Ilustrasi kelas bahasa Inggris. (Sumber foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

5 Kebiasaan Efektif untuk Belajar Bahasa Inggris

23 October 2023   |   18:32 WIB

Tahukah Genhype bahwa dibutuhkan 21 hari untuk membentuk kebiasaan baik? Penelitian menunjukkan, ketika kita berpegang teguh pada sesuatu selama tiga minggu, ada kemungkinan lebih besar untuk mencapai tujuan apapun yang diinginkan. Hal ini penting bagi kalian yang ingin melakukan perubahan atau sedang belajar bahasa asing. 

Mempelajari bahasa apa pun bisa menjadi sebuah tantangan dan kita harus menerima bahwa kemajuan membutuhkan waktu dan usaha. Untuk benar-benar menguasai bahasa asing, kalian perlu menjadikan bahasa baru sebagai bagian dari hidup dan kegiatan yang kaian lakukan setiap hari.

Baca juga: Mayoritas Milenial & Gen Z Lebih Nyaman Nonton Video pakai Subtitel, Padahal Bukan Bahasa Asing

Bahasa Inggris sudah sangat dekat pada kehidupan sehari-hari, bahkan banyak kata dalam bahasa Indonesia yang menggunakan kata serapan dari bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari, sehingga membuat kita lebih mudah untuk memahaminya.

Belajar bahasa Inggris harus dimulai dari dasar, jika mengetahui dan memahami dasar bahasa Inggris untuk pemula maka akan lebih mudah untuk mempelajari kalimat yang lebih kompleks. Dapat dimulai dari mempelajari grammar hingga melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris.

Kalian dapat menciptakan lingkungan untuk diri sendiri dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik agar tidak terpengaruh pada kebiasaan buruk orang lain. Tentunya, kebiasaan baik dan positif agar kalian dapat konsisten dalam belajar bahasa Inggris.

Kini, keterampilan bahasa Inggris sangat dibutuhkan baik dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja, sehingga untuk mempelajarinya butuh metode pembelajaran yang rutin agar dapat memahami bahasa Inggris, meskipun secara bertahap.

Terdapat hal-hal kecil yang dapat membantu kalian untuk belajar bahasa Inggris, dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang baik.
 

1. Menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris

Menonton film dapat membantu dapat melancarkan bahasa Inggris, karena akan melatih kemampuan pendengaran. Selain itu, kalian bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris yang akan membantu dalam memahami konteks pada konten yang ditonton. Dengan begitu, kalian dapat melatih kemampuan mendengarkan serta membaca penulisannya. Terkadang, cara penyebutan terdengar berbeda dengan penulisannya.


2. Menonton Tutorial atau kelas bahasa asing di YouTube

Banyak sekali channel Youtube yang menyajikan bagaimana cara untuk belajar bahasa Inggris untuk pemula. Sehingga, kalian dapat belajar bahasa Inggris secara bertahap dan berdasarkan tingkat kemampuan. Mulai dari tingkat pemula atau mendasar semuanya tersedia, bahkan kalian dapat memilih materi apa yang kalian sukai, agar dapat meningkatkan mood selama kalian belajar.


3. Membuat catatan kosakata baru

Buatlah target per harinya untuk mengumpulkan kosa kata bahasa Inggris dengan menulis setiap kata yang baru didengar atau ditemukan, jangan lupa untuk menulis arti serta contoh penggunaan kata tersebut ke dalam kalimat. Lakukan setiap hari agar ingatan semakin terasah. Selain itu, kalian juga dapat berlatih dengan menulis cerita mengenai keseharian kalian menggunakan bahasa Inggris, maka kalian akan sangat familiar dengan bentuk tulisan atau kata-kata yang digunakan dalam bahasa keseharian.


4. Mendengarkan lagu atau podcast berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu juga membantu dalam meningkatkan kapasitas kosa kata dan kemampuan pendengaran, bagaimana cara pengucapannya serta arti dari lirik tersebut dapat membantu dalam memahami bahasa Inggris, karena biasanya lirik pada sebuah lagu memiliki pesan atau makna khusus.


5. Membaca buku

Membaca buku membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris, hal ini merupakan cara paling mudah, pilih buku atau artikel berbahasa Inggris. Jika mengalami kesulitan dalam mengartikan sebuah kata, segera cek kamus. Artikan satu persatu kata yang kalian temukan, sehingga akan meningkatkan daya ingat. Lakukan secara rutin dan targetkan untuk membaca 1 buku per minggunya.

Ketika Genhype sudah membentuk lingkungan dengan kebiasaan-kebiasaan yang melibatkan penggunaan bahasa Inggris, maka akan lebih mudah untuk mengatasi kesulitan yang hadir saat melakukan praktek bahasa Inggris. Apalagi, bahasa Inggris sangat diperlukan saat ini.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat memahami bahasa Inggris, cukup lakukan pembelajaran dengan kebiasaan-kebiasaan tadi secara konsisten, maka dalam jarak waktu yang singkat saja kalian akan dapat dengan cepat lancar bahasa Inggris.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Yuk Kenalan dengan Para Pemain Drakor Doona!, Ada Bae Suzy & Yang Se-jong

BERIKUTNYA

5 Olahan Dessert Mint Choco, Rasanya Manis dan Menyejukkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: