Layanan live shopping makin diminati (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)

Mengapa Live Shopping Semakin Populer di Kalangan Pembeli? Ternyata Ini Alasannya

10 July 2023   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Live shopping merupakan sebuah strategi pemasaran di mana penjual mempromosikan produk yang dijual selama siaran langsung di media sosial. Layanan yang tersedia di berbagai platform ini pun kini semakin populer dalam menarik minat para pembeli.

Bahkan, fitur ini juga terbukti turut membantu meningkatkan penjualan bagi para pelaku usaha. Menurut data yang dirilis McKinsey & Company Juli 2023, China merupakan pasar live shopping paling besar di dunia dengan 57 persen pengguna telah menggunakan fitur belanja tersebut selama lebih dari tiga tahun.

Baca juga: Tren Belanja Berubah, TikTok Akan Fokus ke Konten & Transaksi Jual Beli

Angka ini terbilang besar jika dibandingkan dengan 5 persen-7 persen pengguna live shopping di Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Serikat. Laporan itu juga menemukan bahwa 87 persen masyarakat di China melakukan live shopping setidaknya sekali dalam sebulan, disusul oleh 64 persen masyarakat di Amerika Latin, 52 persen masyarakat di Eropa 43 persen, dan masyarakat di Amerika Serikat.

Rata-rata bujet yang dikeluarkan dalam sekali live shopping juga cukup besar mulai dari US$82 hingga US$197 per satu kali live streaming.

Di sisi lain, terdapat sejumlah alasan mengapa masyarakat gemar berbelanja dengan fitur live shopping mulai dari mengejar promo eksklusif, adanya sesi interaksi yang informatif terkait produk, tutorial produk, hingga ulasan produk dari para influencer.

Tren serupa juga terjadi di Indonesia. Platform ecommerce Shopee mencatat selama periode promo tanggal kembar 7.7 tahun ini, terjadi peningkatan transaksi hingga 12 kali lipat melalui fitur live shopping dibandingkan hari biasa. Perusahaan ecommerce itu juga mencatat bahwa jumlah pembeli melalui fitur live shopping meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Menariknya, artis Raffi Ahmad menjadi top streamer pada puncak kampanye belanja 7.7 dan berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi dengan fitur live shopping. Sesi Shopee Live selama 12 jam nonstop bersama Raffi Ahmad di TokoPapaRaffi menjadi favorit pengguna dan mendapatkan antusiasme besar dengan total transaksi hingga Rp7 miliar.

Selain TokoPapaRaffi, banyak streamer dan penjual lainnya yang memanfaatkan fitur live shopping pada puncak kampanye dan merasakan respons luar biasa hingga dapat meningkatkan penjualan harian mereka mencapai lebih dari 50 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Beberapa penjual seperti The Originote, SKINTIFIC, Maybelline Indonesia, dan lainnya pun berhasil menjadi top streamer di Shopee Live dengan peningkatan transaksi yang signifikan.
 

f

Layanan live shopping bikin belanja jadi lebih seru dan informatif (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)

Produk Paling Laris

Kampanye promo tanggal kembar memang terbukti menjadi salah satu momentum pemasaran yang menarik pembeli. Selama kampanya 7.7, Shopee juga mencatat bahwa para penjual berhasil mempromosikan 2 juta produknya melalui keranjang oranye di fitur live shopping.

Adapun, fesyen dan kecantikan menjadi kategori produk yang paling banyak dicari pembeli dengan peningkatan transaksi yang signifikan. Dengan kemudahan untuk berinteraksi dan mendapatkan ulasan produk dengan lebih detail, Shopee juga mencatat ada beberapa tren live shopping untuk kategori fesyen dan kecantikan.

Ketika berbelanja produk kecantikan dengan fitur live shopping, pengguna tidak lagi bingung dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kemudahan untuk memastikan makeup shades, misalnya, yang sesuai dengan warna kulit maupun kandungan produk, kini bisa ditunjukkan oleh para penjual melalui sesi live shopping.

Hal ini menjadikan moisturizer, lipstik, dan foundation sebagai produk favorit pengguna ketika belanja produk kecantikan.

Selain itu, mencari pakaian dan aksesoris dengan ukuran yang tepat juga menjadi lebih mudah dengan adanya live shopping, sehingga sejumlah produk seperti tas, sepatu, dan kemeja menjadi produk fesyen paling banyak dibeli lewat live shopping.

Monica Vionna selaku Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan fitur live shopping kini dapat diterima dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat bukan hanya untuk menonton rangkaian hiburan, tetapi juga menjadi cara belanja baru yang semakin diminati khususnya pada kampanye tanggal kembar.

"Fakta ini membangkitkan komitmen kami untuk kedepannya bisa terus memajukan industri live streaming di Indonesia dengan menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang memberikan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee," katanya.

Baca juga: Makin Moncer, Tren Belanja Produk Lokal Jadi Pilihan Generasi Muda

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Dapat Ulasan Positif, Cek 5 Fakta Menarik Film Mission: Impossible Dead Reckoning Part One

BERIKUTNYA

Risiko dan Penyebab Disfungsi Ereksi, Kenapa Pria Perlu Mengobatinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: