Ilustrasi makanan mengandung protein. (Dok. logan jeffrey dari Unsplash)

6 Makanan Tinggi Protein Ini Wajib Dikonsumsi untuk Pemulihan Covid-19

26 July 2021   |   11:01 WIB

4. Kacang-kacangan (pulses) dan polong-polongan (legumes).
Kacang-kacangan jenis pulses dan polong-polongan jenis legumes dikenal memiliki kandungan protein, zat besi, seng, vitamin, selenium, dan asam amino yang vital seperti lisin yang mudah dicerna, membantu pemulihan penyerapan kalsium, dan bermanfaat bagi sistem imun.

Olahan dari makanan ini bisa ditambahkan dalam berbagai macam menu dan bisa dikombinasikan sesuai dengan preferensi untuk mendapatkan variasi asam amino.

5. Makanan mengandung probiotik.
Beberapa jenis menu makanan fermentasi seperti tempe, yogurt, kimchi (acar sayur khas Korea), acar-acaran, dan miso (bumbu khas Jepang dari fermentasi kacang kedelai dengan garam dan jamur Aspergillus oryzae) memiliki kandungan asam amino L-glutamin yang membantu pemulihan mukosa dan mengendalikan gula darah.

Kandungan ini bisa membantu meregenerasi zat yang melindungi saluran pencernaan setelah paparan dosis tinggi dari steroid atau vaksin. Ada juga beberapa manfaat lain dari konsumsi makanan probiotik, di antaranya adalah membantu penyerapan protein yang lebih baik, membantu kerja bakteri saluran pencernaan simbiotik untuk bekeerja lebih baik dalam mengolah makanan, dan menyediakan nutrisi bagi tubuh.

6. Telur
Selain kaya akan protein, telur juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu pemulihan Covid-19 dari kerusakan oksidatif, vitamin D untuk menjaga daya tahan tubuh yang sehat, selenium, vitamin A, B, K, dan riboflavin.

Manfaat lain dari konsumsi telur adalah membantu meregulasi gula darah yang bisa mengembalikan fungsi adrenal atau bagian organ yang terletak di atas ginjal.

Penderita Covid-19 disarankan mengonsumsi telur sebanyak dua telur setiap harinya untuk memulihkan tubuh dari risiko infeksi dan membangun kembali kesehatan tubuh secara keseluruhan saat terpapar Covid-19.


Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Hati-hati Makan Kentang Berlebihan, Ini Risikonya

BERIKUTNYA

Sihir Imagine, Lagu John Lennon & Yoko Ono Ini Satukan Energi Olimpiade Tokyo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: