30 November 2021   |   19:15 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa grammar atau tata bahasa tidak penting lagi, terutama ketika pesan singkat dan penggunaan istilah slang lebih populer. Lagi pula, siapa sih yang punya waktu untuk khawatir tentang tata bahasa ketika penulis maupun penerima pesan dapat saling memahami?

Jika digunakan konteks percakapan lisan mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun, sikap ini bisa jadi saran yang buruk terutama untuk para penulis profesional yang menggunakan bahasa Inggris.

Dalam konteks profesional, tata bahasa yang benar adalah keterampilan penting. Memahami grammar akan membantu penulisan lamaran pekerjaan, proposal, artikel, dan buku dengan lebih menarik. 

Terlebih lagi, ini menunjukkan kepada pembaca bahwa kalian peduli dengan bahasa Inggris.

Di sisi lain, kesalahan tata bahasa dasar dapat menunjukkan kecerobohan dan kurangnya perhatian terhadap detail. Hal ini juga dapat membuat klien atau pemberi kerja mungkin tidak akan bekerja dengan kalian.

Tata bahasa, terutama dalam bahasa Inggris, memiliki banyak aturan. Beberapa di antaranya sangat penting untuk diikuti, tetapi kalian dapat mengabaikan yang lain tergantung pada konteksnya.

Melansir tata bahasa Oxford dan Become A Writer Today, berikut adalah aturan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris yang harus Genhype perhatikan jika ingin meningkatkan keterampilan menulis.
 

1. Comma

Dalam bahasa tulisan, koma adalah tanda kecil yang memiliki tugas besar. Kita sering kali mudah terkecoh ketika menempatkan koma pada suatu kalimat.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang melibatkan tanda koma:

Comma Splice: Comma Splice atau run-on sentence adalah kalimat yang menggabungkan lebih dari satu kalimat atau ide menjadi satu, tanpa koma dan konjungsi.

 

Introductory Clauses: Introductory Clauses atau klausa pengantar yang tidak diperlukan agar kalimat masuk akal harus diimbangi dengan koma. Jika mereka tidak kalimat menjadi membingungkan. Contoh: Because it was late, the family went home to put the kids to bed.

 

Names of Direct Address: Saat menuliskan sesuatu tentang orang lain, jangan lupa menyematkan tanda koma setelah kata kerja agar tidak terjadi kesalahpahaman. Contoh: Come eat, grandma.

 

Coordinate Adjectives: Coordinate adjectives adalah beberapa kata sifat yang memodifikasi kata benda dan dapat mengubah urutannya tanpa mengubah arti kalimat. Contoh: kalimat "The fast, sly fox,"  membutuhkan koma karena kedua kata sifat ini memodifikasi rubah sebagai subjek dan dapat diubah.


Sebaliknya, koma tidak diperlukan pada kalimat "The shy little boy," karena kata little harus mendahului kata boy agar masuk akal.

Jika Genhype ingin menjadi penulis dengan tata bahasa yang kuat, kalian perlu memahami bagaimana dan kapan menggunakan koma saat mempelajari struktur kalimat.
 

2. Subject-Verb Agreement

Subjek dan kata kerja dalam kalimat harus sesuai. Jika kalian menuliskan subjek jamak, maka kalimat tersebut memerlukan kata kerja jamak dan sebaliknya. Terkadang ini menjadi rumit dalam kalimat di mana subjeknya tidak ditulis tepat sebelum kata kerja, jadi ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Jangan terlalu khawatir tentang hal ini karena sekarang ada banyak perangkat lunak maupun layanan pemeriksa tata bahasa yang canggih dan dengan mudah menemukan kesalahan dan memperbaiki kalimat secara otomatis.
 

3. Pronoun and Antecedent Agreement

Anteseden adalah kata yang digantikan oleh kata ganti. Dalam kalimat, "John went to the store because he was out of milk," he adalah kata ganti yang menggantikan anteseden John.

Kata ganti dan anteseden harus sesuai dalam jumlah dan jenis kelamin. Pemilihan kata juga harus jelas tentang siapa atau apa yang diganti.

Jika Genhype menuliskan "Sarah and Anna went to the store because she was out of milk," kalimat ini tidak tepat karena tidak jelas she menggantikan siapa.

Salah satu kesalahan kata gantiyang paling umum adalah their.

Dalam kalimat  “Each girl took their bag and went to the car,” kata gantinya kurang tepat. Meskipun ada lebih dari satu gadis, each dan girl pada kalimat tersebut merupakan subjek tunggal. Jadi seharusnya ditulis "Each girl took her bag."
 

4. Homophones

Homofon adalah kata-kata yang bunyinya sama tetapi ejaannya berbeda dan maknanya berbeda. Contohnya meliputi:
  • Affect dan effect
  • Compliment dan complement
  • Their, there dan they're
Sering kali kita menggunakan kata yang keliru, terutama jika masih belajar bahasa Inggris atau sedang terburu-buru.

Sayangnya, penggunaan kata yang salah dapat membingungkan pembaca dan membuat kesalahan yang memalukan.

Namun, seperti bahasa yang lain, mempelajari bahasa asing butuh kesabaran dan ketelitian, dengan demikan kalian akan lebih mudah mengenali dan menghindari kesalahan serupa.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Tips Dekorasi Rumah Minimalis untuk Sambut Natal

BERIKUTNYA

Ini Daftar Lengkap Game & Aplikasi Pemenang Google Play Best 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: