Ilustrasi butik pakaian. (Sumber foto: Pexels/Arina Krasnikova)

Begini Strategi Brand yang Sukses Bangun Kedekatan dengan Pelanggan

10 July 2023   |   23:04 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perkembangan brand fesyen lokal saat ini terus menunjukan tren yang positif dan tak lagi dapat dipandang sebelah mata. Masyarakat pun tampaknya makin bangga menggunakan berbagai produk fesyen yang dihadirkan oleh brand lokal.

Bahkan tak sedikit diantara brand tersebut yang telah memiliki penggemar sehingga apapun item fesyen yang diluncurkan hampir dipastikan laris manis, terlebih untuk produk-produk edisi khusus atau ekslusif yang berkolaborasi dengan selebritis atau influencer.

Baca juga: Mengapa Live Shopping Semakin Populer di Kalangan Pembeli? Ternyata Ini Alasannya

Untuk menjalin kedekatan atau engagement dengan konsumen tentu tidak bisa terjadi dengan serta-merta, ada sejumlah strategi yang dilakukan oleh brand fesyen tersebut sehingga pelanggan akan tetap setia dan loyal dengan brand tersebut. 


Tidak Sekadar Menawarkan Produk Tapi Juga Gaya Hidup

Salah satu brand yang memiliki penggemarnya tersendiri adalah Sare Studio yang dikembangkan oleh Putri Andam Dewi sejak 2015 lalu dengan menghadirkan tren piyama timeless yang tidak hanya nyaman dikenakan karena menggunakan bahan ramah lingkungan tetapi juga stylish dan fashionable.

“Kami memproduksi piyama yang bisa dipakai untuk mendukung kegiatan sehari-hari, bukan hanya untuk tidur saja. Makanya piyama ini memiliki desain yang stylish sehingga bisa dipakai untuk berbagai aktivitas,” tuturnya.
 

Apalagi tren penggunaan piyama saat ini dapat dipadupadankan dengan berbagai bawahan seperti jeans dan sneakers sehingga memberikan tampilan edgy casual. Selain itu, bisa juga menggunakan lounge wear yang diberi aksesoris ikat pinggang dan hand bag untuk bepergian.

Andam mengatakan dalam memasarkan produknya, dia tidak hanya sekadar menjual piyama saja tetapi lebih kepada lifestyle yang ditawarkan oleh Sare Studio. Karena itulah di dalam setiap foto produk yang diposting melalui media sosial, pihaknya selalu menampilkan gaya hidup dari pengguna Sare termasuk padu padan busana saat menggunakan piyama Sare.

“Lama-lama akan terbentuk di benak konsumen bahwa mereka tertarik dan ingin mengikuti lifestyle Sare Studio. Jadi kami memperkuat nilai dari produk sehingga pembeli merasa ‘Sare ini gw banget’ dan menjadi inspirasi dalam kehidupan mereka,” ujar Andam.

Tak heran bila setiap koleksi yang dihadirkan Sare Studio selalu menjadi incaran para penggemarnya, terlebih ketika ada koleksi eksklusif. Misalnya saja yang terbaru koleksi eksklusif 'Bijou’ hasil kolaborasi antara Sare Studio dengan influencer lifestyle, Dhatu Rembulan, dalam Tokopedia Fashion Week 2023.

Pada koleksi kolaborasi ini, Sare menghadirkan piyama yang hijab friendly dengan motif polkadot dan gaya yang simple minimalis. Koleksi ini tidak hanya untuk wanita saja tetapi juga untuk laki-laki dan anak-anak sehingga bisa digunakan bersama satu keluarga.


Opsi Made to Order

Selain Sare Studio, brand fesyen lokal lainnya yang juga memiliki pelanggan setia adalah Jolie Clothing yang didirikan oleh Stefani Tan pada 2014 lalu. Brand ini fokus menawarkan produk fesyen yang sesuai dengan preferensi pelanggan sehingga dapat dikenakan untuk pakaian kerja yang formal, maupun busana sehari-hari yang lebih casual.

Selain menyediakan produk ready to wear, brandnya juga memiliki layanan made to order yang dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh konsumen. Sebab, dia menyadari bahwa setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Hal itu pula yang sebetulnya mendorong Stefani untuk menghadirkan brand Jolie Clothing karena bermula dari pengalaman pribadinya yang ketika itu memiliki ukuran tubuh cukup gemuk sehingga kesulitan mencari baju.

Hingga akhirnya dia pun menempuh pendidikan fesyen desain di Singapura dan ketika kembali ke Jakarta mulai bekerja bersama salah satu fesyen desainer dan fotografi. Dari situ pun dia melihat ternyata banyak produk fesyen yang ada di pasaran hanya bisa dikenakan oleh model atau orang-orang yang bentuk badannya ideal.
 

“Aku tergerak membangun brand Jolie Clothing yang memang produknya bisa digunakan oleh setiap wanita sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuhnya bahkan bisa disesuaikan dengan preferensinya masing-masing,” tuturnya.

Dalam mengembangkan brand Jolie Clothing, Stefani mencoba untuk membangun brand identity bahwa Jolie bisa membuat setiap wanita tetap tampil cantik sesuai dengan versinya masing-masing, apakah sebagai wanita karir, ibu rumah tangga, pengusaha, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Selain itu, Jolie juga selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya mulai dari saat mencari tahu, membeli, hingga paket dikirimkan dan dikenakan pada momen spesialnya.

“Jadi kami ingin tab dari customer journey sehingga mereka merasa spesial dari awal membeli sampai menggunakan produk tersebut di setiap special event yang membuat mereka makin percaya diri,” tuturnya.

Untuk membuat para pelanggan makin tertarik dengan produknya, Jolie Clothing juga kerap menghadirkan koleksi eksklusif salah satunya koleksi ‘Classy Coordinate’ di Tokopedia Fashion Week dengan menjalin kolaborasi bersama influencer dan dokter kecantikan, Amelia Gonta.

Koleksi tersebut menawarkan workwear yang sesuai dengan sosok Amelia dengan sentuhan khas Jolie Clothing yang memiliki model sisi tailor tetapi juga tetap menampilkan sisi feminism saat dikenakan.

Sementara itu, Fransisca Cika pemilik brand fesyen sepatu lokal asal Bandung Inpaca mengatakan salah satu cara terampuh yang membuat brandnya mampu menjalin kedekatan dengan para pelanggan adalah karena dalam setiap proses produksi hingga penjualan semuanya dilakukan dengan hati.

“Kami benar-benar mengandalkan organic customer dan percaya ketika melakukan bisnis secara sehat dan membuat barang benar-benar dari hati maka sampainya akan ke hati juga,” ucapnya.

Baca juga: 6 Fakta Menarik tentang Kondisi Usaha Kecil di Indonesia Menurut Studi Terbaru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Krakaoa Bawa Cita Rasa Cokelat Artisan Indonesia ke Berbagai Belahan Dunia

BERIKUTNYA

Ini Dia Konsep Pemasaran Baru yang Diperkenalkan Hermawan Kartajaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: