Ilustrasi makanan mengandung protein. (Dok. logan jeffrey dari Unsplash)

6 Makanan Tinggi Protein Ini Wajib Dikonsumsi untuk Pemulihan Covid-19

26 July 2021   |   11:01 WIB

Saat pemulihan akibat terpapar Covid-19, tubuh membutuhkan berbagai zat gizi yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh agar normal kembali. Bagaimana juga, kondisi sakit umumnya terjadi penurunan fungsi organ akibat stres, melambatnya kerja beberapa bagian dan fungsi di dalam tubuh serta defisiensi nutrisi.

Untuk memulihkannya dengan cepat, salah satu zat yang dibutuhkan adalah protein. Kekurangan protein merupakan salah satu penyebab umum yang menyebabkan kurang berfungsinya sistem imun yang bisa diatasi setelah proses pemulihan untuk mengembalikan kekebalan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu protein juga dibutuhkan untuk membantu proses pemulihan penyakit Covid-19. Yuk cek makanannya di bawah ini!

1. Kecambah
 
Ilustrasi olahan kecambah. (Dok. Sumeet B dari Unsplash)
Makanan berbasis kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein, folat, magnesium, fosfor, manganese, vitamin C dan K yang tinggi terutama di dalam produk kacang yang sudah melalui proses perkecambahan.

Ada pun manfaat lainnya adalah mengurangi antinutrisi dan meningkatkan antioksidan untuk mempercepat pemulihan tubuh.

Pasien Covid-19 disarankan untuk menambahkan menu seperti taoge, kecambah kacang chickpea, bahkan kecambah flax atau chia yang memiliki kandungan asam amino yang tinggi sehingga lebih mudah dicerna tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein.

2. Daging merah hewan pemakan rumput
Hewan yang diberi makan rumput yang tumbuh secara organik dan tidak disuntikan zat kimia atau hormon seperti daging domba memiliki kandungan asam amino yang tinggi serta memiliki elemen yang memulihkan sistem pencernaan yang kemudian bisa membantu pemulihan Covid-19.

Selain itu, daging ini kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang memiliki dampak kesehatan yang baik. Akan tetapi, konsumsinya perlu dilakukan bersama dengan sayuran dan jumlahnya tidak boleh terlalu banyak.

3. Ikan
 
Ilustrasi ikan. (Dok. Gregor Moser dari Unsplash)
Selain protein, ikan juga dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3, vitamin D, B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, mineral seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium yang mudah dicerna tubuh dan bekerja sebagai zat anti-inflamasi.

Konsumsi ikan bisa menjadi alternatif bagi pasien yang sedang pemulihan dari penyakit Covid-19 yang kesulitan mencerna kacang-kacangan dan lentil karena beberapa kondisi kesehatn, misalnya pencernaan yang mudah mengalami rasa kembung akibat gas sebagai produk sampingan dari proses tubuh saat mencerna kacang-kacangan, sistem daya tahan tubuh yang menurun.
 
1
2


SEBELUMNYA

Hati-hati Makan Kentang Berlebihan, Ini Risikonya

BERIKUTNYA

Sihir Imagine, Lagu John Lennon & Yoko Ono Ini Satukan Energi Olimpiade Tokyo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: