Tom & Jerry (Sumber: Youtube.com/warnerbrossofficial)

3 Serial Anak Populer Era 90-an yang Masih Bisa Dinikmati Sekarang

14 July 2023   |   19:00 WIB

Masa kecil, merupakan momen yang indah penuh dengan warna dan keceriaan. Ketika kita masih kecil, rutinitas yang kerap kali kita lakukan hanyalah bermain dan belajar. Masa bermain saat kita kecil, juga diwarnai dengan berbagai serial dan acara TV baik berupa serial maupun kartun di televisi.

Namun saat ini, penggunaan televisi di masyarakat kian menurun. Setidaknya hal itu tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS), yang dihimpun oleh dataindonesia.id. Tercatat, hanya ada 86,96 persen penduduk Indonesia yang menonton TV dalam seminggu terakhir pada 2021. Persentase itu lebih rendah dibandingkan pada 2018 yang mencapai 93,21 persen. 

Baca juga: Ini Sinopsis Film Animasi Elemental: Forces of Nature yang Tayang 16 Juni 2023

Lalu apakah dengan penurunan penggunaan televisi di masyarakat, serial televisi untuk anak tidak bisa bersinar kembali? Tentu tidak. Sekarang, beberapa acara serial televisi anak yang dahulu hanya bisa disaksikan melalui televisi, bisa disaksikan melalui layanan video streamer seperti Netflix dan Youtube.

Dalam kesempatan kali ini, Hypeabis.id telah merangkum tiga serial televisi yang populer pada masanya. Kini, diangkat kembali untuk para penggemarnya. 


1. Teletubbies

 
 

Teletubbies merupakan serial televisi yang diperuntukkan untuk anak-anak usia pra-sekolah. Serial ini mulai diproduksi dan ditayangkan di televisi sejak 1997, oleh Ragdoll Productions. Sejak saat itu, serial acara ini populer di era-90an sampai era 2000an. Lalu pada 2015, Teletubbies mulai eksis kembali dan aktif ditayangkan dengan wajah yang baru hingga sekarang.

Serial acara ini, mulai dapat disaksikan di situs movie stream Netflix. Teletubbies menghadirkan empat tokoh karakter yang bewarna-warni, unik, dan juga ikonik. yakni Tinki Wingky, Dipsy, Lala, dan Poo. Setiap tokoh Teletubbies, memiliki bentuk antena yang berbeda di setiap kepalanya, serta kemampuan untuk menampilkan tayangan video di perut mereka.  

Tingky wingky, merupakan tokoh yang dianggap paling tua, diantara Teletubbies lainnya. Ia digambarkan sebagai karakter yang sangat menyukai tas merah dan menari. Lalu Dipsy, digambarkan sebagai karakter yang enerjik dan sangat menyayangi topinya yang bermotif sapi.

Setelah itu ada Lala, yang digambarkan sebagai karakter yang ceria dan gemar bermain bola oranye miliknya. Terakhir ada Poo, yang merupakan Teletubbies paling muda diantara Teletubbies lainnya.  Poo digambarkan sebagai karakter yang lincah, dan gemar bermain skuter merahnya.  


2. Tom & Jerry

 
 
Tom & Jerry, adalah serial kartun yang diproduksi oleh MGM, dan pertama kali dirilis pada1940. Serial ini menghadirkan dua tokoh utama yang merupakan seekor kucing bernama Tom, dan seekor Tikus bernama Jerry. Keduanya memiliki karakter dan ciri khas masing-masing. 

Mereka digambarkan selalu berkelahi dan tidak pernah akur. Tom yang merupakan kucing peliharaan, kerap kali mengejar dan berusaha menyerang sekaligus menyingkirkan Jerry yang merupakan seekor tikus nakal, yang suka berkeliaran di sekitar rumah.

Kejenakaan, dari serial kartun ini, selalu datang dari konflik antar Tom yang berusaha menangkap Jerry, dan Jerry yang berusaha menyelamatkan diri. Sekarang, serial kartun Tom & Jerry, selain melalui TV, serial ini dapat ditonton di situs streaming online Youtube dan Vidio.

Lalu pada 2021, Tom & Jerry juga merilis versi film dengan judul Tom & Jerry The Movie yang disutradarai oleh Tim Story. Film ini tidak menggunakan efek animasi kartun sepenuhnya. Latar belakang yang diambil dari film ini, merupakan gambar dari dunia nyata. Sementara Tom, Jerry, dan hewan-hewan lainnya menggunakan efek animasi kartun. Film ini, dapat disaksikan melalui situs movie stream Netflix.


3. Spongebob Squarepants
 

 

Spongebob Squarepants pertama kali dirilis pada1999, dan diproduksi oleh Nickelodeon Animation Studio. Sejak awal rilis pada 1999, Spongebob mulai populer di kancah dunia hiburan global, dan telah didistribusikan lebih dari 170 negara, dan diterjemahkan lebih dari 30 bahasa.

Rata-rata, jumlah penonton Spongebob Squarepant, mencapai 100 juta setiap bulannya. Dari 1999, hingga sekarang, serial kartun ini masih aktif ditayangkan di kanal Televisi Nickelodeon. Spongebob, diceritakan merupakan seekor spons laut, yang tinggal di kota bawah laut yakni Bikini Bottom.

Spongebob memiliki teman akrab, yang merupakan seekor bintang laut yakni Patrick. Selain itu, dia juga mempunyai tetangga, yang tinggal persis di samping rumahnya, yakni Squidward yang merupakan seeokor cumi. Selain bermain dengan Patrick, spongebob juga bekerja di restoran milik Tuan Krab seeokor kepiting.

Spongebob gemar sekali berburu ubur-ubur beraktivitas keliling kota Bikini Bottom, dan berpetualang bersama Patrick dan seeokor tupai bernama Sandy. Sekarang, selain di televisi, serial ini juga dapat disaksikan di ponsel genggam, melalui situs movie stream Netflix.

Baca juga: 7 Film Animasi yang Pas Ditonton Bersama Keluarga Saat Momen Lebaran

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Nikmatnya Sepiring Nasi, Secangkir Kopi, dan Ancaman Perubahan Iklim di Masa Depan

BERIKUTNYA

Hadir di Indonesia, Cek 5 Fitur Unggulan Huawei MatePad Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: