Ilustrasi perempuan memacu kuda (Sumber gambar: Unsplash/Sergiu Vălenaș)

Mau Olahraga Pacuan Kuda Ala Nabila Syakieb? Yuk Simak 4 Triknya Biar Cepat Lihai

10 July 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tren olahraga berkuda saat ini semakin diminati banyak orang karena menawarkan pengalaman menantang. Salah satunya adalah aktris Nabila Syakieb, yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat netizen lewat aksi berkudanya yang memacu adrenalin. 

Sebagai olahraga pacuan, kegiatan berkuda sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun, tren tersebut semakin digemari masyarakat karena saat ini sudah ada beberapa stable berlatih mengendalikan kuda dengan biaya yang cukup ekonomis. 

Baca juga: Lebih Dekat dengan Budaya Pacuan Kuda Bima
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nabila Syakieb (@nsyakieb85)


Tak hanya di gelanggang, kegiatan berkuda saat ini juga banyak ditawarkan di sejumlah tempat wisata untuk merasakan sensasi menaiki binatang simbol kejantanan itu. Nah, bagi kalian yang baru mencoba olahraga ini, yuk simak tip dan teknik dasar berkuda bagi pemula ini Genhype
 

1. Cara Naik Kuda

Kiat pertama untuk menguasai teknik memacu kuda adalah harus terlebih dulu bisa naik ke atas punggung kuda. Sebab, seorang pemula biasanya akan ragu atau takut saat akan naik ke atas kuda. Hal ini biasanya dilandasi rasa cemas bahwa kuda akan mengelak atau bakal menyakiti mereka.

Salah satu cara untuk menyiasati hal itu adalah mengelus terlebih dulu leher kuda agar tenang dan membaui tubuh kalian. Setelahnya kamu bisa memulai naik dari sisi kiri karena kekuatan pijakan kaki biasanya ada di kaki kanan. Sehingga kamu bisa melakukan hentakan yang lebih baik saat naik ke punggung kuda.

Namun, pastikan juga saat melakukan hentakan untuk naik ke atas kuda jangan terlalu kuta karena akan membuat kaget kuda. Koordinasikan juga dengan bantuan instruktur atau orang yang lebih paham terhadap dunia pacuan kuda sebagai pembimbing kalian. 
 

2. Teknik Jalan Biasa

Teknik berkuda selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah jalan biasa. Oleh karena itu, saat melakukan olahraga ini jangan terburu-buru untuk langsung memacunya secara cepat, melainkan secara step by step untuk menjaga kestabilan ritme gerakan kuda.

Adapun, salah satu caranya dengan menghentakkan pelan kedua kaki kalian ke perut kuda. Dari sinilah kuda akan mulai berjalan maju setelah tubuh mereka merasakan hentakan kalian. Namun, pastikan saat mulai menggerakan kuda, posisi dudukmu sudah nyaman dan seimbang agar tidak cepat mengalami kram. 
 

3. Mulai Berlari Pelan

Jika kalian sudah terbiasa menggerakkan kuda dengan jalan biasa, maka teknik selanjutnya yang perlu dikuasai adalah teknik lari biasa. Untuk melakukannya pastikan kalian merapatkan kedua kaki ke badan kuda sembari menghentaknya secara perlahan. Maka kuda akan berlari dengan kecepatan normal atau standar.

Kendati begitu, saat kuda mulai berlari perhatikan juga tali kendali yang kalian pegang agar dapat mengendalikan arah lari kuda. Usahakan untuk tetap tenang dan konsentrasi saat mengendalikan kuda yang berlari karena kebanyak pemula menghadapi kesulitan dalam tahap ini. Selain itu ikuti irama loncat serta duduk kalian agar seirama dengan cangklongan kuda. 
 

4. Tingkatkan Kecepatan Lari

Setelah kalian menguasai teknik berlari bisa di atas kuda, teknik selanjutnya yang harus dipelajari adalah lari cepat. Adapun untuk menguasai teknik ini kaki kalian harus lebih dirapatkan secara ketat ke badan kuda. Tak hanya itu kamu juga harus merapatkan kedua paha di atas pelana agar pantat joki bisa terangkat melayang saat kuda berlari kencang.

Saat kuda mulai berlari cepat, kamu pun perlu menyesuaikan dua ketukan panjang pada suara kaki kuda. Sementara kedua tanganmu harus fokus memegang tali kendali secara kuat untuk menyesuaikan irama kepala kuda yang maju dan mundur. Dari sinilah kamu nantinya dapat menguasai teknik berbelok dengan menarik kekang secara statis.

Untuk pemula, sebaiknya cobalah beberapa trik di ata pada lintasan lurus terlebih dahulu. Namun, jika kalian ingin sedikit lebih menantang dan memacu adrenalin, cobalah dengan melakukan sedikit berbelok saat kuda berlari, tapi usahakan untuk tetap menjaga keseimbangan dan kelurusan tubuh kalian agar tidak terbanting.

Baca juga: Serunya Berkuda Seperti Koboi dan Memberi Makan Hewan Ternak di The Ranch Cisarua

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Fakta Menarik Pameran Multisensori Van Gogh Alive The Experience di Jakarta

BERIKUTNYA

Serunya Jelajahi 2 Benua 7 Negara di The Great Asia Afrika Lembang Bandung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: