Ilustrasi konser (Sumber gambar: Unsplash/Dominic Hampton)

Festival Musik Lintas Melawai 2023 Siap Digelar, Bawa Nostalgia Era 80-an

10 July 2023   |   16:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Istilah Lintas Melawai saat ini mungkin sudah terdengar asing. Namun, pada dekade 80-an sampai 90-an, Lintas Melawai adalah sebuah tempat yang penuh kenangan. Pada era itu, Lintas Melawai merupakan kawasan berkumpulnya anak gaul untuk sekadar mejeng atau nongki.

Ya, era 80-an hingga 90-an merupakan masa emas Lintas Melawai. Kawasan di sekitar Melawai Plaza hingga daerah Blok M begitu hidup dan menjadi tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasi itu adalah kawasan nongkrong yang hits pada masanya.

Baca juga: 4 Festival Musik Jazz Siap Digelar Juli 2023, Prambanan Jazz hingga Bajafash

Akan tetapi, seiring waktu Lintas Melawai mulai terlupakan. Kawasan ini sudah bukan lagi pusat tempat anak-anak muda berkreasi dan menghabiskan waktu. Namun, kenangan terhadap tempat ini masih lekat di ingatan banyak orang pada generasi itu.

Pembawa acara Helmy Yahya dan aktor Denny Malik, sebagai generasi yang pernah merasakan era emas tersebut mengaku rindu dengan masa-masa itu. Keduanya pun menginisiasi sebuah festival musik yang akan membawa para penonton bernostalgia.

Helmy Yahya mengatakan mesin waktu nostalgia itu bernama Festival Musik Lintas Melawai. Dia berharap festival ini bisa menjadi ajang melepas rindu akan masa-masa muda era 80-an.

“Festival musik Lintas Melawai akan digelar pada 28-30 Juli 2023 di kawasan Blok M. Akan ada banyak performer Indonesia yang melegenda dan membawakan lagu-lagu hit pada era 80-an sampai 90-an,” ungkapnya.

Para performer itu di antaranya adalah Swara Maharddhika, Denny Malik Entertainment, Libels, Three Ladies, Iwan Keplek, Vina Panduwinata, Reza Artamevia, Ruth Sahanya, dan masih banyak lagi.

Helmy menyebut event ini akan berbeda dari festival musik pada umumnya. Sebab, festival ini akan memberikan pengalaman unik dan menyenangkan bagi masyarakat dengan mengingat kembali masa era 80-an melalui pagelaran hiburan, bazar, dan penampilan artis tempo dahulu.

Festival ini digelar didasarkan pada keinginan untuk membuat acara bernuansa retro dengan atmostif nostalgia yang dirancang untuk menghadirkan suasana masa lalu. Helmy berharap acara ini juga jadi kebangkitan kawasan Blok M menjadi salah satu tempat hit di Jakarta bahkan Indonesia.

Selain acara musik, Lintas Melawai juga akan menghadirkan bazar multiproduk. Kemudian, akan hadir pula komunitas otomotif mobil klasik dan motor klasik. Tak ketinggalan, beberapa komunitas sekolah yang berada di sekitar Sultan Hasanudin Dalam dan Blok M Mall juga akan berkumpul.

“Acara ini diharapkan bisa memperkenalkan dan mempromosikan potensi seni, budaya, dan kegiatan komunitas di wilayah sekitar Blok M,” imbuhnya.
 

Konferensi pers festival musik Lintas Melawai (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id

Konferensi pers festival musik Lintas Melawai (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id


Sementara itu, Denny Malik mengatakan acara ini sangat terbuka bagi semua kalangan. Bukan hanya para orang tua yang sempat merasakan manisnya menjadi anak muda di kawasan Blok M, generasi milenial dan Z pun bisa ikut bergabung dan menikmati keseruan yang berbeda.

Dia ingin Lintas Melawai menjadi festival yang mempersatukan seluruh generasi. Di sisi lain, untuk memeriahkan suasana, dirinya menyarankan agar siapa pun yang datang sebaiknya menggunakan outfit yang ngetren pada era 80-an atau 90-an.

“Bagi yang rindu dengan olahraga yang tren waktu era 80-an, seperti sepatu roda, di sini juga akan ada. Pokoknya, semua akan bernostalgia dan bersenang-senang,” ungkap Denny.

Baca juga: Festival Musik Pop Melayu Pentastik Siap Digelar, Cek Cara Beli Tiketnya

Terlebih, bagi yang ingin merasakan vibes era 80-an, acara ini bersifat gratis. Masyarakat bisa mendatangi kawasan Lintas Melawai dan berkunjung ke stand yang ada atau sekadar berkumpul bersama.

Namun, bagi yang ingin menonton acara musik, penonton barulah harus memiliki tiket resmi. Untuk kelas festival, tiket dibanderol Rp150.000, kemudian untuk tiket VIP dibanderol Rp600.000. Adapun untuk tiket terusan festival dibanderol Rp350.000 dan terusan VIP Rp1,2 juta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenali Gejala Pecah Pembuluh Darah dan Bagaimana Cara Menanganinya

BERIKUTNYA

Waspadai Risiko Penularan Antraks dari Hewan Ternak Sapi, Kambing, dan Domba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: