Ruang pameran Van Gogh Alive The Experience di Mal Taman Anggrek, Jakarta. (Sumber gambar: Van Gogh Alive)

Cek 5 Fakta Menarik Pameran Multisensori Van Gogh Alive The Experience di Jakarta

10 July 2023   |   17:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menikmati karya seni dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi mungkin sudah biasa Genhype rasakan di museum atau galeri seni. Namun, bagaimana jika karya-karya seni itu mewujud dalam bentuk digital dan tampil di layar yang besar?

Pengalaman itulah yang ditawarkan oleh pameran Van Gogh Alive The Experience yang hadir di Mal Taman Anggrek, Jakarta, hingga 9 Oktober 2023. Eksibisi itu menampilkan karya-karya maestro lukis terkenal asal Belanda, Vincent Van Gogh, dengan pengalaman multisensor yang menarik.

Baca juga: 7 Lukisan Ikonik Karya Vincent Van Gogh, Ada The Starry Night & The Night Café

Dikembangkan oleh perusahaan teknologi Grande Experiences, pameran multisensori Van Gogh Alive menawarkan sebuah pengalaman menikmati karya seni yang tidak biasa kepada pengunjung sekaligus menenggelamkan diri dengan dunia kekaryaan Van Gogh dengan suguhan visualisasi dan skoring yang menarik.

Untuk menjawab rasa penasaran Genhype, berikut adalah beberapa fakta menarik pameran Van Gogh Alive The Experience di Jakarta.


1. Tampilkan 3.000 Karya Van Gogh

Pameran multisensori Van Gogh Alive The Experience menampilkan 3.000 karya pelukis Van Gogh dengan konsep visual dan musik skoring menarik. Pameran ini menghadirkan ribuan mahakarya Van Gogh yang dia buat sepanjang hidupnya mulai dari di Belanda, Paris, Arles, Saint Remy, hingga hari-hari terakhirnya di Auvers-sur-Oise.

Sejumlah karyanya yang menjadi sorotan dalam pameran ini diantaranya Vincent's Bedroom in Arles (1889), The Red Vineyard (1888), Cafe Terrace at Night (1888), Starry Night Over The Rhone (1888), Van Gogh's Chair (1888), Irises (1889), Sunflowers (1889), dan karyanya yang sangat populer yakni The Starry Night (1889).


2. Gunakan Teknologi Sensory4

Eksibisi ini menggunakan teknologi Sensory4 yang dikembangkan oleh perusahaan tekonologi yang berbasis di Australia, Grande Experience. Sistem ini menggabungkan grafis gerak multi saluran, suara skoring dengan kualitas bioskop, dan 40 proyektor dengan kualitas gambar yang tajam untuk menghadirkan sensasi multilayar menarik. 

Dengan teknologi tersebut, kalian akan merasakan sebuah ruangan pameran visual yang dinamis sekaligus informatif, dengan gambar-gambar lukisan Van Gogh yang bergerak silih berganti melalui kumpulan proyektor, diiringi suara surround digital sehingga menciptakan pengalaman imersif yang memukau.

 
 

3. Hadir di 100 Kota di Dunia

Sebelum di Indonesia, pameran Van Gogh Alive The Experience telah hadir di 100 kota di seluruh dunia dengan total pengunjung sebanyak lebih dari 8,5 juta orang. Sebelumnya, pameran ini juga telah sukses digelar di Italia, China, Rusia, Polandia, Spanyol, Meksiko, Jerman, Bangkok, Singapura, Malaysia, dan negara-negara lainnya.


4. Tiket Presale Ludes Terjual

Sebelum resmi dibuka pada 6 Juli 2023 lalu, pihak penyelenggara pameran Van Gogh Alive The Experience telah membuka penjualan tiket presale atau prajual untuk eksibisinya di Jakarta. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pameran ini pun rupanya cukup besar. Tercatat sebanyak 50.000 tiket telah terjual selama periode presale pameran multisensori Van Gogh Alive The Experience yang penjualannya dibuka sejak Juni 2023 lalu.


5. Targetkan 300.000 Pengunjung

Dibuka di salah satu mal besar di Jakarta dan bertepatan dengan momentum liburan anak sekolah, pameran ini ditargetkan akan mendatangkan sedikitnya 300.000 pengunjung selama gelarannya kurang lebih tiga bulan. Dari jumlah kunjungan tersebut, diharapkan perputaran bisnis di pusat perbelanjaan pun akan bergeliat.

Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan selain menjadi ruang apresiasi dan edukasi terhadap karya-karya seni, penyelenggaraan pameran Van Gogh juga bisa menjadi momentum untuk makin mendorong Kota Jakarta sebagai destinasi untuk berwisata.

Hal itu salah satunya diwujudkan dengan membuat dan menghadirkan sejumlah event yang berkualitas. "Mari kita gunakan ruang ini bersama-sama, kita ramaikan kembali mal-mal kita dan membuat Jakarta menjadi kota turis, kuliner, dan belanja. Agar [industri] pariwisata dan ritel bisa bangkit," katanya 

Adapun, pameran Van Gogh Alive The Experience dibuka untuk umum mulai dari 7 Juli hingga 9 Oktober 2023 dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tiket pameran ini bisa dibeli melalui situs vangogh.co.id dan platform tiket lainnya dengan harga Rp218.000 per orang pada hari kerja (weekday) dan Rp243.200 untuk akhir pekan (weekend).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Waspadai Risiko Penularan Antraks dari Hewan Ternak Sapi, Kambing, dan Domba

BERIKUTNYA

Mau Olahraga Pacuan Kuda Ala Nabila Syakieb? Yuk Simak 4 Triknya Biar Cepat Lihai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: